Mi Ayam Panggang Saus Tomyum

Makanan favorit setelah nasi pecel? Mi ayam!


MI AYAM FAVORIT

Saya nggak pernah bisa menolak semangkuk mi ayam. Sausnya yang berlimpah, kuahnya yang berkilau karena lemak ayam, minya yang lentur...semua selalu saya rindukan. 

Belakangan, saya jadi jarang beli mi ayam pinggir jalan. Selain alasan kebersihan dan kesehatan, mamang langganan saya juga sudah pindah. Jadinya saya agak patah hati gitu deh. Untuk mengatasi rasa kangen (tsaaah), biasanya saya membuat mi ayam sendiri. Ribet banget memang tapi hasilanya sepadan. 

Omong-omong soal mi, kemarin ini saya sempat berskperimen membuat mi hot plate dengan saus Tomyum yang segar. Tahu sendiri kan bagaimana rasa saus Tomyum? Rasa manis, asam dan pedas berpadu sempurna. Sepertinya dipadukan dengan mi kenyal dan ayam panggang, pasti enak.


Mi Ayam Panggang Saus Tomyum


Bahan:

1 bungkus mi instan (saya pakai Mi Urai), rebus al dente, tiriskan
1/2 sdt minyak wijen
Sejumput garam dan merica

Ayam Panggang:

1 buah Fillet paha ayam (rendam dengan bahan perendam di bawah ini)
1 sdt minyak wijen
1 sdt kecap asin
1 sdt kecap Inggris
1 sdt gula palem
Sejumput garam dan merica

Saus Tomyum:

1 bungkus saus Tomyum instan
200 ml air matang (atau kaldu udang)
1 buah serai, memarkan
3 lembar daun jeruk, buang tulangnya
1 sdt tepung maizena, larutkan dnegan sedikit air

Pelengkap:

Pangsit goreng
Bok choi, rebus dan tiriskan
Jamur enoki
Bawang daun, iris halus
Seafood tofu (optional)


Cara Membuat:

1. Cuci dan panaskan hot plate di atas kompor dengan api kecil. Olesi dengan sedikit minyak.
2. Buat kaldu Tomyum: rebus kaldu udang hingga mendidih. Masukkan bumbu instan, serai dan daun jeruk, biarkan hingga mendidih. Cicipi rasanya, koreksi rasa sesuai selera. Tuang larutan tepung maizena, aduk hingag kental. Sisihkan.
3. M: dalam mangkuk bersih tuang minyak wijen, garam dan merica. Aduk rata. Masukkan mi yang sudah direbus, aduk rata. 
4. Ayam Panggang: panaskan wajan anti lengket, oelsi dengan sedikit minyak. Panggang ayam hingga matang, angkat dan tiriskan. Potong sesuai selera. 
5. Penyajian: tata mi, jamur enoki, bok choi, ayam panggang dan seafood tofu di atas hot plate (hati-hati yaaa). Sajikan dengan pangsit goreng dan taburan bawang daun. 
6. Tuang saus tom yum, sajikan selagi masih panas. 

Catatan: jamur enoki tidak perlu direbus terlebih dahulu. 
Akan matang dan layu begitu tersiram kaldu tom yum.




HOT PLATE BATUR CREATIVE LOGAM

Kata tetua, nggak ada yang kebetulan di dunia ini. Termasuk kiriman hot plate berbentuk bulat dari Batur Creative Logam. Pas paketnya datang, pas saya memang ingin bereksperimen dengan mi ayam panggang. Jadinya makin semangat masak deh. 



Jadi nih, Batur Creative Logam adalah produsen hotplate untuk restauran, cafe atau rumah tangga.  Produsen di sini memang benar-benar memproduksi sendiri loh ya, jadi bukan reseller apalagi droshipper.  Ini karena di desa Batur, Klaten, Jawa Tengah ini memang pusatnya pengrajin batu logam. Nah, Batur Creative Logam sendiri fokus pada penjualan hot plate.

Ada beberapa bentuk yang sudah diproduksi oleh Batur Creative Logam yang bisa teman-teman cek di situs Batur Creative Logam atau Instagram di @batur.creative.logam.  





Lalu kenapa sih saya kok jauh bener beli hot plate ke Klaten, Jawa Tengah? Iya, saya tahu, di Bandung sendiri sudah tempat belanja banyak yang menjual hot plate. Satu-satunya alasan adalah harga yang jauh lebih murah (karena langsung membeli di produsennya). Tapi jangan khawatir soal kualitas, karena meski hot plate murah tapi kualitasnya nggak murahan. 

Piring yang saya beli terdiri dari piring baja yang tebal (ya iyalah namanya juga baja 😂), tatakan kayu dan sendok pengait. Saya sih suka banget sama permukaannya yang mulus dan bentuknya yang hampir sempurna. Saya malah penasaran apakah Batur Creative Logam juga memproduksi wajan baja alias cast iron. Kalau ada, saya daftar jadi pembeli pertama. LOL.



Nah, merawat hot plate atau alat masak berbahan baja atau cast iron ini nih yang susah-susah gampang. Syukurlah paket hot plate saya datang bersama dengan petunjuk perawatan hot plate. Karena dulu, saya pernah membeli hot plate di tempat lain di Bandung dan tidak ada petunjuk perawatan sama sekali. Sedih saya tuh, kak. 

Untuk perawatannya pun mudah kok:

Setelah dipakai, siram atau rendam hot plate dengan air hangat. Biarkan beberapa saat sebelum mencucinya. Oh ya, jangan gunakan sikat yang tajam untuk menggosok permukaan hot plate karena nanti akan mengelupas. Kalau saya nih, sesudah saya gunakan, hot plate kembali saya panaskan dengan sedikit air dan cairan pencuci piring. Cairan pencuci piring ini berfungsi untuk mengangkat kotoran yang menempel di permukaan hot plate. 

Setelah itu baru saya bilas, saya gosok perlahan dengan spons dan sabun baru kemudian dibilas lagi dengan air bersih. Setelah itu tinggal saya letakkan dengan posisi terbalik sampai semua air tiris. Setelah itu saya keringkan dengan lap, oles dengan sedikit minyak goreng dan simpan di tempat terbuka. Gampang kan?

Ke mana membeli hot plate murah dengan kualitas bagus seperti punya saya? Segera meluncur ke situs Batur Creative Logam di atas ya 😉.

Selamat bersenang-senang di dapur.

Salam,

Dyah Prameswarie

18 komentar:

fajar herlambang mengatakan...

waduh, malam malam mampir ke blog ibu. jadi laper ui

Maria G Soemitro mengatakan...

Waduh nampaknya harus punya hot plate sendiri nih
Secara sekarang lebih suka masak sendiri
Anak anak jauh, ga bisa diajak jajan 😁😁

Tian lustiana mengatakan...

Catet ah resepnya, ini kayaknya ga susah - susah amat (makannya) hihi. Eh btw itu keren banget hotplate nya, jadi pengen bikin steak sendiri di rumah.

herva yulyanti mengatakan...

Bu Paus beli minyak wijen dimana?nyari di pasar antri ga ada pengen cobain bikin yang begini cuman bahan2nya asing di pasar antri mah :p

apalagi piring hotplatenya jadi kepengen punya dan bereksperimen di dapur nih kabita banget liatnya :) cara perawatannya juga mudah yah. ongkirnya brp ibu paus dari Klaten ke Cimahi mayan berat jigana

Sandra Hamidah mengatakan...

Kreatif banget mba, saya juga pecinta mi ayam tapi seru ya kalo punya hotplate sendiri berasa makan di resto. Dehhh⭐⭐⭐ makasih resepnya

Sugi Siswiyanti mengatakan...

Baru baca aja sudah menelan ludah. Gimana kalo saya coba bikin sendiri ya? Semoga sama enaknya.hehe

Rani Yulianty mengatakan...

Duh hotplate-nya cakep benerrr, jadi lape liat mie ayam panggang

Gita mengatakan...

Wah lucu juga ya kalo punya hotplate sendiri d rmh.serasa makan di restoran. Dan itu menu mie dan tom yum nya..favorit aku dua2nya.hmm jadi ngiler deh jadinya.ratjun..

Larasatinesa mengatakan...

Ya ampun ngiler gini malem-malem bacanya. Pangsitnya pun menggoda. Aku lumayan sering jajan mie ayam nih, request dong mbok Paus abis ini bikin mie ayan saus padang 😁

Yasinta Astuti mengatakan...

Aku termasuk pecinta ayam panggang. Catet resep dan praktek ahh di rumah ( pas ada papi ) hihi

Armita mengatakan...

Waah kece banget hot plate nya Teh, saya gak punya nih di rumah.. wkwkw. Kebiasaan makan ginian di luar rumah. Sekali-kali punya bisa kali ya.

Nathalia DP mengatakan...

Duh, ini mah harus nyobain, makasih resepnya teh...
Asyik jg ya kalau bisa bikin menu hotplate di rmh, ga usah ke resto...

Lendy Kurnia Reny mengatakan...

Teteeh...
Kaya makan di hotel.
Jadi pingin main ke rumah Mama Al.

Belajar banyaaak hal.
((sekaligus ngabisin banyak makanan))

Haahha...

Kereen.
Aku gak hobi masak, teh.
Jadi kalau punya hot plate, buat biar cancik aja gitu makannya - makanannya mah...emm, pesen lewat ojol.

Eaaa...

Keke Naima mengatakan...

Saya kayaknya harus nambah hot plate lagi. Bikin menu kayak gini, tapi hot plate cuma satu nanti makannya bisa berebutan hehehe

Zahra Rabbiradlia mengatakan...

Mauu ih bikin ngilerrr. Tth makin kece blognya ih... Udah lama gak mampir maapkan :"

Utii mengatakan...

Saya sama kakang prabu berencana ingin buka kedai mie ayam. Baca tulisan ini super komplet, ada resep yang lumayan untuk ditrial. Plus dpt info buat propertinya. Nuhun

Bibi Titi Teliti mengatakan...

Hot Plate berarti rawatnya rada2 mirip teflon gitu bukan sih Teh? Teflon-ku pada ngeletek semua, Kayla ceplok telor pake serok besi muehehehehehe,

Wah, mie ayamnya sungguh menggiurkan sekali. Hayuk atuh, kalo ntar main ke rumahmu lagi, masakin sambil ngejajal hot plate! *plak*

Jeanette mengatakan...

Aku salah jam berkunjung. 🙈
Sekarang jadi laper. Teteh, klo mau bikin lagi kabarin ya, aku mampir ke rumah 😁

Recent

recentposts

Random

randomposts