Colour to Life: Cara Mudah Mengasah Kreatifitas Anak




Halo,
Selamat siang yang malas dari Cimahi, hihihi. Menjelang akhir pekan begini, inginnya leyeh-leyeh, ya kan, ya kan?

Sembari leyeh-leyeh, saya juga menemani Altaz yang belum juga bosan bermain Colour To Life dari Faber Castell. Setelah sebelumnya selalu bermain Safe Flight, kali ini Al lebih senang bermain Giddy Up. 


Omong-omong, sudah tahu kan tentang Colour To Life dari Faberr Castell ini? Sebetulnya saya sudah pernah mengulas di blog ini -Bersenang-senang dengan Colour To Life- tapi saya akan ulas lagi, deh. 


Blogger Gathering dengan Faber -Castell

Selasa, 19 Februari 2019 yang lalu, saya dan beberapa teman blogger diajak Faber-Castell untuk makan siang bareng, sekalian mencoba Colour To Life. Acara yang berlangsung di Resto Dapur Pandan Wangi ini juga sekaligus mengenal sejarah Faber-Castell dari sejak awal didirikan hingga kini. 

Hadir dalam acara ini adalah tim kreatif Faber-Castell, Try Purnama Syukur, yang mengajak semua peserta untuk bersama-sama mencoba Colour To Life. Mas Try menunjukkan bagaimana cara mewarnai Colour To Life yang benar. 





Jadi, caranya bukan dengan disapukan (digeser) tapi bidang (gambar) yang kosong diisi sampai penuh dengan berbagai teknik mewarnai, yakni patterning, pointilism, contouring, squiggling dan shading. Ini membantu agar kertas tidak mudah sobek.

Selain mas Try, ada juga Pak Budi Wardoyo (sales spv area Jawa Barat), Andri Kurniawan (PR Manager) dan Abdur Rosyid (Promotion Coordinator area Jawa Barat) yang menyemarakan acara.





Tentang Colour To Life

Jadi nih, Colour To Life adalah produk terbaru dari Faber-Castell berupa buku mewarnai yang dilengkapi dengan connector pen-nya Faber-Castell yang sudah tersohor itu. Bukan sekadar buku mewarnai biasa, tapi Colour To Life juga bisa digunakan sebagai Augmented Reality Games (ARG). 

ARG ini adalah permainan seru yang menggabungkan benda maya dua atau tiga dimensi ke dalam dunia nyata. Benda atau tokoh dalam setiap buku Colour To Life ini kemudian diproyeksikan dalam waktu yang nyata pula. 




Caranya adalah dengan mengunduh apilikasi Colour To Life di Google Play. Di aplikasi tersebut, gambar (atau tokoh dalam setiap permainan) yang sudah kita warnai bisa dipindai atau di-scan lantas muncul dalam format 3D. Tokoh di dalam setiap permainan ini seolah hidup dan bisa berinteraksi dengan kita. Bisa diajak selfie, diperbesar dan diperkecil. Kita juga bisa memainkan lima jenis permainan yang ada di aplikasi ini. 




Menurut saya, Colour To Life ini sesuai banget sama dunia digital sekarang ini. Anak-anak yang (mau tak mau)  sudah bersentuhan dengan dunia digital bisa diajak rileks mengasah motorik kasar dan memperpanjang rentang konsentrasi mereka dengan cara yang seru dan mengasikkan. Sesudah itu barulah mereka bisa bermain dengan gawai mereka. 

Meski begitu, saya menyarankan agar orang tua mendampingi anak-anaknya ketika bermain Colour To Life. Secara konten memang aman, kok. Hanya saja ikatan dan keseruan dengan anak bisa terjalin jika bermain bersama. Sebaiknya juga tetap membatasi waktu anak-anak bermain dengan gawai.

Isinya Termasuk Apa Saja?

Paket Colour To Life ini termasuk 1 coloring book dengan 15 halaman yang sudah bergambar, 20 connector pen dan panduan teknik mewarnai. 

Belinya Di Mana?


Colour To Life ini bisa didapatkan di Gramedia, Tokopedia ataupun Shopee.

Harganya Berapa?

Harganya bervariasi, sih. Tergantung belinya di mana. Tapi rata-rata dibrandol dengan harga Rp 80.000,- sampai Rp 100.000,-

#Art4All, Seni Untuk Semua Usia

Banyak yang masih nggak tahu kalau Faber-Castell punya program seru untuk membanttu mendorong gengerasi kreatif di Indonesia. Salah satunya dengan program #Art4All. Banyak sekali kegiatan yang diadakan di berbagai kota besar di Indonesia. 

Misalnya seperti Family Art Competition yakni kegiatan di mana anak-anak dapat membuat craft bersa,a keluarga. Kegiatan ini bertujuan unuk mendorong adanya "time well spent" yang biasanya terabaikan dengan banyaknya aktivitas harian dan penggunaan gawai. 


Credit: Fanpage Faber-Castell (facebook)


Nah, beberapa tahun yang lalu saya juga sempat dua kali mengikuti lomba cerpen yang diadakan Faber-Castell. Saat itu peserta diharuskan menulis cerpen memakai produk Faber-Castell di atas kertas yang bisa diunduh di web mereka. Hasilnya lalu di-scan dan dikirimkan ke panitia. hasil karya pemenang kemudian diterbitkan.

Jadi rupanya Faber-Castell tidak main-main soal mengasah kreativitas dengan produk-produk keren untuk segala usia. Ada untuk pre-school hingga manula. 

Sekarang saatnya kamu mengasah kerativitas dengan tools dari Faber-Castell yang dengan mudah bisa diperoleh di toko alat tulis dekat rumah, Gramedia atau bahkan online shop. Selamat berkarya!

Salam,

Dyah Prameswarie





10 komentar:

  1. Wah lengkap nih ya udah sepaket buku dan connector pen. Aku ada toko online langganan buat beli Faber-Castell di shopee lumayan miring harganya. Beli ah...

    BalasHapus
  2. kalau lagi ada event faber castel ini terasa ingin ikutan demi harapan untuk mencari bakat seni yang mungkin saja terpendam dalam diri ini... *kemudian merenung
    hehehe

    BalasHapus
  3. Menarik nih bisa bermain sambil berkarya bareng anak-anak. Coba unduh ah aplikasinya.

    BalasHapus
  4. Aku pun punya faber castell colour to life ini, seru ya teh teknik mewarnai pakai connector pen itu.. bagian paling takjub waktu scan gambarnya jadi 3D hidup. Andai bisa mewarnai Song Jong Ki terus aku scan dan jadi hidup.. ckckck

    BalasHapus
  5. Buat saya, pinsil/spidol warna dan buku gambarnya adalah kunci. Pegangan kalo bepergian sama anak. Pake Faber-Castell pastinya :)

    BalasHapus
  6. Aku baru ngeh loh, ternyata mewarnai bisa dengan arsiran atau bulet2 atau yg lainnya dan ga cuma dengan cara biasa, hihi... Malah lebih keren ya jadinya, gara2 faber castle nih

    BalasHapus
  7. Seru ih ikutan workshop kayak gini. Aku aja yg udah bukan anak2 LG kepengen, hehe... Selama ini kalo ngewarnai ya gitu aja, digeser2 gak pake teknik2 tertentu.

    BalasHapus
  8. Aku ketagihan mewarnai trus konek ke aplikasi dan mainin gamenya. Hehehehe

    BalasHapus
  9. mewarnai pake CTL ini beneran seru pisan ya Teh, apalagi udh dikasih tau tekniknya. Jadi keasyikan deh ehehe

    BalasHapus
  10. Ada aplikasinya juga ya? Anak-anak makin semangat mewarnai nih.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca blog saya. Saya akan senang membaca komentarmu. Mohon tidak meninggalkan link hidup ya. :)

Recent

recentposts

Random

randomposts