KEBelajar bersama ProPS: Memaksimalkan Pendapatan Iklan di Blog



 You have to learn the rules of the game. 
And then you have to play better than anyone else.
- Albert Einstein


Haloo,

Kali ini saya mau berbagi tentang kegiatan dari komunitas blogger yang sudah lama jadi tempat saya bersemanyam. Halah. Maksudnya komunitas tempat saya menimba banyak ilmu bermanfaat, mengembangkan karir sebagai blogger dan mendapatkan banyak teman baru yang asik. 


Namanya, Kumpulan Emak Blogger atau yang lebih disingkat menjadi KEB.

Nah, awal Februari lalu (9 Februari 2019) KEB (AKHIRNYA!) mengadakan acara di Bandung, tepatnya di kafe Ngopi Doeloe Jln. Purnawarman, Bandung. Acara yang bertajuk #KEBelajar ini menggaet Props sebagai partner, yaitu sebuah perusahaan yang bergerak di bidang konsultan monetizing web. Props juga merupakan Google Channel Partner. 




Acara yang dibuka oleh salah satu founder KEB yaitu Mira Sahid ini berlangsung seru dan bertabur wawasan baru. Apalagi buat saya, blogger newbie yang dudul bener soal monetizing blog 🙈. Meski materinya agak berat, tapi Raja Lubis selaku MC bisa membuat suasana jadi segar. 

What Is Your Branding?

Iya, saya tahu. Pertanyaan ini menohok banget buar para peserta (termasuk saya) yang terkadang kurang aware dengan "pencitraan" di media sosial. Masih banyak influencer dan blogger yang menomor satukan pamer ketimbang konten yang menarik dan menjual. Dan Mak Pon Mira Sahid yang jauh-jauh datang dari Jakarta, mengingatkan kami semua tentang hal ini. 

Bahwa, sebagai influencer dan blogger penting untuk membuat konten (baik foto dan caption) yang tidak saja menarik, tapi menjual. Menjual dalam artian banyak like dan komentar yang datang, sehingga bisa menarik brand untuk memakai jasa kita sebagai influencer atau blogger. 




Beberapa hal yang ditekankan Mak Pon Mira Sahid soal branding di media sosial adalah mulai memerhatikan minat follower dan konten. Kira-kira di range usia berapa sih follower setia kita yang menyukai dan memberi komentar di foto kita? Atau, konten apa yang paling mereka sukai. Hal-hal semacam ini bisa diperhatikan lewat foto dan caption yang kita unggah.

Tema ini sebetulnya sangat menarik untuk dibahas. Sayangnya, Mak Mira yang baru saja mendarat di Bandung sudah harus pergi lagi ke acara lain. Saran nih buat KEB, mohon diadakan lagi kelas KEBelajar dengan tema ini. Menarik bangeeet 💕.

Bagaimana Memaksimalkan Pendapatan Iklan


Nah, setelah Mak Mira beranjak, acara inti terus berjalan. Kali ini yang menyampaikan materi adalah mbak Ilona Juwita, CEO ProPS, Google Channel Partner sendiri. 

Mbak Ilona tampil sederhana namun enak dilihat. Apalagi materi yang disampaikan juga dibawakan cukup asik dan ringan. Ruangan yang sedikit panas, jadi lumayan segar ketika menyimak mbak Ilona bicara di depan.







Kali ini mbak Ilona menyampaikan bagaimana cara memaksimalkan pendapatan iklan. Sebagai blogger, biasanya beberapa blog memang di-monetize agar mendapatkan pemasukan dari iklan yang dipasang pihak lain di blog kita. Nah, untuk urusan iklan begini, bukan sekadar asal pasang tapi kita harus mendaftarkan blog kita ke Google AdSense.

Mbak Ilona bilang bahwa pendaftaran Google AdSense ini sering jadi kendala tersendiri buat blogger. Misalnya, pendaftaran yang ditolak, konfirmasi via pos yang dikirim ke alamat biasanya sering terlambat atau malah menghilang. Juga termasuk pendapatan iklan yang minim sehingga tidak bisa dicairkan karena kebijakan Google sendiri. 


Nah, di sinilah ProPS hadir sebagai  partner blogger (atau publisher) untuk mewujudkan impian mendulang pendapatan dari blog. ProPS juga membantu blogger dengan masalah-masalah di atas tadi. Selain itu ProPS juga akan membantu publisher untuk terhubung ke berbagai top perfoming ad work, implementasi dan optimalisasi.


Meski masih berusia 3 tahun, tapi ProPS sudah menjadi Google Channel Partner, loh. Artinya, secara resmi Google sudah memvalidasi ProPS sebagai badan usaha resmi. Beberapa publisher yang sudah menggunakan jasa ProPS adalah:

- Hipwee
- Female Daily
- Resep Koki




Selain menjelaskan tentang ProPS sendiri, mbak Ilona juga "menyentil" para peserta dengan data-data yang beliau paparkan. Misalnya tentang masalah utama terkait monetisasi blog. Menurut mbak Ilona, ada tiga hal yang biasanya menghambat sebuah blog mendapatkan pemasukan yang tinggi dari iklan. 

Ketiga hal tersebut adalah:

- Website Performance
- Layout Desain Website
- Optimalisasi Platform

Buat saya ini menarik sekali, karena rupanya saya harus bekerja keras untuk membenahi tampilan blog saya agar ke depan bisa mengoptimalisasi pendapatan dari blog. Tugas utama saya barangkali adalah menyediakan waktu dan dana, hihihi.

Nah, hal lain yang jadi perhatian saya selama menyimak materi dari mbak Ilona adalah tentang bagaimana mengoptimalkan platform monetisasi dan membuat konten yang bisa menjangkau global audience alias pembaca global. 

Mbak Ilona berpendapat bahwa mengoptimalkan platform monetisasi bisa dicapai dengan hal-hal berikut:

1. Pastikan sumber trafik hanya dan hanya dari sumber yang berkualitas.
2. Pastikan penempatan iklan berada di tempat yang memiliki keterlihatan dan potensi klik yang tinggi.
3. Pastikan setiap slot iklan menampilkan berbagai pilihan size.
4. Karena Google menampilkan berbagai pilihan iklan, mbak Ilona menyarankan untuk mempelajari dan mencoba keseluruhan potensi revenue.




Nah, soal pembaca global itu benar-benar tertanam di kepala saya. Menurut mbak Ilona, sebaiknya konten yang kita buat (unggah) bisa mencapai pembaca global di seluruh dunia yang juga berpengaruh ke pendapatan iklan blog. Alasan lain adalah agar blog kita dikenal oleh pembaca global. 

Hmm, menarik banget kan? Waktu yang disediakan sebetulnya cukup panjang. Hanya saja materi yang menarik membuatnya tampak singkat. Apalagi ketika Efi dan Raja mulai mengajak ebberapa peserta untuk maju ke depan. Ada games seru dan bagi-bagi amplop berisi uang cash untuk pemenang. 

Kalau teman-teman blogger ada yang tertarik dengan layanan ProPS ini, silakan kepoin mereka di Instagram dengan akun @props_indonesia atau ke website mereka di sini.

Mudah-mudahan KEBelajar ini rutin diadakan di Bandung, agar pengetahuan nge-blog saya juga semakin maju. Terima kasih untuk KEB dan ProPS, juga semua panitia atas terselenggaranya acara keren ini. 

Sampai ketemu di tulisan berikutnya.

Salam,

Dyah Prameswarie



Sumber Foto: Adrian Kusuma





1 komentar:

  1. Abis ini ku jadi pengen risetin perilaku (((perilaku))) follower sosmed dan pembaca blogku euy hahaha

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca blog saya. Saya akan senang membaca komentarmu. Mohon tidak meninggalkan link hidup ya. :)

Recent

recentposts

Random

randomposts