Nori Chicken a la Dydie Kitchen Hero




“One cannot think well, love well, sleep well, if one has not dined well.” ― Virginia Woolf, A Room of One's Own

Jadi namanya chicken nori atau nori chicken? Harusnya sih nori chicken, tapi entah kenapa meski sudah disunting beberapa kali, jemari saya selalu mengetikkan kata chicken nori. Pokoknya ini adalah daging ayam fillet yang dimarinasi, digulung dengan nori alias rumput laut yang sudah dipanggang, lalu digoreng. 


Menu praktis, mudah dan enak. BANGET. 

Nggak banyak yang percaya bahwa saya adalah pemalas. Setiap kali saya mengaku saya malas, orang akan tertawa dan mengatakan bahwa saya sedang melakukan humble brag 😆. 

Begini loh, saya tuh ingin seharian penuh cuma ngopi, makan, nulis dan main games. Lol. Tapi kan ada tugas domestik yang harus dilakukan, salah satunya menyiapkan makanan untuk keluarga. Jadiiii, gimana caranya supaya saya bisa memenuhi kewajiban saya dan meneguk speuasnya hak saya *halah*?

Caranya adalah menyiapkan makanan di awal hari. Dan saya paling suka sama makanan yang mudah dibuat, tinggal dimarinasi, masukin kulkas dan tunggu sampai waktu makan tiba. Keluarkan, masak secepat kilat, sajikan dan...main games! Yeaay!



Nah, salah satu makanan yang menurut saya masuk ke dalam kategori mudah-dibuat-tinggal-dimarinasi-dan-menyingkat-waktu adalah NORI CHICKEN ini. Bahan marinasinya juga mudah didapat kok. 

Oh ya, sekadar catatan, pada saat resep ini dibuat, saya tidak mencelup daging ayam ke dalam tepung pencelup (adonan basah) tetapi langsung goreng. Beberapa hari lalu, saya melakukan sedikit plot twiste (wagelas 😅), daging ayam yang sudah dimarinasi saya celupkan ke dalam adonan tepung tempura. Hasilnya lebih kriuk tapi dalamnya masih empuk dan juicy. Boleh coba dua cara ini ya, dan silakan dipilih mana yang paling disukai.


Nori Chicken



Bahan:

150 gram fillet dada ayam

Bumbu Marinasi:

2 sdt minyak wijen
2 sdt gula palem
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1 sdt soy sauce atau kecap asin
1/4 sdt bawang putih bubuk
1/4 sdt bawang bombay bubuk
3 sdm tepung maizena

Pelengkap:

Beberapa lembari nori, potong ukuran 2 x 4 cm
Biji wijen yang sudah disangrai
Mayonaise
Saus tomat dan saus sambal 

Pencelup (optional):

Tepung tempura instan, larutkan seusai petunjuk pada kemasan


Cara Membuat:

1. Potong-potong dada ayam sesuai selera (bite size).
2. Aduk rata bahan marinasi, masukkan ayam, aduk rata.
3. Biarkan di dalam kulkas selama minimal 2 jam atau menjelang waktu makan.
4. Keluarkan ayam dari kulkas, balutkan nori di sekeliling ayam.
5. Jika tidak ingin menggoreng dengan tepung pencelup: ayam bisa langsung digoreng sampai matang. Taburi wijen dan sajikan.
6. Jika menggunakan tepung tempura: celup ayam ke dalam tepung, goreng sampai matang. Angkat dan tiriskan. Sajikan hangat.


Komentar

  1. cocol sambel enak nih, baca ginian gara gara mom dy posting di ig haduh haduh laper akutu

    BalasHapus
  2. Ini gampang kayaknya. Coba ah. TFS, Mbak :)

    BalasHapus
  3. Resepnya menarik dan membuat lidah pengen mencobanya, tapi pengen cuman beli jadi aja ketimbang repot repot aja hahaha

    BalasHapus
  4. Sok pede mau bikin ayam gulung nori ala Dydie. Bawang bombay iris seadanya plus bahan lain. Eh tahu-tahu nggak ada maizena. Atuh... gura-giru ke warung. Gorengnya nanti siang ya buat teman makan siang.

    BalasHapus
  5. Duh aku ngiler banget. Semua bahan ada tapi tepung tempura instant nya belum beli hehehe.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya. Saya akan senang membaca komentarmu. Mohon tidak meninggalkan link hidup ya. :)