Siliwangi Bolu Kukus Oleh-oleh Bumi Pasundan


Selalu ada waktu untuk sepotong cake nikmat dan secangkir teh hangat.



Apalagi ketika Cimahi diguyur hujan deras hampir setiap siang hingga sore menjelang. Eh, bahkan sampai tengah malam, loh. Memang juara Bandung, nih. 

Apalagi kalau ngomongin soal kuliner. Waini. 

Kayaknya hampir setiap pekan ada brand kuliner baru yang muncul di Bandung ya? Entah itu industri rumahan atau brand besar, selalu bikin Bandung makin juara sebagai ikon kuliner. 

Salah satunya adalah Siliwangi Bolu Kukus yang kemudian dikenal sebagai oleh-oleh Bumi Pasundan. Kenapa bumi Pasundan? Karena (ternyata) cakupan Bumi Pasundan tuh luas banget, gaes. Jadi Siliwangi Bolu Kukus (yang sepanjang artikel ini akan saya singkat menjadi SBK) ingin dikenal dan punya banyak penggemar di seluruh Bumi Pasundan.




Hmm, aku tahu kalian pasti berpikir kalau selama ini di pasaran juga banyak bolu atau cake sejenis, terus apa dong menjadi SBK ini lebih istimewa? Well, tadinya aku juga mikir gitu, kok. Rada skeptis gitu sama perboluan karena di dunia ini sudah banyak bolu-bolu yang beredar, hahaha. Lebay ama yak 😆.

Alasan Kenapa  Kamu Harus Cobain Siliwangi Bolu Kukus

Sampai akhirnya di suatu hari yang basah sehabis hujan (halah), saya dan beberapa teman blogger mendengarkan penjelasan GM SBK, Tegar Pranata. Menurut beliau, berikut adalah beberapa alasan kenapa kamu (dan aku) cobain Siliwangi Bolu Kukus.

✔ Kemasannya yang Higienis

"Apanya sih yang beda? Wong sama aja!" kata saya sambil memperhatikan kemasan SBK yang sekilas memang mirip kemasan biasa. 




Tapi rupanya, kemasan SBK ini memiliki ukuran yang pas sehingga produk bisa diletakkan dengan sempurna dan presisi sehingga tidak ada space kosong yang berlebih. Nah space kosong yang berlebih ini konon bisa membuat bakteri lebih cepat berkembang. Kalau nggak ada jeda, ya kemungkinan si bakteri untuk tumbuh tuh kecil banget. Biarlah cinta kita aja yang tumbuh, bakteri mah jangan. Eaaa 😂. 

Selain itu, kemasan SBK juga sudah food grade sehingga aman untuk makanan. bahkan lapisan kertas pelindungnya pun dimasukkan dan dilipat dengan mesin, bukan tangan untuk mengurangi risiko terkontaminasi bakteri tadi.

✔ 8 Rasa khas Bumi Pasundan

Ini dia yang unik. Kalau bolu lain rasanya cuma berkisar pada rasa yang pernah ada atau rasa yang telah lalu, keju dan cokelat, SBK punya 8 varian rasa khas Bumi Pasundan.

- Alpukat Mentega
- Kopi Bogor
- Stroberi Ciwideuy
- Talas Bogor
- Ubi Cilembu
- Ketan Kelapa
- Brownies Cokelat
- Susu Lembang

Sejauh ini, saya suka rasa antara dirinya dan diriku. Eh. Maksudku, aku suka rasa Aplukat Mentega dibanding dengan rasa yang lain, meski semua rasanya enak. Soal selera aja sih, mneurutku. 

✔ Logo yang Berani

Logo SBK ini memang khas Sunda banget, ya nggak sih? Berlogo kepala harimau dengan garis tegas, warna hitam dengan latar putih yang membuatnya semakin bold. Simbol ini memang dibuat sederhana, biar kalian tuh pada ingat sama SBK, bukannya ingat mantan dan kenangan mulu. 


Logonya gahar yekan?



✔ Proses Produksi 

Tegar Pranata dalam keterangannya di depan para blogger mengatakan bahwa CV. Boga Karya Siliwangi selaku yang memproduksi SBK, proses produksi diusahakan untuk selalu higienis. Ini untuk mengurangi risiko produk terkena kontaminasi. 

Semua bahan telah dikemas sesuai dengan takaran satu kali produksi sehingga mengurangi aktivitas manusia yang bisa membuat bakteri berkembang biak. Begitu juga dengan peralatannya. Konon, mereka menggunakan mesin pemecah telur. 

✔ Harga yang Ekonomis

Mungkin ini juga yang membuat bolu ini jadi digandrungi di Bogor sana. Per box bolu hanya dikenai Rp.27.500,- saja. Bahkan saat pembukaan store di jalan Mohamad Tohapekan lalu, banyak promo sehingga kalau dihitung tiap box hanya seharga sekitar 9000-an saja. 


Grand Opening Store Mohammad Toha

Syukurlah ya SBK ini akhirnya membuka toko di Bandung. Setelah sebelumnya membuka 4 store di Bogor sana, store di jalan Mohammad Toho No. 145 Bandung ini jadi satu-satunya store di Bandung. 

Pada tanggal 25 Januari pekan lalu, store ini resmi dibuka dengan berbagai promo menarik yang membuat toko ini penuh dengan atrian pengunjung! Warbiyasak memang SBK dan masyarakat Bandung ini. Salut aku tuh. 


Thank you Bang Aswi udah motretin store SBK


Promo di hari Sabtu, 25 Januari 2020 tuh kan beli 1 gratis 2 (jadi kalian bawa 3 box SBK. yes, aku ulangi 3 BOX SEHARGA 27.500 doang!). Tapi tidak berlaku kelipatan ya, gaes. Nah pembeliannya tuh dibatasi hanya untuk 500 pembeli pertama di dua waktu tertentu. 

Sesi pertama di pukul 10.00 hingga 13.00. Nah, karena antriannya membludak, jadi ditambah tuh 50 pembeli. Eh ludes juga! Bahkan di sesi kedua, kuota pembeliannya ini ludes dalam waktu 1 jam saja. Auwooowww, ini Audi langsung nyanyi 1 Jam Saja keknya kalau lihat ini. 

Ini ngantri untuk mendapatkan SBK ya, bukan untuk mendapatkan hatimu.

Meski terik pun dijabanin sama mereka. Warbiyasak!


Lihat sendiri kan antriannya? Mengular banget bahkan ketika hujan turun, mereka tuh tetap nyamperin toko dan rela menunggu sampai waktu promo kembali dibuka. 

Esoknya, tanggal 16 Januari 2020 masih ada promo Imlek, kok. Meski promonya berbeda, tapi masyarakat masih penasaran ingin mencicipi BSK. Bahkan ada yang rela balik lagi ke store karena mulai ketagihan. Hayoloh.


Silih Asah Asih Asuh sebagai filosofi SBK


ALih-alih troli, tas-tas lucu ini jadi pengganti keranjang belanja


Kelas Food Photography with Smartphone

Sehari sebelum diundang launching store di jalan Mohammad Toha, Bandung, saya dan rekan-rekan blogger diajak ikutan kelas fotografi makanan bersama Parmadi. Parmadi ini adalah salah satu fotorgrafer tersertifikasi di Bandung. 

Parmadi menyampaikan beberapa hal dasar terkait food photograohy dengan ponsel seperti mengenali dulu ponsel kita sebelum praktik, masalah pencahayaan, props foto hingga styling. 

Meski durasinya lumayan pendek tapi cukup membuat saya puas setelah lama nggak ikut workshop fotografi. Makasih ya, Parmadi.

Jadi nih, silakan mencoba Siliwangi Bolu Kukus dan  langsung praktik memotret makanan dengan ponsel kalian ya.





Sebuah kiriman dibagikan oleh 𝐒𝐢𝐥𝐢𝐰𝐚𝐧𝐠𝐢 𝐁𝐨𝐥𝐮 𝐊𝐮𝐤𝐮𝐬 (@siliwangibolukukus) pada


Sampai ketemu di tulisan selanjutnya. 

Salam,

Dyah Prameswarie

Komentar

  1. Wah baru buka ya.. Siliwangi. Bagus namanya untuk kue. Pengen icip bolu kukusnya. Hihi yang warna pink tapi, strawberry kan ya?

    BalasHapus
  2. ini di dekat kantorku teh :) sering lewat pas promosi, ngantrinya sampai ke jalan donk hahahaa enak ya ternyata, nanti pas sepi aku coba beli ah pas lewat

    BalasHapus
  3. Suka sekali packaging SBK warna-warni.. ditambah rasanya khas bumi Pasundan banget. Aku kabita pengen coba rasa alpukat mentega sama ubi cilembu kak. Enak ya buat cemilan pas lagi hujan sambil ditemenin teh anget.

    BalasHapus
  4. Logonya bener2 nerani sekalindan ga mencerminkan restonya..but aku jg penasaran jg aja gimana hasil perseteruanya.

    BalasHapus
  5. Wah rasanya macem2 dan lucu2, penasaran sama rasa alpukan mentega dan susu lembang, gimana yah enaknya hihi, mau coba juga dunks

    BalasHapus
  6. yummy... pilihan rasa ada banyak. karena keju udah biasa, maunya yg rasa alpukat mentega. apakah selumer itu. duh mauuu

    BalasHapus
  7. Wah antri nya. Sudah kepayang deh pasti lezat, empuk dan harga nya terjangkau pula. Paling suka jajanan oleh-oleh kue bolu kaya gini. Bikin kenyang dan enak dibawa-bawa.

    BalasHapus
  8. Aahhhh ini aku pernah cobain yang alpukat mentega itu suwer enak banget, sampe balik bogor lagi cuma buat beli ginian hahaha dan harganya sih oke banget, cocok buat oleh oleh

    BalasHapus
  9. Enak sekali nih Siliwangi Bolu Kukus buat oleh-oleh keluarga, banyak varian rasanya

    BalasHapus
  10. Sebagai pecinta bolu kukus ini jadi hal menarik buat dicoba. Apalagi harganya yang termasuk murah ya mb. Karamg lho harga segitu untuk cake semacam bolu. Aku jadi pengin bolu kukus Siliwangi nih

    BalasHapus
  11. Kebayang nih rasa legitnya, penasaran yang rasa alpukat karena gak biasa di kue yang lain

    BalasHapus
  12. Wah gede juga ya store SBK yang di Bandung ini. Aku dah nyicipin semua variannya dan paling favorit tu yang alpukat mbk. Kmrn pas mudik jg bawain SBK ini buat oleh2 :D

    BalasHapus
  13. Kebayang banget deh ini rasa siliwangi bolunya pasti enak ya mba, mengingat orang rela ngantri2 walaupun kepanasan

    BalasHapus
  14. Aku penasaran sama rasa alpukat mentega dan susu Lembang nya. Enak nih buat oleh2 dan di makan anggota keluarga

    BalasHapus
  15. aku sampe beli juga sekalian banyak buat ibu ku soalnya suka banget sama aneka bolu gini, apalagi banyak varian topping nya.

    BalasHapus
  16. Rasanya emang khas bumi pasundan banget ya. Akhir2 ini aku sering liat bolu ini deh di sosmed tp belum cobain. Jd pengen cobain juga. Hehe

    BalasHapus
  17. aku belom pernah nyobain sih ini bolu kukus siliwangi, kirain cuma ada di bogor aja taunya di bandung juga udah buka cabang ya.

    BalasHapus
  18. Kalo beli via online, mungkin gak bisa sama harganya yaa...
    Biar tau ada promo-promo gini darimana siih, teh..?
    Hihi...kan bangga yaa...bisa bawa 3 kue dengan harga terjangkau. Makannya makin nikmat...karena ramerame sekeluarga.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya. Saya akan senang membaca komentarmu. Mohon tidak meninggalkan link hidup ya. :)