MARMER CAKE JADUL TITI RUSMAN


Happiness is knowing that there's a cake in the oven - Anymous





Assalamu'alaikum ^^

Halo, 


Dapat resep ini dari salah satu anggota Dapur Halal. Waktu itu ada resep Marmer Cake Mbak Titi Rusman yang diposting oleh Mbak Euis Aryani.

Yang bikin penasaran sebetulnya adalah komen Ibu Ipunk Martadji. Kata beliau kalau telurnya ditambah (dengan ukuran tepung di resep), maka tekstur cake akan lembut dan mirip banget sama bolu jadul.

Maka dengan kekuatan oven tangkring dan loyang yang bahannya tipis (😅), bikinlah sesuai saran Bu Ipunk. Hasilnya? Lembut dan nggak seret di lidah. Love buat Bu Ipunk, terima kasih banyak tipsnya 😘.

Oh ya, untuk baking kali ini, saya nyobain butter lokal merk KPBS yang ternyata aromanya harum dan lembut.Jadi jatuh cinta sama resep dan butternya .

Marmer Cake

Bahan:

300 gram butter
150 gram gula pasir halus (resep asli 250 gram)
8 kuning telur (resep asli 6 kuning telur)
7 putih telur (resep asli 5 putih telur), dikocok kaku (soft peak)
200 gram tepung terigu protein rendah
8 gram tepung maizena
10 gram susu bubuk
1/4 sdt garam
1 lajur vanilla bean (resep asli 1/4 essence vanilla)
15 gram cokelat bubuk kualitas bagus dibuat pasta dengan menambahkan 4 sdm minyak goreng (resep asli ditambah air panas)

Cara Membuat:

  1. Kocok mentega dan gula pasir sampai pucat dan lembut sekitar 15 menit menggunakan mixer.
  2. Masukan kuning telur satu per satu, sambil terus dikocok sampai lembut dan rata.
  3. Tambahkan campuran tepung, susuk bubuk dan garam sambil diayak dengan mixer kecepatan rendah sampai rata. Matikan mixer.
  4. Masukan 1/4 kocokan putih telur ke dalam adonan sambil diaduk dengan spatula (teknik aduk balik) hingga rata. Masukan kembali kocokan putih telur secara bertahap dan aduk hingga rata.
  5. Ambil sepertiga adonan, campur dengan pasta cokelat. Aduk rata.
  6. Tuang 1/3 adonan ke dalam loyang tulban diamter 22 cm yang sudah dioles margarin dan ditaburi tepung. Tuang adonan cokelat dan beri corak marmer dengan bantuan tusuk gigi.
  7. Tuang lagi adonan putih dan lanjutkan dnegan adonan cokelat.
  8. Panggang dalam oven yang sudah terlebih dahulu dipanaskan pada suhu 150 derajat C hingga matang (sekitar 20 - 30 menit).
  9. Sajikan hangat.


Tidak ada komentar:

Recent

recentposts

Random

randomposts