Chicken Parmesan





This may be cheesy, but I think you're grate. - Anymous

Saya suka sekali keju. Dengan catatan, tidak sembarang makanan diberi keju tuh cocok loh ya. Parmesan, chedar, haloumi, cream cheese, mozarela...yang belum pernah coba hanya blue cheese dan kalangan keju yang lebih mahal lainnya. Lol. 

Nah, setelah Ramadan dan bergelut dengan aneka kue kering...rupanya ada keju parmesan yang lumayan banyak nongkrong di kulkas. Dia menyendiri di sana, tak tersentuh kehangatan. Tsaah... xD

Setelah mikir agak lama akan diolah menjadi apa, tiba-tiba ingat pernah makan sayap ayam krispi dengan bawang putih dan keju parmesan. Nama kerennya Chicken Wings with Parmesan and Garlic. Ketika dicocol saus keju rasanya makin melambung tinggi (jangan diterusin nyanyi lagunya Anggun loh ya, wkwkwk).

Ya sudah, diputuskan bahwa Kitchen Hero yang akhir-akhir ini malas masak tapi semangat eksperimen di dapur ini akan membuat Chicken Pamesan. Alih-alih menggunakan sayap ayam (karena tidak ada stok di freezer), saya menggunakan filet paha ayam. Kenapa bukan fillet dada ayam, karena menurut saya bagoan paha ayam dagingnya lebih empuk dan juicy, juga cepat dimasak.

Sebetulnya teknik dan proses masaknya mirip kaarage atau crispy fried chicken saja, sih. Hanya saja ditambahkan parutan keju parmesan di adonan tepung dan ketika disajikan. Jadi, ibu-ibu bisa menggunakan tepung pelapis andalan masing-masing ya. 

Kalau andalan saya ya bikinan sendiri. Tepungnya hanya tepung terigu protein tinggi dan sedang, juga sedikit maizena agar hasilnya krispi dan keriting. Campuran ini dan teknik menggoreng yang nanti disebutkan di bawah rupanya membuat kerenyahan ayam jauh lebih tahan lama loh. 



Tapi sebetulnya nggak perlu mempertahankan kerenyahan ayam goreng tepung selama mungkin karena ini ayam goreng, bukan pernikahan. Kurang faedah juga kalau dipertahankan mati-matian. 

Alasannya sederhana, kita kan masak untuk keperluan rumah tangga alias untuk konsumsi rumah tangga which is makanan paling enak dimasak menjelang disajikan. Kerenyahan ayam goreng harusnya langsung dinikmati saat itu juga (menjelang waktu makan). 

Oh ya, teknik menggorengnya mudah kok. Gunakan minyak banyak (saya menggunakan panci yang biasa digunakan untuk memasak mi instan tapi bawahnya tebal, sehingga 'menyimpan panas' lebih lama), api sedang, minyak panas dan -ini rahasianya- DUA KALI PROSES MENGGORENG.

Teknik ini saya pelajari dan lihat di berbagai video masak di Youtube atau acara masak di TV. Dengan memasaknya dua kali, ayam akan lebih krispi namun bagian dalamnya tetap juicy. Sebetulnya harus memperhatikan suhunya (dengan menggunakan termometer) tapi saya terlalu malas mengeluarkan termometer milik saya.

Jadi goreng ayam tidak sampai matang -tapi juga tidak mentah-, angkat dan tiriskan. Lanjutkan menggoreng hingga semua ayam selesai digoreng (sampai sini, kita bisa menyimpan ayam goreng setengah matang ini di freezer jika ingin menyetok makanan beku). Kemudian, goreng lagi ayam batch pertama hingga matang sempurna. Saya jamin deh hasilnya akan renyah. 

Selamat mencoba ya ;)

Chicken Parmesan



Bahan:

300 gram fillet dada ayam, potong dan sisihkan

Bumbu Perendam:

1 ruas jahe, kuas dan bersihkan. Parut halus
1 sdt gula palem 
1 sdt soy sauce
1/4 sdt garam
Sejumput merica

Adonan Tepung:

200 gram tepung protein tinggi
100 gram tepung protein sedang
1 sdm tepung maizena
1/2 sdt baking powder double acting
1/4 garam
1/4 merica bubuk
50 gram keju paremsan yang sudah diparut

Bahan Pencelup:

Air es (dengan banyak es batu)

Taburan: 

Keju parmesan parut

Cara Membuat:

1. Campur rata semua bahan rendaman, tuang ke dalam fillet ayam yang sudah dipotong.
Biarkan dalam kulkas selama minimal 1 jam.
2. Campur rata semua adonan tepung.
3. Masukkan potongan ayam ke dalam adonan tepung, balur hingga rata. Angkat dan sisihkan.
4. Celup ayam ke dalam bahan pencelup, lalu masukkan kembali ke dalam adonan tepung.
5. Aduk ayam dengan jemari sambil diremas. Tiriskan agar tidak ada kelebihan tepung. 
6. Goreng ayam ke dalam minyak banyak dan panas sampai setengah matang. Angkat dan tiriskan. Goreng sampai ayam habis.
7. Goreng lagi ayam hingga matang sempurna. Angkat dan tiriskan.
8. Taburi ayam goreng dengan keju parmesan.
9. Sajikan dengan honey mustard.




1 komentar:

Nathalia DP mengatakan...

Wah teteh, makasih resep & tipsnya, saya bookmarked ya

Recent

recentposts

Random

randomposts