Tiki x Ibu Paus Frozen Food: Kemudahan Mengirim Paket Makanan



Salah satu industri rumahan yang paling berkembang saat ini adalah usaha makanan beku atau frozen food. Salah satu yang paling membantu kami para pengusaha frozen food adalah vendor penyedia jasa ekspedisi. Kami ingin produk kami tetap aman dan terjaga kualitasnya selama di perjalanan menuju pelanggan. Apakah TIKI bisa menjembatani keinginan kami?


Sejak tahun 2017 lalu, saya memang memulai usaha frozen food kecil-kecilan. Yang tadinya menyetok frozen food untuk anak dan suami, di tahun tersebut saya mulai berani memasarkan hasil masakan saya ke beberapa teman dekat. Eh, alhamdulillah respon mereka bagus. Saya beneran nggak nyangka kalau usaha saya dapat respon baik. 

Nah, sejak itu sampai sekarang alhamdulillah saya masih bertahan memproduksi aneka frozen food. Malah menunya bertambah, loh. Meski juaranya tetap di karipap, panada dan chicken umami. 


Umami Chicken



Siomay Ayam Udang





Karipap Ibu Paus yang tersohor 🤭


Dari berjualan frozen food ini, saya belajar banyak hal. Mulai dari memproduksi dalam jumlah banyak, membuat jalur produksi yang memperlancar target produksi, kemasan yang aman, menghadapi konsumen sampai packing alias pengemasan yang aman agar produk sampai dengan aman dan dalam kualitas yang bagus pula. 

Kemasan Frozen Food dan Packing Saat Pengiriman

Buat saya, kemasan packing frozen food ini sangat tricky alias butuh trik khusus supaya konsumen saya masih dapat menikmati produk saya dengan tampilan dan rasa yang bagus. Awalnya saya mengemas produk saya dengan plastik thinwall, llau membugkusnya dengan bubble wrap, kirim ke ekspedisi, beres. Eh tapi, ternyata ekspedisi nggak bisa diandalkan juga. 

Beberapa kali pelanggan protes karena produk saya sudah rusak akibat kemasan yang kurang layak atau pengiriman yang terlambat. Selama itu pula saya harus mengganti produk yang sudah dibayar. Ya enggak apa-apa, itu bagian dari pelayanan kami. Risiko akan selalu ada, jadi saya harus mencari cara agar tetap bisa mengirimkan produk saya tepat waktu. 

Sekarang, saya menggunakan kemasan vaccum, membungkusnya dengan bubble wrap, lalu masukkan ke dalam kardus, bungkus dengan rapi baru deh kirim ke ekspedisi. Apakah masalah ekspedisi ini sudah selesai? Ternyata nggak juga, hihihi. 

Ini Nih Kriteria Ekspedis Idaman Pengusaha Frozen Food

Jadi layanan ekspedisi apa saja sih yang dicari oleh pengusaha frozen food? Banyak! Beberapa saya tuliskan di bawah ini:

1. Customer Service yang Ramah dan Mumpuni dalam Product Knowledge

Ya ini tuh jadi semacam garda terdepan dari layanan ekspedisi, ya kan? Sudah jutek aja bawaannya kalau ketemu CS yang nggak ramah. Sudah gitu, product knowledge ekspedisi kurang paham. Gimana mau menjelaskan ke kita coba?

Atau, mau menjelaskan dengan detail saat kita komplain kenapa paket kita terlambat, misalnya. Ada loh beberapa ekspedisi yang ketika dihubungi saat mengajukan komplain, kita malah diping pong ke sana ke mari. Duh. 

2. Punya Layanan Same Day atau Instan

Nah, ini yang paling kami inginkan, hihihi. Ngirim nggak pake lama, deh, dan beneran aja, paket sudah sampai di hari yang sama dengan pengiriman. Ini baru ekspedisi idaman kami, hahaha. 

Sayangnya, layanan same day atau instan ini hanya terbatas di beberapa lokasi saja. Dengan keterbatasan trasnportasi mengingat adanya pandemi, ini sih bisa dimaklumi ya, bu ibu. Tapi, memang ada kok ekspedisi yang betul-betul berkomitmen dalam menyediakan servis same day atau instan. 

3. Punya Kredibilitas yang Sudah Terkenal Bagus

Hmm, ini sih siapa saja pasti setuju, ya kan? Belakangan ini memang banyak perusahaan ekspedisi yang bermunculan. Ya sejak adanya pandemi dan kebutuhan belanja online meningkat tajam, beberap orang langsung melirik peluang ini. Ya, why not? 

Tapi tetap harus hati-hati dan pilih ekspedisi yang terpecaya dan amanah ya. Lihat saja ratingnya di Google Play atau Apps, bagaimana pelayanannya dan apakah sudah lama bergerak di bidang layanan ekspedisi. 

4. Menyediakan Freezer untuk Produk Frozen Food

Sayangnya tidak semua ekspedisi menyediakan layanan ini. Setahu saya hanya ada satu atau dua, itupun dengan layanan yang terbatas atau hanya menjangkau beberapa kota saja. Semoga saja banyak ekspedisi yang menyediakan layanan ini ya, sehingga kami pengusaha frozen food tidak khawatir saat pengiriman.

5. Tepat Waktu dalam Pengiriman

Terlepas segala hal bisa terjadi dalam perjalanan, saya rasa beberapa perusahaan ekspedisi sudah banyak yang memberikan layanan tepat waktu dan juga pengajuan komplain yang baik apabila paket kita memang terlambat. Namun, ada beberapa ekspedisi yang kurang amanah, termasuk bagian sortir paket yang terkadang (konon) main lempar aja meski sudah ada tulisan segede gaban kalau paketnya fragile. 


Jadi, Ekspedisi Mana Nih Yang Memiliki Kemudahan Mengirim Paket Makanan?

Hmm, saya nih sering ragu kalau kirim ke Mbak Tias Tatanka, istri Mas Gola Gong, pemilik Rumah Dunia di Serang, Banten sana. Ya gimana nggak, ekspedisi yang biasa saya pakai, belum ada layanan di sana. Sementara Mbak Tias adalah penikmat karipap nomer satu! 😆

Akhirnya nih, di hari yang panas setelah keliling dari satu ekspedisi ke ekspedisi yang lain, saya kembali menemukan jalan pulang (halah😂) ke kantor cabang TIKI terdekat di Cimahi. Ah, ternyata nggak jauh kok dari rumah saya. 

Ketika saya tanya, mereka (saat ini) memang belum menerima paket frozen food namun akan berusaha sebaik mungkin mengirimkan paket saya seusai dengan layanan yang saya pilih. Karena kredibilitas TIKI sudah nggak diragukan lagi, jadi, BISMILLAH deh, saya kirim paket karipap saya dengan TIKI. 

Eh, alhamdulillah loh, esok paginya, paket saya sudah sampai di Serang Banten dengan baik dan selamat. Ya meski sudah setengah beku (karena TIKI belum menyediakan layanan freezer), tapi makanan masih aman dan kualitasnya tetap terjaga. Terima kasih, TIKI!

Produk dan Layanan TIKI, Ada Apa Saja Sih?

Produk TIKI :

- SDS atau same day service. Ini adalah produk dengan layanan kiriman tiba di hari yang sama,
- ONS atau over night service. Produk ini menjamin produk yang dikirim hari ini, esok tiba.
- TDS atau two days service. Kalau memang bukan produk yang memerlukan waktu pengiriman cepat, produk dengan layanan kiriman tiba dalam dua hari ini cocok buat kamu.
- REG atau regular service, hampir sama dengan TDS dengan selisih harga yang tak berbeda jauh.
- ECO atau economy service. Kalau memang butuh kiriman yang hemat ongkis, ECO bisa jadi solusi.
- TRC atau trucking service, buat kamu yang ingin mengirimkan paket dengat berat minimal 10 kg atau lebih.
- INT atau international service, layanan yang cocok buat kamu yang ingin mengirim paket ke luar negeri.

Nggak Perlu Khawatir Mengirim Paket di Masa Pandemi

Loh kok gitu, sih?

Oh iya, dong. Di era digital ini, TIKI sudah memperluas layanannya dengan mobile apps atau aplikasi di ponsel yang bisa diunduh di Google Play. Aplikasi ini memudahkan kita untuk tracking paket kita, melacak resi dan memesan berbagai layanan terbaru dari TIKI. 

Selain itu, selama pandemi belum berakhir, TIKI juga akan menerapkan prokes yang sangat ketat, melakukan penyemprotan desinfektan di seluruh area kerja TIKI dan layanan kesehatan untuk staf dan karyawan TIKI sehingga pelanggan merasa aman saat bertransaksi. 

Oh ya, dengan layanan PUTAR atau Jemput dan Antar, kamu nggak perlu khawatir dengan program mengurangi mobilisasimu. Cukup gunakan layanan PUTAR di aplikasimu, nanti akan ada kurir yang menjemput dan mengantar paketmu. Mudah kan?

Aplikasi TIKI sendiri bisa diakses dan diunduh di sini ya. Yuk segera diunduh dan dapatkan layanan super mudha dan cepat dari TIKI. 

Lah terus gimana nih, apakah TIKI ke depannya bisa menjawab tantangan dari pengusaha frozen food? Dengan layanan TIKI selama ini, sih, saya yakin kok TIKI akan terus berkembang dan memperbaiki dan menambah layanannya untuk kita. 

Sukses terus ya untuk TIKI. 

Salam,

Dyah Prameswarie

































Komentar