BPN Day #15: 10 Akun Instagram Favorit



"...karena sebenarnya harimu (tidak setiap hari, tapi mungkin dua kali dalam seminggu) akan kehilangan warnanya...tapi jangan khawatir...satu hari hanya berlangsung 24 jam..." - Putri Marino


Ini tema yang bikin kening berkeurt karena...saya hampir tidak benar-benar punya akun Instagram favorit, hehehe. Selalu berubah tergantung minat saya saat itu apa. Kalau sedang ingin memperdalam food photography, biasanya saya stalking akun-akun yang sering posting foto makanan lengkap dengan BTS-nya. 

Kalau lagi senang dengan bujo alias bullet journal, ya akun-akun bujoistlah yang saya kepoin. Ada yang saya follow, ada yang fotoya saya save. Tapi tidak lantas jadi idola. 😆

Tapi 10 akun Instagram ini yang selalu saya tengok (meski ada beberapa yang tidak saya follow) apa pun cuaca di hati saya (tsaah). Daftarnya acak, tidak berdasarkan yang paling saya favoritkan.

1. Islamic Montessori (@islamicmontessori_)

Jujur saja, akun ini selalu saya buka minimal sepekan sekali mengingat saya sedang menerapkan home schooling untuk Altaz. Ini tuh akun resmi dari Indonesia Islamic Montessori Community yang didirikan oleh Zahra Zahira. 



Kalau yang saya perhatikan nih, Islamic Montessori ini adalah penggabungan metode Montessori (pendidikan yang ramah anak banget dan berdasarkan teori perkembangan anak dari Dr. Maria Montessori) dengan konsep Islami. 

Dari akun ini saya belajar banyak tentang perkembangan anak usia dini dan aktivitas yang bisa dilakukan di ruma bersama Al. Ada pula beberapa ilmu parenting yang biasanya saya pilah mana yang sesuai dengan konsep pendidikan kami di rumah. 


2. Putri Marino (@putrimarino)

Saya 'mengenal' Putri Marino ketika pernikahannya dengan Chicco Jericho yang heboh beberapa waktu yang lalu. Sebelumnya saya tidak tahu bahwa di dunia ini punya artis benrama Putri Marino yang cantik, sederhana dan puitis. Saya bukan tipe orang yang peduli dengan artis sih, jadi ya ketinggalan banget.

Lantas, apakah saya mengikuti akun Instagramnya? 

Tidak 😅😅

Buat saya, mengikuti akun artis tuh kurang berfaedah, wkwkwk. Dia nggak bakal balik follow kita, tapi terkadang kita malah teracuni oleh gosip dan caption beliau yang sebetulnya nggak sesuai sama konsep diri kita. Jadi dalem gini yak, lol.



Omong-omong, saya mengagumi Putri karena kedalamnnya membuat caption. Sederhana tapi puitis. Hanya beberapa bait tapi punya makna yang dalam. Tidak banyak artis yang seperti Putri. Saya perhatikan Putri juga mengelola akun Instagram putrinya (Surinala) dan caption di sana juga tidak kalah puitisnya. 

Caption-caption Putri cukup membuat saya sadar bahwa saya harus kembali ke fiksi dan mulai menulis lagi! Hahaha. Dari sini jugalah saya menemukan diksi dan belajar memahami makna. 

3. Icen Guik (@icenguik)

Ini adalah akun yang setiap pekan selalu dibuka, selalu bikin waktu saya 'terbuang' tapi berfaedah, hahaha. Foto, video dan captionnya itu membuat passion saya yang ingin mendalami tentang roti selalu bangkit.



Dari akun ini saya jadi penasaran tentang kekalisan adonan roti dan selalu ingin masuk ke dapur untuk praktek. Menurut saya sih nggak banyak food blogger atau siapa pun dengan passion seperti kak Icen ini yang rajin posting di IG. Selama ini saya selalu stalking akun blogger luar negeri. Which is kadang terkendala bahasa (istilah perotian yang masih asing) dan bahan-bahan yang susah dicari di sini. 

Nah, kak Icen ini lumayan mengobati banget akan ilmu tentang roti, hihihi. Di sini siapa saja bisa belajar bikin roti dari mulai teknik dasar karena tutorial dan penjelasannya lengkap. 

4. Tasya Ceria Celalu (@tasyaceriacelalu)

Kalau saya lagi suntuk dan butuh yang segar-segar (lu kata es doger! 😅) saya selalu buka akun ini. Akun yang dikelola Yoga Arizona ini sukses bikin ngakak meski beberapa agak-agak jijay gitu saya lihatnya, hahaha.



Kalau akun serupa terlalu berlebihan, menurut saya Tasya ini lumayan natural dan nggak berlebihan. Hihihi. Beberapa waktu yang lalu Yoga membuat video a la kehidupan remaja SMA gitu, lengkap dengan drama a la ceweknya. Lumayan lucu, wkwkwk. 

Akun ini membuktikan meski lucu tapi konten yang ada digarap serius. Ini telrihat dari pemain pendukung, kualitas video dan pilihan lagunya. Halah, saya kok jadi serius gini bahasnya. Lol.

5. Tuti and Friends (@tutiandfriends)

Kisah Tuti dan teman-temannya yang ada di akun @tutiandfriends ini selalu berhasil bikin saya ngakak. Pokoknya kalau hidup sedang tidak pasti arahnya (lebay bener wkwkwk) atau kepala pening dan butuh sesuatu untuk menjaga kewarasan, Tuti ini bisa jadi penawar kegalauan. Hahaha. 

Meski sebetulnya, komik Tuti ini lebih sering update di FB sih. Dan bisa dengan mudah dibagikan karena isi FB saya postingan gabut semua, wkwkwk. 



Oh ya, saya nggak ngikutin dari awal kisah Tuti ini tapi yang saya tahu Tuti selama ini tinggal bersama sang nenek yang kadang gokil juga. Lalu ada Kunti, hantu kuntianak yang masih cilik dan takut hantu! Hahaha. 

6. The Shop Keepers (@the_shopkeepers)

Nah ini akun yang saya sukaaa banget karena mengingatkan akan impian saya tentang toko roti mungil beserta kedai kopi yang nyaman. Semoga suatu hari impian ini terkabul, ya Allah. Aamiin.

Omong-omong, The Shop Keepers ini berisi foto-foto keren dari toko-toko di seluruh dunia. Ada kedai kopi, toko roti, toko kain, atau toko bunga yang keren-keren penampilannya. Rata-rata toko di luar negeri sana hampir serupa ya. Nggak terlalu besar dengan konsep minimalis tapi tertata rapi dan cozy. 



Waktu menulis novel Djoeroe Masak, berkali-kali saya kepoin akun ini untuk dapat deksripsi yang jelas tentang kedai kopi dan toko roti Nona Doyan Makan. Tentang pemilihan mebel, tata letak sampai bagian depannya. 

I love this account so much!

7. Born and Bread Bakehouse (@bornandbreadfl)

Sama seperti akun @icenguik, akun ini juga bikin impian dan passion saya terhadap roti selalu bergejolak hihihi. Kalau kak Icen adalah akun pribadi, Born and Bread ini adalah toko kue yang ada di Florida, US sana. Jaauuh, hihihi.



Foto-fotonya selalu bikin saya penasaran bikin rotinya pakai teknik apa, rak yang selalu terisi penuh croissant selalu membuat saya bermimpi untuk punya 'kehidupan' dan rak yang sama. Foto pelanggannya yang berdesakan membuat saya ingin punya pelanngan roti yang sama, hihihi.

Pokoknya akun ini membuat saya selalu bersemangat menyisihkan sebagian uang untuk ikut kursus roti agar tahu segala hal tentang roti. 


8. Dapur Hangus (@dapurhangusdotcom)

Waelaseh ini akun!

Satu-satunya akun di daftar ini yang selalu bikin rekening jebol dan udahnya nangis. tapi besoknya balik lagi dikepoin, balik lagi pesan, balik lagi transfer, balik lagi nangis. Gitu aja terus nggak beres-beres, wkwkwk.



Dapur Hangus ini milik Ika Rahma, seorang fotografer makanan yang mengajari saya motret. Jadi akun ini memang khusus untuk jualan props foto yang jadi langganan banyak fotografer makanan yang keren-keren. 

Meski terkadang harganya agak lebih mahal, tapi ya nggak bikin kapok wkwkwk. Notifikasi untuk akun ini pun saya hidupkan seperti akun bornandbreadfl di atas. Meski kalau lagi nggak punya uang, ya saya lewatkan aja gitu dengan hati dongkol. Hahaha.

 
9. Allora (@allorasbujo)

Nah, kalau ini tuh salah satu akun yang suka saya pantengin kalau lagi rajin nge-bujo, hehehe. Inginnya nge-bujo ini setiap hari gitu, karena lumayan bikin tenang. Tapi yang terjadi adalah kegiatan menyenangkan ini harus mengalah pada kegiatan lain yang lebih penting dilakukan. 😞😞



Allora ini salah satu bujois yang bullet journalnya sederhana dan mudah diikuti, pun bikin terkagum-kagum. Yang lain juga banyak sih, dan saya harus memilih salah satu. Akhirnya saya pilih Allora. 

Kalau di Indonesia sendiri saya pilih @ewafebri karena blognya juga lengkap membahas tentang bujo, bahkan dari dasar sekali pun. Saya sering mampir ke blognya Ewa Febri. 

10. Tintin Rayner (@tintinrayner)

Wagelaseh yang ini mah! Hahaha. Idolanya ibu-ibu home cook se-Indonesia Raya, wkwkwk. 



Jadi Tintin Rayner ini adalah ibu home cook yang resepnya mantul. Saya sering banget re-cook resep kak Tintin karena mudah dan bervariasi. Kalau aku bilang nih, Tintin rayner adalah salah satu Instagrammer dari deretan IG ber-niche food yang paling berhasil tahun 2018 ini. 

Selain followernya yang berjibun, doski juga sudah menerbitkan buku resep dan sudah berulang kali cetak ulang. The power of follower ini memang keren banget yak, hihihi.

well, itu dia 10 akun Instagram yang rajin saya kepoin. Kesepuluh akun ini memang jadi inspirasi buat saya. Salut buat mereka.

Salam,

Dydie Kitchen Hero

5 komentar:

Armita mengatakan...

Aku cuma follow dapurhangus aja, yang lain baru tahu. Yang islamic homeschooling boleh deh nanti aku kepoin buat Akmal Azril

Sandra Hamidah mengatakan...

Wow saya juga dikit banget follow artes hehe btw bujo suka liat di hastag tapi masi belum ngerti dan gakan sempet deh akyu bikinnya hhe

Putu Ayu Winayasari mengatakan...

Inspiring... sik, tak follow jugak deh, hihi

yaasinta mengatakan...

Aku follow juga Putri Marino teh Dy, seneng bacanya.
Follow juga dapurhangus, ga kuat lama - lama mantengin pengen borong

Gitawatty mengatakan...

Abis baca ini langsung follow islamic montesori. Thanks banget ya, Teh.

Recent

recentposts

Random

randomposts