Tips Shiny Crust Brownie feat. Mixer TURBO

"Anyone who tries to make brownies without butter should be arrested." — Ina Garten


Real Girl Loves Butter So Much

Lol. 

Pagi yang ceria karena saya menemukan kutipan dari Ina Garten di atas. Doi bilang, "Siapapun yang membuat brownies tanpa mentega harusnyay dipenjara." 

Saya ngakak karena kutipannya bener banget that real girl loves butter so much. Kalau nggak suka butter berarti termasuk ke dalam golongan Lucinta Luna. Eh, gimana? *just joking 😅

Ini karena butter adalah lemak yang dihasilkan dari susu sapi murni, makanya harga butter bisa sangat mahal. Sedangkan margarin terbuat dari lemak nabati yang dibekukan dan diberi pengelmusi (alias mentega jadi-jadian). Dan kita tahu bahwa LL adalah... *nggak usah disinggung lagi ya? case closed, hihihi

Tips Menghasilkan Shiny Crust

Oh ya, omong-omong soal brownie (yang jadi favorit kedua di rumah setelah banana cake), saya sering nih dicurhati oleh teman-teman yang selalu gagal mendapatkan shiny crust alias laisan tipis nan berkilau di atas permukaan brownie.

Untuk dicatat, saya menggunakan otang alias oven tangkring tanpa thermomter karena rusak. Lol. Jadi buat teman-teman yang menggunakan oven gas, sebetulnya sudah punya kelebihan ekstra loh dibanding dengan kami yang masih memakai oven tangkring :)




Konon, suhu oven yang panas atau tinggi bisa membuat shiny crust pada brownie keluar. Bener nggak sih? *malah balik nanya, lol 😅

Saya akan memberikan tips sesuai pengalaman saya ya. Jika nanti teman-teman menemukan tips lain, silakan dicoba. Siapa tahu memang berhasil. 

Jadi nih, menurut pengarang buku Bake Wise, Shirley Corriher, shiny-crackly crust yang sering dijumpai pada brownie muncul ketika... 

*drum roll please*

... lama atau tidaknya sewaktu telur dikocok ke dalam adonan mentega dan gula. 

Nah, sudah terjawab sudah ya bahwa untuk menghasilkan lapisan berkilau nan tipis pada brownie tidak semata tergantung pada suhu oven. Tapi juga beberapa hal di bawah ini:

- Lama pengocokkan telur dan gula. Semakin lama dikocok, gula akan larut dan akan mendapatkan shiny crust yang dramatis. Namun, jangan sampai over mixed.

- Gunakan gula pasir, bukan gula halus. Gula pasir yang larut akan menimbulkan shiny crust.
- Panaskan oven 10 - 15 menit sebelum brownies dipanggang. Jika menggunakan otang seperti saya, gunakan api sedang cenderung kecil namun konsisten. Jika otang di rumah memiliki lubang di atas, tutup lubang agar panas di dalam oven terjaga.
- Panggang brownie sesuai intruksi di resep. Keluarkan brownies ketika atasnya sudah set. Jangan
memanggang brownie terlalu lama karean brownies akan set dengan sendirinya di luar oven ketika sudah dikeluarkan dari oven. 



Ulasan Mikser TURBO

Nah, kebetulan minggu lalu saya sedang mencoba mikser baru keluaran dari TURBO. Dengar namanya saja sudah bergetar hati ini ingin baking, hihihi. Maksudnya ingin menjajal kemampuan mikser baru ini. Secepat apakah sih mengaduk adonan hingga menjadi adonan yang kental dan putih? 

Harusnya sih dicoba untuk adonan marmer cake atau zebra cake sih ya, tapi karena sedang menjawab pertanyaan tentang brownie tadi, akhirnya saya coba untuk membuat brownie. Saya penasaran, berapa waktu yang dibutuhkan TURBO untuk mengocok telur dan gula hingga adonan kental berjejak. 



Dilengkapi 5 tombol kecepatan dan 1 tombol boost


Mikser TURBO ini mempunyai daya 300 Watt yang membuat adonan kue lebih cepat mengembang dan menghemat listrik. Saya kan jadi makin penasaran 😋. Tapi motornya kuat, kok, jadi nggak cepat panas karena terbuat dari 100% tembaga. Untuk tingkat kecepatannya sendiri, ada 5 tombol kecepatan dan 1 tombol boost. Dan biar lebih afdol, saya bandingkan dengan mikser lama saya, nih. Untuk tahu lebih jelasnya, silakan ditonton di video berikut ini ya.




Nah, setelah percobaan tadi, ternyata adonan memang lebih cepat mengembang. Adonan brownies saya jadi cepat mengental dan mengmbang, sheingga shiny crust mudah didapat. Ssedangkan yang menggunakan mikser lama, gulanya masih mengendap dan akhirnya brownies saya gagal keluar shiny crust-nya (seperti yang ada di foto di bawah). Love banget deh pokoknya. Jadi nggak perlu terlalu lama juga di dapur. Lain kali beneran nih mau coba marmer cake resep pak Sahak dengan metode all in one.


Dua brownie di atas ini adonannya dikocok menggunakan mikser lama. Dan hasilnya kurang memuaskan.


Oh ya, mikser TURBO ini dilengkapi dengan dudukan, mangkuk 3.5 liter dan aksesoris pengaduk adonan (spiral, butter eazy dan spatula). 

Aksesories Mixer TURBO


Dan jangan khawatir soal materialnya ya, karena sudah dijamin FOOD GRADE alias bahan plastik dan stainlessnya dalam kadar aman ketika bersentuhan dengan bahan makanan. Pilihan warnanya juga keren nih, ada ungu, hijau dan merah. Kalau kalian ingin yang hand mixer, waktu itu kulihat di toko pilihan warnanya ada yang merah saja. Merah membara, girls, biar lebih semangat di dapur. Hehehe.

Jadi begitu ya, tips agar brownie muncul shiny crust. Dan yang penasaran dengan mikser TURBO, silakan kepoin akun Instagramnya di ...


Salam, 

Dydie Kitchen Hero






-   

16 komentar:

Sandra Hamidah mengatakan...

Ya alloh gusti sebagai pecinta brownies garis keras rasanya ahhh pengen ngemil xantik sekarang juga, tfs teh mixer nya saya emang ngga punya mixer jadi pengen punya hihi

herva yulyanti mengatakan...

Ngakak heula baca pembukana bisaan ibu Paus nyambung ke LL jeung butter :D

Kalau baca resep ibu Paus bikin kue seperti menjentikkan jari tapi prakteknya huah seperti keritingin jari sedih :(

aku jadi pengen beli mixer turbo di toko Joeragan Ice cReam buat smoothies aku pake merk Turbo mantul banget makanya pengen beli juga mixer turbo nih

Vivera Siregar mengatakan...

Syantik warna miksernya, pingin punya baju warna gitu (gagal fokus) :D

Rani Yulianty mengatakan...

Duh teteh brownies-nya meuni pikabitaeun, kapan ya bisa bikin browies yang berkilau gitu, haha bikin brownies aja belum pernah udah ngimpi bisa bikin yang berkilau

Putu Ayu Winayasari mengatakan...

LL kui opo, aku kok ga tau yaa.. aku juga baru tau loh bedanya butter sm margarin. Jian kudet tenan iki, hiks.. btw, aku maulah remahannya aja, ga usah browniesnya. Aku wis manis jeh, nanti giung..

Gita sarrah mengatakan...

Kujadi pengen punya mixer juga. Pengen belajar bikin kue. warnanya unyu banget soale.merah membara ya teh dy😄

Nia Haryanto mengatakan...

Aduh, Dy, itu browniesnya kok geulis amat. Aku jadi pengen nyemil seloyang-loyangnya. Tambah teh anget jadi maknyooos!

Raisa Hakim mengatakan...

Uuh... So shiny and crusty pastinya ngebayangin nyuap itu brownie btw videonya cantik banget teh 😍 siap2 ngevlog juga nih kayaknya ibu paus 😍

Ida Tahmidah mengatakan...

Pengen punya deh mixer nya, peninggalan mertua sdh rusak belum pernah beli seumur umur. Lihat kemampuan mixer ini apalagi warna merahnya jadi mupeng deh :)

Armita Fibriyanti mengatakan...

Teh kenapa aku gak jadi tetanggamu aja sih. Biar gampang bolak-baliknya kalau Teteh lagi masak. Wkwkwk. Aku mau donk yg warna merah juga biar makin semangat di dapur

Larasatinesa mengatakan...

Waduh brownies kalo cetar tampilannya atasnya shiny ya.. ibuku kalo bikin nggak pernah semencrang itu, keknya harus ganti mikser juga 😁

Ima Rochmawati mengatakan...

Duh liat browniesnya jadi pengen hap, kunyah, glek.

Nathalia DP mengatakan...

Wah saya mah bikin brownies ga pakai mixer, soalnya ga punya hihi

eva sri rahayu mengatakan...

Kalau lebaran suka diminta Mama bikin kue. Ngocok pake tangan kadang sampe pegel banget. Jadi pengin hadiahin mixer Turbo ini buat Mama :)

Bibi Titi Teliti mengatakan...

Laaaah?
Ampuni diriku yang baru paham bedanya buter ama margarin hahahahaha

Sok atuh kirimin brownies-nya ke akoh!
*teu nyambung*

Bibi Titi Teliti mengatakan...

Tes komen,
Komenku barusan udah masuk belum yak?

Recent

recentposts

Random

randomposts