Rahasia Resep Nasi Ayam Hainan Bersama MITO Digital Rice Cooker




"A simple act of kindness the size of rice grain can weigh as heavy as a mountain." - Feroz Bham

Kebaikan sederhana sebesar sebutir nasi bisa sama beratnya dengan sebuah gunung.

Selamat pagi ^^

Hari Kamis di sini dan saya sedang mendapat 'jatah libur' karena hari ini Afif libur dari kegiatan ospek. Lumayan memberi suntikan semangat sih. Rasanya menenangkan bisa mengerjakan sesuatu yang kita cintai (menulis atau memasak/baking) dalam keheningan. Feel so relax... 😍😍

Omong-omong soal hari libur, pagi ini sebelum saya tenggelam dalam kenikmatan menulis dan membaca novel kuliner, DINNER, saya sudah menyiapkan sarapan istimewa untuk suami dan anak-anak. Apalagi kalau bukan NASI AYAM HAINAN



Sudah lama sekali saya tidak membuat ayam hainan untuk mereka. Kalau nasinya, jujur saja ini pertama kali saya membuat nasi hainan. Selama ini seringnya beli di resto, hihihi. Soalnya saya takut anak-anak dan suami kurang suka dengan aroma nasi hainan.

Padahal aromanya haruum banget. Perpaduan wangi daun pandan, serai yang digeprak bagian putihnya, minyak wijen yang beraroma nutty, dan bawang putih yang sudah ditumis. Dimakan dengan ayam hainan (ayam yang direbus) dan kuah bening yang kaya rasa...cocok untuk mengobati kekecewaan saya karena kasus "take down" tulisan kemarin. Hihihi.


Digital Rice Cooker 8 in 1

Omong-omong soal nasi ayam hainan, kali ini saya mau mencoba rice cooker baru merek MITO yang baru sampai di rumah beberapa hari yang lalu. Di kemasan/kardusnya disebutkan bahwa ini adalah DIGITAL RICE COOKER.

Wait. 
What?

Di zaman yang apa-apa (menuju) sudah digital ini, hidup harus penuh kemudahan. Jangan lagi ada drama deh di antara kita. Sudah jenuh dan lelah duluan, ya kan? Nah, tantangan ini kemudian dijawab oleh MITO dengan menghadirkan rice cooker multifungsi dengan berbagai keistimewaan, yaitu:

  • Digital Timing : ini untuk mengetahui sudah berapa lama makanan kita dalam mode hangat atau kapan waktu makanan matang. 
  • Panci yang terdiri dari 5 lapis : kuat, tahan lama dan mudah dibersihkan.
  • Pemasanasan 3D : mendistribusikan panas secara merata.
  • 8 mode memasak: nasi putih, nasi merah, bubur, kue, rebus, sup, kukus dan goreng (I'm thrilled about this 😮)
  • Timer : dapat kita atur dan makanan yang kita masak akan matang dengan waktu yang sudah ditentukan.
  • Tetap hangat hingga 24 jam.
  • Kapasitas besar: 2 liter.
  • Garansi Resmi 1 tahun

Nah, karena penasaran dengan kelebihan rice cooker multifungsi ini, maka saya memberanikan diri membuat nasi ayam hainan. Langkahnya yang agak panjang sebetulnya bikin malas duluan, tapi demi merasakan nasi ayam hainan, maka jadilah hari ini kami semua makan enak. 

Resep Nasi Ayam Hainan




Bahan Nasi Hainan:

3 cup beras, cuci bersih dan sisihkan
3 lembar daun pandan, cuci dan simpulkan
2 batang serai, ambil bagian putih dan memarkan
1 ruas jahe, kupas, cuci bersih dan rajang halus
4 siung bawang putih, cincang halus
1 sdm minyak wijen kualitas bagus
2 sdt soy sauce atau kecap asin
1/2 sdt kecap manis
Merica dan garam sesuai selera

Bahan Ayam Hainan:

1 ekor ayam kampung (saya pakai ayam negeri), cuci bersih, tiriskan
4 siung bawang putih, iris tipis
3 buah bawang merah, iris halus
2 batang daun bawang, iris kasar
2 sdm minyak wijen
3 cm jahe, iris tipis
Minyak goreng untuk menumis
Garam dan merica sesuai selera
Air untuk merebus

Bahan Saus Soy Sauce:

2 siung bawang putih, cincang halus
2 cm jahe, cincang halus
2 sdm soy sauce
1 sdt minyak wijen
Minyak goreng untuk menumis

Sambal:

1 buah cabai merah besar
3 buah cabai rawit merah
2 siung bawang putih
Sejumput gula dan garam
Perasaan air jeruk nipis

Cara Membuat:

Ayam Hainan
1. Tumis bawang merah dan sebagian jahe dengan sedikit minyak hingga harum. Masukkan bawang putih, lanjutkan menumis. 
2. Tuang air, masukkan jahe, bawang daun dan minyak wijen. Biarkan hingga mendidih.
3. Masukkan ayam, biarkan hingga mendidih selama 15 menit. Matikan api, tutup panci.
4. Keluarkan ayam dari kuah kaldu, oles dengan soy sauce, sisihkan.
5. Bagi dua kaldu: sebagian untuk membuat nasi hainan, sebagian untuk kuah.
6. Bumbui kaldu untuk kuah dengan merica dan garam, tes rasa. 

Nasi Hainan
1. Tumis bawang putih hingga harum, masukkan jahe dan minyak wijen. Aduk rata dan matikan api.
2. Masukkan beras ke dalam MITO digital rice cooker, beri air kaldu sesuai takaran (baca buku petunjuk).
3. Masukkan soy sauce, kecap manis, daun pandan, serai, merica dan garam. Aduk rata.
4. Tutup rice cooker multi fungsi. Tekan MENU, tekan rombol NASI PUTIH lalu tekan MULAI.
5. Tunggu selama 35 menit. Di menit ke-20 masukkan ayam ke dalam nasi (optional). Lanjutkan hingga nasi matang.

Saus Soy Sauce:
1. Tumis bawang putih sampai harum, matikan api. 
2. Tuang tumisan bawang putih ke dalam mangkuk, beri jahe dan soy seuce. Aduk rata.

Sambal:
Rebus cabai besar, cabai rawit dan bawang putih. Angkat dan haluskan.
Tambahkan perasan air jeruk nipi.

Penyajian:
Potong-potong ayam, olesi dengan saus soy sauce. Taburi bawang daun, selederi dan wijen.
Dalam piring: tata nasi hainan, timun dan telur rebus (saya skipeed).
Tuang kuah kaldu ke dalam mangkuk saji. 
Sajikan ayam hainan, beserta nasi dan pelengkapnya.
Selamat makan. 


Ulasan MITO Digital Rice Cooker 8 in 1

Saya jatuh cinta!

Kok bisa?

Soalnya ya ini rice cooker betulan seperti yang 'dijanjikan'. Praktis banget dan dengan digital timing-nya itu, kita bisa tahu kapan makanan matang dan sudah berapa dihangatkan. Keren deh!




Dan yang paling saya suka adalah pemanas 3D yang membuat setiap bulir nasi matang dengan sempurna dan membuat aroma nasi hainanku nggak pergi ke mana-mana (eh gimana? lol). Maksudnya nasi hainan yang kubuat tetap wangi meski sudah dalam mode hangat sejak 6 jam (artinya nasi hainan matang tepat 6 jam yang lalu).

Perhatikan bulir nasinya. Matang sempurna dan nggak benyek. 


Jadi saya kasih bintang 4.5 deh dari 5 bintang. Dan jujur saja, saya rekomendasikan ini untuk kalian perempuan pemuja kesederhanaan dan kepraktisan. 



Lain kali saya akan bikin bubur merah putih kesukaan bapak mertua. Karena dengan MITO digital rice cooker ini kita bisa mengatur waktu kapan bubur akan dimasak. Misalnya nih, sekarang pukul 22.00 wib dan kita ingin sarapan bubur di pagi berikutnya. Tinggal atur waktunya saja. Tekan tomobol timer, lalu atur le 7:00 (7 jam) lalu pilih mode memasak bubur. 

Nah waktu memasak buur juga bisa diatur. Katakanlah kita atur untuk 1 jam, tinggal tunggu 5 detik maka intruksi yang kita berikan tersimpan di memori rice cooker. Dan taraa...keesokan paginya (sekitar pukul 06.30 wib) kita sudah bisa menikmati semangkuk bubur panas dan enak. 

Begitu ya, teman-teman. Resep ini memang kelihatan ribet dan perlu banyak langkah tapi worth it to try banget. Dicoba yaa. Dan untukmembeli rice cooker MITO ini bisa dibeli di JD.ID, tokopedia dan Shopee. Selamat berbelanja.

Salam,

Dydie Kitchen Hero










3 komentar:

herva yulyanti mengatakan...

aku belum pernah makan nasi Hainan baca resepnya lumayan yah butuh bumbu yg ga ada di stock dapur hehehehe
Beberapa bulan lalu sempat lihat di iG ricecooker digital Mito ini menyesal ga jadi beli next ah nabung lagi pengen beli ini 👍

Tian lustiana mengatakan...

Liat langkah - langkahnya saya jadi males masak wwkwkkw, maunya nyicipin aja deh. Eh btw itu keren ya MITO ada rice cookernya juga, digital pula.

Diah Utami mengatakan...

Mau coba ah, bikin nasi ayam hainan. Kalo beli, biasanya rasa dan aroma jahenya tajam banget. Kalo ikin sendiri kan bisa dikurangi ya jahenya. Nanti kalau sujses, kayaknya bakal laporan sama Mbak Dydie. Kalo gagal? Hmm... diam-diam makan sendiri aja di pojojan dapur.

Recent

recentposts

Random

randomposts