Digital Breakfast Bersama Accurate



Taken by Efi Fitriyyah

Sharing is good. And with digital technology, sharing is good. - Richard Stallman



Selamat pagi,

Kali ini saya mau cerita tentang pengalaman saya mengikuti acara Digital Breakfast bersama Accurate Lite yang bekerjasama dengan Coconut Indonesia. Acara ini bertujuan untuk membantu lebih banyak pelaku UKM agar lebih melek digital dan rapi dalam pembukuan bisnis mereka. 

Acara ini sendiri dilaksanakan di Lo.Ka.Si Coffee Shop pada tanggal 7 September2018 lalu. Rupanya kali ini Solusi UKM dengan aplikasi Accurate Lite-nya ingin menggandeng pengusaha muda untul lebih berani berinovasi dan survive di tengah persaingan bisnis secara digital. Ini terbuktu dengan banyaknya peserta yang masih berusia muda, termasuk saya. Lol.


Peserta antusias menyimak dua pembicara yang hadir.

Meski acaranya bertajuk Digital Breakfast, tapi makanannya real kok bukan dalam bentuk digital. Lol.


Buat yang masih asing siapa sih Solusi UKM dan Accurate Lite, bisa baca tulisan saya Aplikasi Accurate Lite: Solusi Cerdas Pembukuan UKM.


Ada dua pembicara yang hadir saat itu, yaitu Kuntowiyoga (strategic director Panenmaya Group) dan Lukman Bijak Bestari (product manager Accurate). 

Kuntowiyoga sendiri menjadi pembicara pertama yang kemudian membuat hampir semua peserta terhenyak dengan fakta-fakta emnarik seputar bisnis digital saat ini. Menurut Kuntowiyoga, saat ini banyak pengusaha muda yang sudah terjun ke dunia usaha online tapi masih belum banyak yang memahami tren bisnis e-commerce. 

Kuntowiyoga (foto oleh Efi Fitriyyah)

Salah satu tips yang dikemukakan Kuntowiyoga adalah bagaimana pelaku usaha bisa menjadi atau menyediakan solusi bagi calon pembeli. Lebih jauh, Kuntowiyoga menyebutkan adanya lazy market yaitu pasar di mana kita bisa memanfaatkan kemalasan calon pembeli atau memberi kemudahan dalam aktivitas sehari-hari. Misalnya bisnis makanan frozen yang menajdi solusi bagi orang-orang yang sibuk sehingga tak sempat memasak. 

Pembicara kedua lebih berbicara optimasi omset jualan online dengan aplikasi pembukuan canggih. Seperti kita ketahui, masih banyak pengusaha rumahan yang tidak punya waktu atau tidak paham betul bagaimana seharusnya pembukuan suatu usaha. Hal ini kemudian menjadi isu tersendiri di kalangan pengusaha UKM. Alih-alih usahanya maju, banyak UKM yang kemudian gulung tikar hanya berawal dari pembukuan yang tidak rapi.


Foto Atas dan Bawah: Lukman Bijak Lestari (foto oleh Efi Fitriyyah)


Maka Solusi UKM yang sudah bermitra dengan banyak UKM di Indonesia kemudian mengembangkan aplikasi Accurate Lite yang mudah didapat melalui aplikasi Google Play. Dengan aplikasi ini, pelaku UKM diharapkan mendapatkan catatan pembukuan usaha yang lebih rapi.

Acara singkat yang padat makna ini kemudian harus berakhir tepat menjelang salat Jumat. Catatan saya sih hanya satu, supaya Solusi UKM dapat membuat acara serupa di kemudian hari dengan waktu yang lebih panjang agar kesempatan peserta untuk bertanya dan berinteraksi lebih banyak.


Salam,

Dydie Kitchen Hero

Tidak ada komentar:

Recent

recentposts

Random

randomposts