Resep Kepiting Saus Padang a la Resto Seafood




You will never make the crab walk straight. - Aristhopanes


Resep kepiting saus padang a la resto seafood - Membuat sendiri sajian a la resto seafood di rumah ternyata bisa dan mudah. 


Iya, yang susah itu memang membuat kepiting supaya jalannya lurus. Lah wong dia memang jalannya menyamping kok ya dari sananya, hihihi. Jadi ngapain repot-repot meluruskan jalan kepiting kalau bisa membuat sajian a la resto, yaitu Kepiting Saus Padang di rumah. 

Jadi nih, saya adalah penggemar masakan laut atau boga bahari. Dari mulai cumi, ikan bawal, gurita sampai kepiting saya tuh suka banget. Di Surabaya, sangat mudah menemukan penjual hidangan laut. Ya kalau mau segar, melipir sebentar ke pasar sudah dapat kepiting yang segar. 

Sayangnya, di Bandung dan Cimahi ini susah banget dapat boga bahari yang endeus dengan harga a la kaki lima. Eits, jangan mention resto yang terkenal dengan tagline "rasa bintang lima harga kaki lima" ya. Wkwkwk. 

Kalau memang mau ya harus mengeluarkan uang lumayan tebal (karena keluarga kami makannya banyak, hahaha) dan melipir ke resto seafood terkenal di Bandung yaitu HDL di jalan Cilaki. 

Tapi kan terkadang bokek datang seperti jelangkung ya. Nggak diundang pun di datang, huft. Nah untuk mensiasati hal ini, saya dan suami sering berburu makanan laut ke Pasar Ciroyom. Ikan-ikan laut yang didatangkan dari Cilacap, Jawa Tengah ini lumayan segar dengan harga terjangkau. Jadilah beberapa waktu yang lalu saya memborong sekilo kepiting, cumi dan udang. Alhamdulillah pegel menyiangi ketiganya. Hahaha 😂😂 .

Tadinya bingung nih, kepitingnya mau dimasak apa ya. Antara kare kepiting khas Surabaya yang rasanya juara itu atau keiting saus padang. Karena lagi kepengin makan yang pedes untuk meningkatkan nafsu makan, maka diputuskan untuk memasak kepiting saus padang. Yeaaay.





Menyiangi Kepiting

Waktu saya beli sih, kepitingnya masih hidup yang artinya baru datang dan masih segar. Begitu sampai rumah, saya langsung mendidihkan sepanci air. Pengalaman saya nih, mending kepitingnya dimasukkan ke dalam panci berisi air mendidih daripada harus dibersihkan dulu. Ini untuk menghindari tercapitnya jari kita oleh kepiting yang masih hidup. 

Karena saya masih ingat jari tante saya yang berdarah-darah sewaktu membersihkan kepiting yang masih hidup. Hiiii... ngeri. 

Sedangkan memotongnya langsung kok ya saya ndak tega. Jadi ya satu-satunya cara adalah memasukkannya ke dalam air mendidih. Jangan lupa baca Bismillah dulu ya, kakak-kakak. 




Sumber Foto: hellosehat



Jangan masak kepiting terlalu lama karena nanti tekstur dagingnya agak kasar dan alot. Cukup sekitar 10-15 menit ya. Sesudah itu tiriskan kepiting dan masukkan ke dalam baskom berisi air es dan es batu. Gunanya agar proses masak berhenti. 

Setelah itu baru deh lepas tali yang mengikat kepiting dan di bawah air mengalir, bersihkan kepiting dengan sikat gigi bersih. Biasanya di badan kepiting suka banyak pasir dan lumpur kan, jadi digosok sampai bersih. 

Buang bagian kaki-kaki kecil yang ada di samping kepiting. Buka cangkang dan keluarkan insang. Setelah itu belah kepiting dan sisihkan. 


Lihat kan bagian yang berwarna jingga itu? Itu telurnya yang endeus pisan!


Oh ya, biasanya penjualnya akan memberi pilihan kepiting. Ada kepiting daging (jumlah dagingnya lebih banyak) atau kepiting bertelur. Kepiting bertelur biasanya dagingnya lebih sedikit dan ketika cangkangnya dibuka, ada telur berwarna jingga yang menggiurkan di sana. Jadi jelas suka banget kepiting telur. 

Resep Kepiting Saus Padang

Sebetulnya banyak olahan saus untuk kepiting. Tapi yang paling saya suka adalah kare kepiting dan kepiting saus padang ini. Seperti masakan Minang lainnya, bumbu kepiting saus padang perlu banyak cabai. Tapi ya nggak sampai segunung sih, wkwkwk.

Resepnya langsung saja ya 


Kepiting Saus Padang






Bahan:

1 kg kepiting (isi 3 ekor)
2 sdm saus tiram
4 sdm saus tomat
Garam
Gula
Merica 
Kaldu bubuk
1 buah tomat, potong jadi empat
2 lembar daun jeruk
1 buah bawang bombay, iris tipis
Minyak goreng untuk menumis
2 helai bawang daun, jika suka
300 ml air

Bumbu Halus:

5 buah cabai merah tanjung (buang bijinya)
6 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 cm jahe, kupas dan bersihkan
2 cm kunyit, kupas dan bersihkan 
1/2 sdt ketumbar

Cara Membuat:

1. Panaskan minyak dalam pan anti lengket. Tumis bawang bombay hingga harum.
2. Masukkan bumbu halus dandaun jeruk,  tumis hingga harum.
3. Masukkan kepiting, aduk rata. 
4. Masukkan saus tomat, saus tiram, gula, garam, merica dan kaldu bubuk. Tuang air. 
5. Masak hingga air menyusut. Masukkan tomat dan daun bawang. Aduk rata.
6. Cicipi rasa. Jika sudah pas, matikan api.
7. Kepiting saus padang siap disajikan. 


Dimakan tanpa nasi pun ini sudah nikmat. Kalaupun memakai nasi, paling cuma satu centong karena keribetannya menikmati daging kepiting dan menyesap bumbunya. Hihihi. 

Silakan dicoba resepnya ya. Dan selamat ketagihan.


Salam,

Dyah Prameswarie


1 komentar:

  1. Ya Allah udah berapa abad aku ndak makan kepiting yaa.. sumpah nelan ludah banget kepiting saos padangnya. Mau dong kak 😍

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca blog saya. Saya akan senang membaca komentarmu. Mohon tidak meninggalkan link hidup ya. :)

Recent

recentposts

Random

randomposts