Tutorial Typografi NKCTHI a la Dydie Kitchen Hero


Suatu hari nanti, kita akan cerita 
tentang kenapa saya iseng menuliskan artikel ini.


Nggak ding, nggak usah nanti ceritanya, sekarang aja. Lol.

Omong-omong, apa kabar di Februari yang sering disambangi rinai hujan dan yang sebentar lagi mencapai akhir bulan? Semoga semuanya dalam keadaan baik-baik saja ya. 

Jadi nih, dua pekan ke belakang ini saya lagi iseng banget nyobain beberapa typografi di foto-foto jepretan kamera saya. Apalagi ketika saya menemukan banyak font baru yang lucu-lucu di situs penyedia font gratis, makiiin pengen nyoba ini itu. 



Sudah gitu masih ditambah dengan akun-akun Instagam yang followernya nggak bejibun tapi feed-nya keren. OMG! Foto-foto mereka tuh sederhana sebetulnya, bisa kita temui di jalan saat kita ke pasar atau anter anak sekolah. Tapi mereka edit pakai aplikasi Lightroom atau VSCO yang hasilnya jadi keren. 

Apalagi ketika ditambah dengan karya typografi mereka. KURANG AJAR KERENNYA, wkwkwk. Makanya saya jadi tertarik belajar dari mereka. Dengan aplikasi dan waktu terbatas yang saya punya, wkwkwk. Lumayan sih buat Buk Ibuk macam saya yang butuh relaksasi dnegan berkarya. Apalagi Nak Anak muda ini juga nggak pelit bagi ilmu, apalagi soal berbagi font dan tutorial. 





Nah, karena banyak yang nanya juga gimana cara unduh font-nya, aplikasinya apa, dan gimana cara pakainya; jadi ya saya merasa harus berbagi juga. Sudah beberapa kali saya upload foto dengan font ala akun Instagram Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini alias #NKCTHI dan fans ((fans)) saya suka bener, hahaha. Sudah tahu kan ya tentang akun ini? Yang kemudian kutipan-kutipannya dibukukan dan difimkan. 

Emang bikin gemes ini font, hahaha. Apalagi kalau sudah dipakai untuk menulis kutipan galau nan klepek klepek gitu. Bikin uwuwuwuwu. Lol. 

Jadi nih, cuma ini kok yang kamu butuhkan untuk bisa pakai font a la #NKCTHI:

1. Unduh aplikasi Phonto di Playstore. Setahu saya aplikasi ini bisa untuk iOS juga, kok. 

2. Unduh font NCKTHI-nya DI SINI.

3. Buka aplikasi Phonto kalian. Klik icon foto di kanan atas, pilih Images (kalau ingin pakai foto dari galeri ponsel kalian) atau plain Images. Setelah itu klik icon pensil untuk menambahkan teks. Tulis teks yang kalian mau. Klik font, pilih My Font.


Font NCKTHI ada di My Font


4.  Nah, font #NKCTHI ada di My Font. 😍 😗

5. Setelah itu atur style dan warnanya. Paling bagus sih warna putih ya, kakak.

eh tapi, kok font-nya jadi hilang ya? 😂😂

Sini, sini, kuberi tahu lagi caranya, Kak. Wkwkwk.

6. Di bagian COLOR, geser kursor ke kiri sampai mentok.




7. Klik SHADOW, geser Alpha ke kanan. Geser kursor Radius ke kiri sampai font-nya kelihatan lagi. 





TARAAA! Sekarang sudah ada kaaan?

Lalu biasanya akan muncul pertanyaan lain, "Mbaaak, font ini nggak ada spasinya ya?" Dan jawabannya adalah, "Adaaa koook. Mainin aja SPACING-nya."

Hahaha.

Tips paling penting adalah better pakai alignment Center. Dan kata-katanya jangan terlalu banyak atau panjang biar tampak regang. 

Biarlah font dan spasi aja yang regang, hubungan kita mah jangan ya  😍 😗. 

Ini dari puisi Mbak Dhani Praktinyo

Gimana, tutorialnya gampang kan yaa? Kalau masih bingung kudu gimana, sila klik link berikut ya Typography a la Dyah Prameswarie.

Sampai ketemu di artikel selanjutnya ya. Selamat berkreasi dengan kutipan galau nan uwuwuwu dengan font a la #NKCTHI-nya. 


Salam,


Dyah Prameswarie

Komentar