Menginap Semalam di Cahaya Villa Cipanas Garut



"Dunia ini adalah sebuah buku, 

dan bagi yang tak berpetualang, 

maka dia hanya membaca satu halaman saja."



Yeah, right! Nempelin kutipan di atas seakan-akan saya sudah mengarungi separuh dunia ini, hahaha 😂. 

Oh, halo semua. Apa kabar? Semoga liburannya menyenangkan ya, semoga perjalanannya lancar jaya 💕.

Liburan Lebaran tempo hari, saya dan keluarga sempat "melarikan" diri ke Cipanas, Garut demi menikmati suasana yang berbeda. Memang sudah lama sih kami nggak main dan menginap di Garut. Sudah terbayang rasanya berendam di kolam air hangat di Cipanas dan mendapatkan penginapan murah yang nyaman di Garut.

Tapi karena anak-anak inginnya main ke pantai, jadi diputuskan mampir dulu ke pantai Santolo, baru kemudian meluncur ke Garut dan menginap semalam di sana. 

Sebetulnya saya bukan tipe orang yang suka berpergian di waktu peak season begini ketika tempat wisata banyak dikunjungi. Alasannya apalagi kalau kenyamanan. Pasti nggak nyaman ketika tempat wisata penuh, ngantri ini itu dan biasanya kebersihan tempatnya kurang terjamin. 

Dan itulah yang kami alami ketika mengunjungi Pantai Santolo tempo hari 😂😂. Orang dan sampah di mana-mana! Pantainya penuh dengan timbunan sampah plastik. Menyedihkan banget. 



Dan setelah anak-anak puas bermain di pantai, kami segera meluncur ke Cipanas, Garut mencari penginapan yang nyaman agar bisa segera beristirahat. Alhamdulillah kakak ipar nggak salah memilih hotel. Kami ditempatkan di Cahaya Villa, hotel yang termasuk baru di wilayah Cipanas, Garut. Hotel ini menyediakan bak berendam air hangat di dalam kamar, loh. Sepertinya ini yang paling dicari wisatawan yang mencari peginapan di Cipanas, Garut.





Sudah malam keika kami sampai di sana tapi anak-anak langsung semangat berenang lagi di kolam renang hotel yang memang ramah anak dengan air hangat. Padahal di kamar mandi hotel, sudah disediakan bak mandi berukuran besar untuk berendam. 


ROOM

Pertama masuk ke dalam kamar (kami memesan tipe kamar double yang ternyata lokasinya di luar gedung alias bungalow gitu), kami langsung merasa nyaman. Ruangannya bersih, rapi dan interiornya langsung membuat kami betah. 

Begitu masuk, ada ruang tamu mini dengan satu sofa dan meja. Oh ya, satu kamar ini masing-masing ada tempat untuk parkir mobil tepat di samping kamar. Sebelum masuk, ada teras mini yang lansdung mengarah ke kolam dengan ikan koi merah yang agresig banget kalau kita mendekat, dikira dikasih makan. Wkwkwk. Sayang saya lupa memotretnya, nih. 




Seperti kebanyakan hotel lainnya, di dalam disediakan teko listrik, air mineral, teh dan kopi insan dan pernak pernik lainnya. Cukup lengkap, kok.




Disediakan TV juga juga yang menempel di dinding dengan ukuran yang tepat dan langsung menghadap ke kasur. TV ini terhubung ke jaringan TV kabel yang membuat Al bersorak kegirangan karena bisa nonton Disney Channel 😂.





Tempat tidurnya berukuran besar dengan empat bantal besar yang juga empuk dan nyaman. Selimutnya tebal dan bersih. Ini sudah menarik saya untuk segera merebahkan diri begitu sampai di kamar, hihihi. Altaz juga langsung ndlosor di kasur dengan adegan loncat-loncatan segala. Wkwkwk.





BATHROOM


Nah, kamar mandinya sendiri ukurannya tiga (atau empat ya? hmm...) kali kamar mandi saya di rumah, hahaha. Besaaar! Ada WC (off course), shower, wastafel dan ini yang menarik, bak berendam berukuran besar! 

Ini memang sudah jadi daya tarik beberapa penginapan di Garut sejak lama, sih. Tapi biasanya bak berendamnya sederhana dan (maaf) agak kotor dengan ukuran standar. Nah, di Cahaya Villa, katakan selamat tinggal pada itu semua. Wkwkwk.





Lihat saja sendiri ukurannya. Muat untuk lima anak kecil atau tiga (bahkan empat!) orang dewasa. Tentu saja bisa diisi dengan air hangat yang nikmaaat banget menghalau punggung pegal akibat terlalu lelah selama di perjalanan. 


BREAKFAST


Setiap kamar mendapat makan pagi untuk dua orang. Sarapannya nih ada di lantai tiga di dalam gedung dan prasmanan. Karena lokasinya di lantai tiga, jadi kita bisa sarapan sambil melihat pemandangan gunung Guntur.






Sarapannya sih standar hotel bintang empat atau lima gitu. Banyak jenis sarapan yang bisa dipilih. Omlet, sosis, kentang goreng, spagheti (bener kan ya standar? hihihi) sampai menu Sunda seperti bubur ayam atau nasi kuning. 

Rasanya sih biasa saja (sorry to say) dan bikin saya nggak berselera, hehehe. Lumayan sih untuk mengganjal perut lapar sebelum nyebur ke kolam berenang. Tapi terbayar sih sama servis yang lain seperti kamar, view, kebersihan dan area kolam renang. 


SWIMMING POOL


Nah ini, nih, yang bikin Altaz semangat banget nginep di sini dan hampir merengek nggak mau pulang. Wkwkwk. 

Iya, salah satu kelebihan Cahaya Villa adalah punya kolam renang sendiri yang bersih dan punya water boom kecil yang lumayan banget memuaskan anak-anak. Nggak perlu merasa seperti cendol di tempat kolam renang umum gitu, deh. Lol.. 

Ada dua kolam berenang, satu untuk dewasa dan satu lagi untuk anak-anak dengan mini waterboom. Airnya hangat dan enak untuk berenang (bukan air yang panas sehingga cuma bisa berendam saja). 




Di sini ada stall yang jual gorengan yang baru digoreng ketika kita pesan. Enak banget gorengannya, loh. Juga menjual teh dan kopi juga. Paling enak kan abis berenang makan gorengan sambil minum teh hangat. Serasa semua persoalan hidup menghilang, wkwkwk.

Suasana kolamnya juga asik karena terbuka dan ada tempat semacam lesehan gitu yang bisa digunakan untuk menunggu. Kamar ganti dan toiletnya juga bersih, kok, jadi tenang saja. Kolam renang ini jaraknya nggak begitu jauh dari kamar double yang tadi kami pesan. Tinggal jalan dua menitan.




LOKASI


Lokasinya tuh dekat dengan pemandian Sabda Alam Cipanas yang sudah terkenal itu. Satu jalur malah, tapi perbedaan kebersihannya agak berbeda. Hehehe.


Jl. Cipanas Baru, Cimanganten, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151.

Telepon: 0262) 2800168




HARGA

- BUNGALOW (DOUBLE) Rp.950.000,- (weekdays)

- SINGLE Rp.550.000,- (weekdays)




Apakah akan comeback lagi suatu hari nanti? PASTI! 💓

Jujur saja, saya suka banget sama suasana dan kenyamanan hotel ini. Insya Allah berencana menginap lagi di sini, agar Al puas berenang. 





Jadi kalau ada Buk Ibuk yang sedang merencanakan liburan pendek ke Garut dan mencari penginapan murah yang nyaman atau penginapan di Cisarua dengan kolam renang, Cahaya Villa ini saya rekomendasikan. Jangan lupa bangun pagi dan ke luar menimati pemandangan khas Sunda, yaitu pegunungan lengkap dengan kabut dan embun aginya. Love!

Sampai ketemu di liburan berikutnya ya.



Salam,


Dyah Prameswarie

13 komentar:

  1. Noted! Jadi ingin rendeman ke Garut. Terakhir ke sana jaman masih muda dulu. Hahaha kangen juga. Ciri khas banget emang nih bak kamar mandi penginapan di Garut besar-besar, inget dulu rendeman bareng-bareng sama temen-temenku wkwkwk

    BalasHapus
  2. Cipanas deket dari rumah mertua, makanya nih kalau ke Garut mau nginep di hotel or villa gini teh suka ga enak sama mertua soalnya ke cipanas deket banget heheh, apa next ku ajakin mertua nginep sini juga yah

    BalasHapus
  3. Aku naksir bathtubnyaaah.. deket juga lokasinya ya, harganya juga cocok.. pas buat gateaway

    BalasHapus
  4. Udah lama nih enggak main ke cipanas garut... Asyik ya, tempatnya bentuk bungalow gitu, pengen coba deh...

    BalasHapus
  5. Oh yaa...?
    Harganya ramah banget di kantong.
    Dengan fasilitas yang mashaAllah...itu kamar mandi, bathtub nya aseli bikin pengin nyemplung.
    Hehehee...air anget bakalan bikin betah berlama-lama mbolot ((uuupps~))

    BalasHapus
  6. Waah bisa rekomendasi nih Cahaya Villa Garut fasilitasnya bagus 😀

    BalasHapus
  7. Wuih, bagus ya tempatnya. Adem dan nyaman banget kayaknya. Mana kolam renangnya asyik. Bath tube-nya juga gede. Bisa jadi referensi nih buat nginep kalo ke daerah Cipanas Garut. Deket Sabda Alam ya?

    BalasHapus
  8. kAbitaaa....., jadi pingin kesana, berendam di air hangat ^^

    BalasHapus
  9. Wuiiih banyak bonusnya nih 😄 jadi pengen berendam ato renang juga nih. Cucok nih tempatnya

    BalasHapus
  10. Udah lama pengen main ke Cipanas Garut, tapi berakhir wacana. Asik banget suasana hotelnya, harus dicoba, nih.

    BalasHapus
  11. Harga bungalaunya oke ya, Teh. Buat keluarga mah pas. Itu kolam di kamar meni bikin ngiler ya

    BalasHapus
  12. Ih asyik banget teh ada tempat berendam di dalam kamar. Mana gede banget itu. Kolamnya juga bikin ngiler, bersih pisan sesuai sama harganya. Aku senyam senyum sendiri sama angguk-angguk setuju di bagian habis berenang makan gorengan sama teh anget itu berasa segala persoalam hidup lenyap ehehe

    BalasHapus
  13. Fiturnya bagus dan nyaman juga tempatnya ya. Harga mendekati 1 juta kayaknya masih worth it

    -Fajarwalker.com

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca blog saya. Saya akan senang membaca komentarmu. Mohon tidak meninggalkan link hidup ya. :)

Recent

recentposts

Random

randomposts