Quiche Jamur ala Dydie Kitchen Hero




Pie makes everybody happy. - Laurie Halse Anderson

Halo, 

Apa kabar di pengujung 2017? Sudah siap dengan resolusi untuk tahun 2018-kah? Atau masih setia dengan resolusi 2017 yang ditullis di tahun 2016 lalu? Lol.

Hmm, anu...sebetulnya ini quiche masa lalu dan hadir di masa kini karena saya lupa *alasan macam apa ini -__-*. 

Saya penyuka pie, number one fan of pie. Both sweet or savoury. Waktu saya niatkan bikin quiche, saya pikir saya saja yang suka. Nggak tahunya suami dan Afif suka banget. Akhirnya bikin lagi karena quiche pertama ini cepat tandas. Dan sekarang, saya merindukannya... tsaah, lebay :D

Konon, quiche berasal dari Perancis. Merupakan taart asin dengan crust sama dengan pie. Isiannya bisa macam-macam, misalnya salmon, bayam, smoked beef, asparagus. Atau dalam kasus saya, rebusan fillet dada ayam yang dipotong dadu dan disandingkan dengan jamur champignon. Jangan lupakan keju (saya pakai parmesan) dan krim masak yang kaya rasa. 

Beberapa tips membuat kulit pie yang renyah dengan lapisan mentega yang cantik sudah saya rangkum di sini ya:

  • Pastikan menggunakan mentega yang disimpan di dalam kulkas. Setelah itu potong bentuk dadu sehingga mudah dicampur dengan terigu. 
  • Menggunakan margarin sih boleh-boleh saja, tapi rasa dan tekstur akan berbeda. Menggunakan mentega dingin akan membuat kulit pie memiliki layer/lapisan yang cantik.
  • Jangan mengadoni kulit pie sampai kalis, karena akan membuat kulit pie keras dan tidak renyah.
  • Tambahkan sedikit air es jika adonan kurang menyatu. Sedikit saja, karena jika terlalu banyak, adonan akan lengket.
  • Bulatkan adonan kulit pie agar mudah dibentuk. Masukan ke dalam kulkas agar adonan beristirahat dan tidak mudah mengkerut. Atau, gilas kulit pie, cetak ke dalam cetakan pie lalu masukkan ke dalam kulkas selama kurnag lebih 1 jam. 


QUICHE JAMUR


Bahan Kulit:

300 gram tepung terigu protein rendah
150 gram mentega dingin (unsalted) potong kotak kecil2 (boleh pakai margarin tapi rasanya beda 😆)
1/4 sdt garam
1 kuning telur
2 sdm air es

Bahan Isi:

1,5 bawang bombay, cincang halus
3 siung bawang putih, cincang halus
200 gram fillet dada ayam. Rebus & potong dadu
200)0 gram jamur champignon
50 gram mentega untuk menumis
50 gram keju parmesan
Garam dan merica secukupnya
Parsley, cincang halus
4 butir telur, kocok lepas
300 ml krim kental (cooking cream)

Cara Membuat:
1. Kulit: dalam mangkuk bersih & kering campur tepung dan garam. Masukkan potongan mentega, aduk dengan pisau pastri (atau garpu) hingga berbutir-butir. Masukan kuning telur dan air, aduk rata. Jangan terlalu lama mengaduk, asal rata. Satukan adonan, bungkus dgn cling wrap masukan dalam kulkas minimal 30 menit.
2. Keluarkan kulit pie dari dalam kulkas, gilas dan cetak dalam cetakan pie yang sudah dioles tipis margarin dan terigu. Masukan kembali ke dalam kulas minimal 1 jam.
3. Panaskan oven dengan suhu 150°C. 
4. Bahan isi/custard: lelehkan butter, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan ayam dan jamur, tumis hingga jamur agak layu. Bumbui dengan garam dan merica, aduk rata. Angkat dan pindahkan ke dalam mangkuk besar.
5. Tuang krim dan telur aduk rata. Beri keju parmesan dan parsley. bumbui lagi dengan garam dan merica, aduk rata.
6. Keluarkan kulit pie dari kulkas, panggang selama 5 menit. Keluarkan dari oven, tuang bahan isi. Lanjutkan memanggang hingga permukaan pie kecokelatan (sekitar 30 menit).
7. Keluarkan dari oven. Keluarkan dari cetakan dan sajikan hangat.

1 komentar:

  1. Wah pantes waktu itu saya bikin kulit pie ini keras, ternyata ngadonnya nggak boleh sampai kalis ya. Pakai mentega dingin juga ternyata. Ntar nyoba buat lagi nyontek resep ini :D

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca blog saya. Saya akan senang membaca komentarmu. :)

Recent

recentposts

Random

randomposts