Curup Gangsa Lampung, Wisata Air Terjun yang Cocok untuk Para Introvert

Sumber: pariwisatalampung.com

Keheningan adalah hal yang paling dibutuhkan seorang introvert. - Dydie

Baru-baru ini seorang teman baik mengajak saya dan seorang teman lain untuk melakukan perjalanan. Ketika saya tanya itinerarinya, ia segera mengirimi saya. Daaan, saya tercenung. Hahaha. Destinasi yang sudah dipilih (ditentukan oleh agen perjalanan) adalah destinasi untuk turis. Nggak ada yang salah sih, tapi saya tidak ingin seperti turis kebanyakan. Main ke tempat-tempat yang ramai, berswa foto dan terjebak bersama ratusan turis lain. 

Mengerikan!

Eh, normal sih sebetulnya tapi bagi saya ya mengerikan. Saya lebih suka mengunjungi tempat-tempat yang tak terjamah turis, menikmati sisi lain dari tempat yang saya kunjungi dan tentu saja menikmati kulinernya. Karena saya adalah orang yang introvert. Dan tak ada yang lebih menyenangkan bagi seorang introvert selain keheningan. Mendengar deburan ombak, sepoi angin yang membelai wajah atau menikmati alunan air terjun dengan kesejukan alam. Aaah, surga. 

Curup Gangsa di Lampung

Lalu seorang teman lain menyodorkan satu nama nun jauh di sana. Curup Gangsa di Lampung. Hahaha. Jauh amat ya. Tapi konon tempat ini memang sesuai yang saya mau. 


Suasana yang alami memang menjadi daya tarik utama dari air terjun ini. Selagi berada di sini, kamu bisa mendengarkan gemuruh air terjun yang bersinergi dengan kicauan burung. Dengan suasana alam yang masih hijau di sekitarnya, area di sekitar air terjun menjadi tempat berkumpulnya burung-burung.

Nama Curup Gangsa sendiri diperoleh karena suara yang ditimbulkan oleh air terjun ini. Gangsa menurut warga setempat, memiliki arti suara gemerincing. Masyarakat Lampung pada zaman dulu kerap menggunakan seruling yang disebut seruling gangsa sebagai hiburan. Karena suara gemerincing yang dimiliki oleh air terjun ini, masyarakat pun menyebutnya dengan nama Curup Gangsa.

Sumber: Lampung.com


Tidak hanya itu, air yang berasal dari Curug Gangsa ini juga menjadi sumber irigasi sawah masyarakat sekitar. Tak jauh dari air terjun, kamu bisa mendapati keberadaan hamparan sawah hijau milik para petani. Oleh karena itu, masyarakat setempat pun berupaya untuk terus menjaga kelestarian air terjun agar manfaatnya bisa terus mereka rasakan.

Selain alami, air terjun ini juga memiliki ukuran yang cukup besar. Ketinggiannya mencapai 50 meter dengan lebar sekitar 20 meter. Wisatawan yang ingin menyaksikan air terjun ini dari dekat pun harus menyusuri total sebanyak 67 anak tangga. Agak melelahkan, tapi dengan udara bersih dan alami yang kamu rasakan, perjalanan ke air terjun akan terasa menyenangkan.

Sesampainya di air terjun, kamu akan disuguhi dengan pemandangan yang memukau karena air terjun di sini tidak hanya berupa satu air terjun berukuran besar. Air terjunnya memiliki struktur seperti bertingkat-tingkat. Wisatawan kerap memilih berburu foto dengan cara berpose di atas batu besar yang ada di sekitar air terjun. 

Dengan latar belakang Curug Gangsa yang memukau, hasil jepretan kamera akan terlihat memukau. Nah jika Anda ingin berfoto di Curup Gangsa yang indah ini, segera pesan tiket pesawat murah di website ini ya. 


Cara Menuju Lokasi Wisata Air Terjun Curup Gangsa Lampung



Lokasi air terjun ini berada di wilayah Dusun Tanjung Raya, Kampung Kota Way di Kecamatan Kasui, Kabupatan Way Kanan. Meski sama-sama berada di Kabupaten Way Kanan, tempat wisata alami ini berada cukup jauh dari Taman Nasional Way Kambas, keduanya terpisah sejauh lebih dari 200 km. Sementara itu, dari Bandar Lampung ke Kasui, terpisah sejauh 180 km.

Meski jauh, tapi transportasi dari Bandara Radin Inten II ke Kasui cukup mudah. Kamu bisa menjumpai bus jurusan Kasui dari area sekitar bandara. Perjalanan dari bandara ke Kasui membutuhkan waktu sekitar 4 sampai 5 jam. Ketika sudah sampai di Kasui, perjalanan bisa dilakukan menggunakan transportasi lokal ke Kampung Kota Way.

Bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Lampung dan berkunjung ke Curup Gangsa, bisa melakukannya dengan biaya murah, lho. Saat ini, tiket pesawat murah ke Lampung bisa diperoleh dengan biaya ekonomis menggunakan layanan pemesanan tiket pesawat dari Airy.

Sumber: keliling Lam[ung


Pemesanan juga bisa dilakukan dengan ringkas. Kamu bisa pesan di mana saja dan kapan saja dengan memanfaatkan aplikasi Airy yang tersedia di perangkat iPhone dan Android. Setelah tiket di pesan, konfirmasi pembayaran secara langsung, dan kamu pun siap berlibur ke tempat wisata yang alami ini. Di sana, puas-puasin deh bersantai menikmati pemandangan alami dan menjauhkan diri dari keramaian kota. 

Nah, mari memesan tiket, siapkan fisik, kokang kamera dan berangkat. Sampai ketemu di Curup Gangsa ya ;)


Salam,

Dydie Kitchen Hero



2 komentar:

Nchie Hanie mengatakan...

Akoo belom pernah ke Lampung, waah seru kayanya ke Curug Gangsa ya, apalagi kalo rame2, cuzz ahh..

Nathalia DP mengatakan...

Cantik ya, berundak2 gt air terjunnya...

Recent

recentposts

Random

randomposts