FUNancial Yang Kamu Mau: Cara Mudah Mewujudkan Financial Goals



 "Too many people spend money they earned...to buy things they don't want
to impress people that  they don't like." ~ Will Rogers


Saya nggak tahu siapa Will Rogers ini tapi kira-kira yang disampaikan memang relate sekali sama keadaan sekarang. Kata Will Rogers, banyak orang menghabiskan uang yang mereka dapatkan untuk membeli barang-barang yang sebenernya tuh mereka nggak inginkan hanya untuk mengesankan orang yang bahkan mereka nggak suka. Wkwkwk. 

Entah Will Rogers berteman dengan Dipa Andika, seorang financial planner dan co-founder dari Hahaha Group atau tidak, tapi di acara FUNancial Yang Kamu Mau Start-Up Smart:Financial Tips for Turning Your Hobby Into a Business kemarin, Dipa juga mengungkap hal yang sama.

Gelaran yang diadakan oleh Home Credit bekerja sama dengan Indonesia Female Bloggers ini bertempat di Paberik Kopi Upnormal Coffee Roasters di Jln. Cihampelas, Bandung.

Meski ngomongin keuangan tapi acara ini nggak nge-bosenin apalagi Dipa dan Uchiet yang membuat suasana jadi seru sepanjang acara. Nggak ketinggalan juga Takdis, pemilik Whatravel sebuah start-u di bidang travel. 




Dipa : Apa Financial Goals Kamu?



Ditanya begini oleh Dipa saya jadi blank sesaat, hahaha. Bukan karena saya nggak punya financial goals tapi semua financial goals saya bergeser. Tadinya saya pengen beli kamera dan laptop baru, tapi sejak mengenal lebih jauh tentang ADHD, saya kok jadi kepengen mendirikan klinik terapi gratis buat mereka yang nggak mampu ya. 




Nah, Dipa bilang sebetulnya nggak masalah kok kita mau punya financial goals apa pun dan gimana pun juga. Asal kita punya perencanaan matang dan berani mewujudkannya. Lah iya, jangan beraninya cuma punya goals dan rencana tapi nggak ada tindakan nyatanya. Wkwkwk. 

Ada beberapa hal yang aku soroti dari acara seru kemarin, nih.

💖 Menurut Dipa semua impian atau financial goals sejatinya ya dicatat sebagai bentuk perencanaan. Kemudian hitung dengan inflasi yang berlaku saat ini dan mulai menabung sebagai bentuk nyata mewujdukan impian kita. 

💖 Banyak yang berpendapat bahwa arisan adalah investasi. Padahal BUKAN. Arisan tuh hanya bentuk lain dari menyimpang uang supaya kita nggak membelanjakannya lebih cepat.

💖 Jangan lupa sediakan DANA DARURAT dengan rekening terpisah yang ATM-nya mudah ditemukan. Jadi misalnya ada keadaan darurat, kita bisa menarik dana ini dengan mudah.

💖 Hindari latte factor atau pengeluaran yang terlihat kecil namun tanpa disadari hal tersbeut dilakukan berkali-kali, misalnya jajan. Huhuhu, bye-bye jajan. 

💖  Basic insurance yang paling baik adalah asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.


Takdis Whatravel Indonesia: Dari Hobi Jadi Penghasilan

Takdis adalah pengusaha muda yang jadi idaman kita semua, hahaha. Karena apa? Karena dia berhasil mengubah hobi travellingnya jadi punda pundi dan bisa bermanfaat buat orang lain. Keren kan ya?

Tapi ya namanya usaha, Takdis pernah mengalami masa-masa nggak enak juga kok. Pernah bangkrut, pernah gagal bahkan drop out. Udah gitu patah hati pula. *pukpuk Takdis hehehe



Tapi kemudian Takdis bangkit dan selama dua tahun ini Adis membangun bisnis travel bersama dua orang partner dan satu orang investor. 

Pada kami Takdis berpesan satu hal, "Partnership kalau bisa jangan dengan teman." 

Dipa yang mengamini Takdis juga berseloroh bahwa sikap "nggak enakan" tuh biasanya berlaku ke temen dan ujung-ujungnya semuanya ambyar. Kalau bisnis kita bubar, pertemanan kita juga bisa jadi bubar. 

Kira-kira begitu isi acara FUNancial a la Home Credit Indonesia tempo hari. Selain bincang seru soal bisnis tadi, acara ini juga bertabur hadiah di sesi kuis. 

I have fun. 

Sampai ketemu di tulisan berikutnya ya. 

Salam,

Dyah Prameswarie






Komentar

  1. Aduh itu quote nya meni sedih banget ya udah ma ngabisin uang eh malah buat muasin orang yang gak diaukain pula. Hehehe kayaknya gak ikutan acara Funancial bareng homecredit ya kalo dipake investasi aja pasti udah mapan ya. Hehehe

    BalasHapus
  2. Semoga mimpi mendirikan rumah ABK bisa terwujud ya say

    Mulia banget 👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah... Hebat yaaa. Mulia sekali goals-nya. Kalau saya ingin bisa umroh sekeluarga dan naik haji dg suami. Semoga suatu saat jg bs terwujud. Acara serupa ini udah digelar di Surabaya loh... Alhamdulillah saya bs datang

      Hapus
  3. acara kemarin bermanfaat banget ya mba, bikin saya makin melek lagi mengatur keuangan :D bertekad sih tahun depan harus dibenahin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju sama yang dibilang Mas Dipa Arisan bukan investasi :D sudah setahun ini saya menghindari arisan karena menurut saya malah bikin pengeluaran tambah banyak dihitung-hitung :D

      Hapus
  4. awalnya saya ga tau takdis itu siapa tapi dari acara ini saya langsung takjub, asetnya banyak ya untuk ukuran usia segitu :) luar biasa banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu denger financial goals teteh aku langsung terharu donk :) semoga tercapai ya teh

      Hapus
  5. Hahaha Uchiet emang asik memandu acara, ya. Selain Dipanya juga enak menjelaskan ini itu dan membuka cakrawalaku soal pentingnya nahan diri biar ga jajan banyak :D

    BalasHapus
  6. Semoga financial goals Teh Dy, bisa segera terwujud ya...
    Agar ADHD yang tidak mampu bisa terbantukan dengan didirikannya klinik terapi gratis.

    BalasHapus
  7. Quote pertamanya langsung makjleb banget rasanya teh Dy, apalagi di jaman digital gini ya haha, miris deh ahh. Btw semoga financial goals teh Dy tercapai aamiin, sampe terharu financial goals nya keren banget.

    BalasHapus
  8. Udah investasi sih, tapi ga banyak. Kesedot buat asuransi uangnya. Dipikir2, investasi ga bisa dikit yg 50-100ribu jumlahnyq, ga kerasa hahaha

    BalasHapus
  9. Setuju banget teh, acara ini bahas keuangan tapi nggak ngebosenin, bener-bener fun dan yang pasti bikin semangat buat memperbaiki pengelolaan keuangan. Oh ya, semoga financial goalsnya teteh segera terwujud ya, aamiin

    BalasHapus
  10. Bener kata kak Dipa, financial goals itu ya dicatat bukan cuma dibayangin aja ya. Hahaha. Pulang dari sini aku mulai bikin perencanaan keuangan sama suami.

    BalasHapus
  11. Keren Ibu Paus punya financial Goalsnya semoga bisa tercapai yah, aku sih ditanya dinancial goals langsung bingun krn buanyak

    BalasHapus
  12. Kak, aku terkagum-kagum denger financial goalnya kemarin punya klinik untuk ABK. Semoga terwujud ya. Aku pun tobat nih dari punya prinsip YOLO :)))

    BalasHapus
  13. karena harga diri kali yaa, beli barang buat impress orang yang gak kita suka

    BalasHapus
  14. Quotes pertamanya jleb banget. Memang bener, banyak kejadian orang membeli sesuatu atau mengeluarkan uang hanya untuk membuat orang lain terkesan. Padahal mah enggak perlu pengeluaran itu teh.

    BalasHapus
  15. Teteh, semoga tercapai financial goalsnya. Dukung banget. Tersentuh denger impiannya. 😍

    BalasHapus
  16. ini acaranya seru ya teh, aplaagi kalo udah ngomongin keuangan nih, plang dari acara sana aku jadi pengen ikutan investasi reksadana juga ternyata ada yg terjangkau hehe

    BalasHapus
  17. Acaranya ini sangat seru dan bermanfaat ya soalnya kita jadi bisa belajar financial jadi lebih fun dan asik kayak gini

    BalasHapus
  18. Seru bgt ya mbak ini acaranyaaa. Akujuga jd sadar kl invest itu perlu bnget jgn sampe lupa dan ada kata terlambat yaaaa .

    BalasHapus
  19. Mudah - mudahan financial goals teh Dydie tercapai yaa, aamiin. Ikutan acara keuangan gini suka merasa tertampar saya mah, soalnya suka banyak bocor haha

    BalasHapus
  20. Bener sih. Jgn partnership sama temen apalagi sodara. Kalo amit2 kenap2 efeknya bisa ke hubungan.

    BalasHapus
  21. Jadi kak, aku ini lagi order cash book. Biar bisa catat keluar masuk keuanganku. Sumpah datang ke acara ini bikin aku sadar untuk selalu mencatat cashflow.

    BalasHapus
  22. Aku suka banget lihat event yang ngebahas tentang finansial ini, selain nambah ilmu efeknya di hidup itu kerasa banget saat kita bisa manage keuangan kita dan berinvestasi

    BalasHapus
  23. Setelah dateng ke acara ini aku auto bikin resolusi 2020 dan pas kalo mau jajan bobba jadi mikir-mikir lagi mending di tabungin aja daripada jajan terus hehe

    BalasHapus
  24. Noted soal asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Penting banget yaa apalagi kalau hanya 1 orang yang produktif menghasilkan di sebuah keluarga.

    BalasHapus
  25. PR nya suka bocor2 gitu mba, jadi ada aja uanh tabungan yang kepake utk kebutuhan mendadak. Tapi insyaallah tahun ini lebih disiplin.

    BalasHapus
  26. Duh, aku sering banget melakukan yang latte factor tadi mba. Nggak berasa emang, dikit dikiiitt... tapi teruuus aja tiap hari. Tau tau rekening udah bobol sekian banyak. Hiks hiks... mau nyesel udah terlanjur kan yaaa... Kudu bikin perencanaan keuangan yang lebih mateng lagi nih habis ini.

    BalasHapus
  27. Seru banget ini acaranya bahas tentang financial. Sayang banget kemarin aku gak ikutan. Padahal lagi pengen belajar ngatur keuangan yang bener.

    BalasHapus
  28. Seru banget nih bahasannya tentang financial gini. Aku pengen banget belajar cara ngatur keuangan dengan benar. Sayang kemarin gak ikutan padahal acaranya seru!

    BalasHapus
  29. Emang penting banget ya punya dana darurat. Kita ga tau apa yang akan terjadi. Kalau udah ada dana darurat kan kita bisa lebih siap.

    BalasHapus
  30. Huhu... jadi kasuat-suat deh. Keingetan sama bocornya keuangan gara2 latte factor. Abis ikut acara ini, semoga bisa tobaaaat..

    BalasHapus
  31. Iya aku jg ngrasa arisan bukan investasi tapi lbh ke nabung biasa gtu yaaa. Lebih suka kyk investasi seperti reksadana, emas dll gtu.
    Kalau bisa malah pengennya investasi properti, moga dimudahkan hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya. Saya akan senang membaca komentarmu. Mohon tidak meninggalkan link hidup ya. :)