Aplikasi Accurate Lite: Solusi Cerdas Pembukuan UMKM


SALES Go Up and Down, SERVICE Stays Forever.

Penjualan boleh naik dan turun, tapi pelayanan selalu sama. Artinya, ketika kita sebagai pelaku bisnis sudah terbiasa dengan penurunan penjualan, kita tetap berkewajiban memberikan pelayanan yang terbaik, selamanya.
Banyak faktor yang bisa membuat pelayanan kita semakin baik. Secara internal, kita bisa mulai dari rapinya pembukuan keuangan. Ketika pembukuan sudah rapi, kita bisa meningkatkan performa pelayanan kita kepada konsumen. Untuk  pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM, pembukuan ini bisa menjadi hal yang sangat sulit. 

Terasa kok oleh saya yang sudah setahun ini menjalankan usaha rumahan frozen food dengan label Ibu Paus Frozen Food dan Ibu Paus' Baked Goods. Dengan SDM yang sangat terbatas (saya hanya punya dua orang karyawan magang) rasanya mencatat laporan keuangan secara detil sungguh merepotkan.

Mencatat pembukuan terkadang cukup merepotkan

Bukannya tak pernah mencatat, hanya saja masih acak adut, hahaha. Yang dicatat hanya sebatas pengeluaran, pemasukan, penjualan dan pembelian. Di akhir hari, memang 'kelihatannya' untung padahal kan secara akutansi mungkin belum tentu untung juga. 

Apalagi untuk data pelanggan yang pernah bertransaksi dengan Ibu Paus. Memang sudah dicatat di buku khusus, saya hanya perlu menyalinnya. Tapi tetap saja kok repot. Belum lagi kadang catatan terselip entah di mana. 

Pun dengan faktur. Saya sendiri mengimpikan punya aplikasi yang bisa mengatasi masalah ini. Membuat dan mencetak faktur semudah menghitung satu, dua dan tiga. 

Syukurlah, SOLUSI UKM sebagai salah satu mitra pelaku UMKM punya solusinya. Dan saya berkesempatan hadir dalam launching produk terbaru mereka. 


Apa Itu SolusiUkm.com

Jujur saja, ini pertama kalinya saya mengetahui tentang SolusiUkm.com yang ternyata punya kiprah menarik dalam membantu para pelaku UMKM menjalankan usahanya. Sebagai rumah digital, SolusiUkm.com fokus memberikan solusi berupa pembukuan yang rapi dan akurat.

Bersama perusahaan developer ternama di Indonesia yaitu, PT. CPSSoft yang sudah 17 tahun beroperasi, SolusiUkm.com mengadirkan brand bernama Accurate. Brand ini bisa diakses melalui http://solusiukm.com/ yang menghadirkan online consultant.



Sebagai layanan terhadap pelanggan, Solusi Ukm juga menggandeng beberapa praktisi keuangan, perpajakan hingga profesional di bidang digital marketing. Diharapkan pelaku UMKM bisa 'naik kelas' dan melek secara digital. 

Beberapa produk SolusiUkm.com yang sudah terlebih dahulu diluncurkan:
  • Accurate Online (AOL)
  • Rene 2

Accurate Lite: Aplikasi Pembukuan yang Praktis


Beberapa pekan yang lalu dalam acara Bandung Bersinergi 2 yang berlangsung di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jln. Setiabudhi No. 229; saya berkesempatan menjadi saksi launching aplikasi yang sangat memudahkan pelaku UMKM, yaitu,


Accurate Lite 



Accurate Lite adalah aplikasi dalam mengelola pembukuan usaha dan laporan keuangan bagi UMKM yang mudah digunakan di mana saja, kapan saja oleh siapa saja. Cepat dan tepat.

Tagline #LebihCepatAccurate rasanya memang layak disematkan oleh aplikasi baru ini. Apalagi buat mereka yang tidak paham dengan ilmu akutansi yang ribet itu. Hanya dengan sekali klik, kita bisa mengunduh aplikasi ini lewat Google Play dan mendapatkan 30 hari gratis percobaan. Mengelola pembukuan usaha, membuat faktur penjualan dan pembelian, sampai menyusun laporan keuangan kini mudah dilakukan, cepat dan lebih akurat. 

Hal ini juga disampaikan oleh Dhony Rakawira selaku Head Marketing SolusiUkm.com yang hadir di tengah-tengah blogger saat hari peluncuran. "Accurate selalu berkomitmen menghadirkan aplikasi pembukuan yang mudah digunakan oleh pelaku UKM dan selalu akurat dalam penghitungan. Itu sebabnya, Bandung Bersinergi 2 adalah momen yang pas untuk mengenalkan produk baru dari Accurate, yaitu Accurate Lite."


Apa Saja yang Bisa Dilakukan Accurate Lite?

Sebagai aplikasi yang di-klaim memudahkan pembukuan usaha dan laporan keuangan, Accurate Lite mempunyai enam menu utama yang dibutuhkan pelaku UMKM seperti di dalam gambar di bawah ini.



  • Fitur Penjualan: berguna untuk mencatat semua transaksi penjualan dan menerbitkan faktur penjualan.
  • Fitur Pembelian: mencatat semua transaksi pembelian dan menerbitkan faktur pembelian.
  • Fitur Biaya: mencatat semua transaksi biaya yang kita keluarkan. Pilihannya sangat beragam, mulai dari gaji karyawan sampai pembayaran listrik dan lain lain.
  • Fitur Stok: mencatat semua stok dari barang yang kita produksi atau stok bahan baku.
  • Fitur Kas: mencatat semua keuangan kita. Terdapat dua ilihan: KAS atau BANK.
  • Fitur Laporan: di sini kita bisa melihat laporan keuangan selama periode tertentu. Mulai dari Laba Rugi, Neraca, Penjualan, Biaya, hingga Barang Terlaris.
Bahkan faktur pembelian dan penjualan yang sudah diterbitkan lewat aplikasi Accurate Lite bisa langsung dicetak, loh. Tinggal dihubungkan dengan perangkat printer melalui bluetooth, faktur-faktur ini bisa langsung dicetak. Mudah bukan?

Untuk mengetahui bagaimana menggunakan Accurate Lite, silakan disimak video sederhana yang saya buat di bawah ini. 



Fitur laporannya juga memudahkan kita mengetahui berapa laba atau kerugian yang kita alami selama periode tertentu. Tinggal dicetak, laporan ini bisa dijadikan acuan bagaimana usaha kita berkembang atau tidak. 

Jadi menurut saya, hanya dengan satu aplikasi ini 

Bagaimana Cara Mendapatkan Aplikasi Accurate Lite?

Secara mudah, aplikasi ini bisa diunduh di Google Play jika menggunakan Android. Setelah diunduh, kita bisa mendaftar lewat aplikasi dengan akun Google atau Email. Untuk dicatat, akun kita di aplikasi ini akan terhubung di Accurate Online yang bisa diakses di http://aol.solusiukm.com/ di mana database kita tersimpan.

Apakah data kita aman? 

Jangan khawatir. Vikrie Ferdiansyah selaku Direktur Marketing SolusiUkm.com mengatakan bahwa data kita aman karena terinskripsi dengan kode unik yang dinamis sehingga tiap hari berubah. 

Kembali ke cara pemakaian aplikasi Accurate Lite ya. 

Seperti yang sudah saya tulis di atas, aplikasi ini memberikan 30 hari pelayanan gratis agar kita bisa menggunakan seluruh fitur-fiturnya. Namun, setelah itu teman-teman akan diminta untuk mendaftar (jika memutuskan untuk terus memakai aplikasi ini). Caranya sangat mudah. Pun dengan biayanya yag menurut saya, lumayan murah untuk aplikasi selengkap ini. 

Untuk Accurate Online sendiri biayanya adalah:
  1. Paket database dengan akses 1 user Rp. 200.000,-/database/bulan.
  2. Tambahan akses user database Rp. 20.000,-/tambahan akses user/bulan.
  3. Tambahan akses Integrasi Aplikasi Pihak Ketiga Rp. 20.000,-/tambahan akses aplikasi/bulan.
  4. Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10% dari total biaya yang dibebankan sendiri. 
Menariknya ada promo selama bulan peluncuran Accurate Lite. Pelanggan akan dikenai biaya skeitar Rp. 400.000,- untuk 6 bulan. Murah ya? 


Pada opsi BILLING atau Tagihan, lengkapi data kita. Lalu pilih harga normal bulanan.

Biaya yang akan ditagihkan akan terlihat di layar. Beri tanda centang dan klik Aktifkan.
Faktur tagihan akan dikirimkan ke email kita, berikut dengan cara pembayaran dan nomer rekening.
Begitu kita selesai membayar tagihan, fitur Accurate Lite akan segera aktif.

Fitur Lain yang Akan Hadir Di Accurate Lite

Dalam waktu dekat, Accurate Lite juga akan dilengkapi dua fitur tambahan yang semakin memudahkan pelaku UMKM yang sudah terhubung dengan market place tertentu. Dengan SMARTLINK E-COMMERCE tak perlu repot mencatat laporan keuangan di akun market place tempat kita bergabung, tinggal menghubungkan dengan akun Accurate Lite tanpa input ulang, semua data akan dengan mudah terbaca. 




Fitur menarik lainnya adalah REFER TO FRIEND. Fitur ini memungkinkan pemilik akun Accurate Lite merekomendasikan aplikasi Accurate Lite kepada teman atau kerabat. Akan ada hadiah menarik (berupa uang cash) untuk setiap teman yang menggunakan Accurate Lite atas rekomendasi kita. 

Nah, tunggu apa lagi? Silakan gabung di Accurate Lite dan nikmati fitur-fitur lengkapnya yang betul-betul memudahkan pelaku UMKM seperti saya ini.


Salam,

Dyah



Catatan: Foto-foto keseruan blogger bersama Tim Accurate Lite adalah dokumentasi Tim Accurate Lite. 

11 komentar:

Yayu Arundina mengatakan...

Wah bener-bener semakin digital nih. Praktis yah bt bikin pembukuan usaha 😅😍
Sukses buat produk Ibu Paus 👍👍👍

Maria G Soemitro mengatakan...

wow ini yang saya cari, makasih ya Ibu Paus

Armita mengatakan...

Baru tahu ada aplikasi ini. Membantu banget ya Teh. Soalnya kayak aku sekarang pencatatan masih manual pakai Excel.

bella agmia mengatakan...

Informasi keren. Tks sharingnya mom.. aku mau coba. 😘
Sukses trs Usaha nya

Ida Tahmidah mengatakan...

Wah keren ada allikasi seperti ini ya.. Memudahkan banget kita para ukm nuh :)

Jeanette mengatakan...

Adeku sempe kerja di Accurate, dan memang aplikasi yang ditawarkan sangat mudah dipakai untuk pemula dan harganya pun sangat bersahabat ya teh.
Sukses selalu yaa teh untuk usahanya :)

Andi Nugraha mengatakan...

Terima kasih sharingnya, Teh.
Dan saya baru tahu dan nambah informasi nih.

Rani Yulianty mengatakan...

Aplikasinya membantu banget ya teteh, aku menyerah deh kalau urusan pembukuan, sukses terus bisnisnya yaaa

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Wah..ada aplikasi Accurate Lite..
Sangat membantu bagi pebisnis yang tidak ada waktu melakukan pencatatan usahanya, ya...
Harganya pun ramah di kantong hehehe

Nia K. Haryanto mengatakan...

Wah, Ada aplikasi gini mah, ga usah ribet2 bikin pembukuan sendiri, ya. Kita tinggal input data aja. Pengolahan sama ini itunya sudah ada di aplikasi. Memudahkan banget.

Travel Surabaya Jember mengatakan...

wahh ini menarik, bisa dipakai untuk usaha jasam seperti usaha shuttle travel gitu nggak ya?

Recent

recentposts

Random

randomposts