Deep Fried Sushi with Hapy Soya Oil




Jangan berhenti makan enak.
Karena sejatinya hidup terus berjalan, penuh dengan pengalaman  kuliner yang menyenangkan. 

Halo, 

Selamat pagi yang mendung dari Cimahi :)
Apa kabar semua? Semoga semuanya dalam kondisi bahagia dan sehat ya. Biar bisa makan sehat dan enak, karena saya mau berbagi pengalaman membuat Deep Fried Sushi menggunakan Happy Soya Oil. 

Jadi gini, saya punya sobat yang menganut paham eating-healthy-is-a-must freak. Dia sangat memilih asupan makanan yang akan dia masukkan ke dalam mulut. Harus yang bersih, sehat buat tubuh dan pikiran dan jangan berlebihan. Selama ini yang saya tahu, dia menghindari banget yang namanya GORENGAN. 

Oh, no!

Ini bertentangan banget sama paham yang saya anut, bahwa gorengan di pagi atau sore hari dengan segelas teh hangat manisnya dikit aja is my goal lyfe. Lol. 



Tapi alasan teman saya untuk berhenti mengonsumsi makanan yang digoreng mungkin ada benarnya juga ya. Dari artikel kesehatan yang banyak beredar, makanan yang digoreng selalu dijadikan kambing hitam atas semua masalah kesehatan. Risikonya pun nggak tanggung-tanggung. Misalnya jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi dan obesitas.


Tuh kan? Ngeri kaaan? Makanya, saya mulai mikir gimana caranya supaya bisa tetap makan gorengan tapi juga menjaga kesehatan. Hmmm...

Sampai suatu hari dia mampir ke rumah, membawa bingkisan isi minyak goreng (for real! lol) dan bilang, "Sekarang gue nggak takut makan gorengan lagi, Dy!"

Say whaaat?

"Iya, karena gue sudah menemukan minyak goreng kedelai yang suhu tahan panasnya ini melebihi minyak goreng lain. Jadi aman buat menggoreng segala jenis makanan," katanya seraya menyerahkan bingkisan tadi. 

"Masa sih?"

Dia mengangguk semangat, "Elu cobain aja sendiri."

Dan di sinilah saya, berusaha membuktikan bahwa Happy Soya Oil ini seperti yang teman saya bilang. Minyak goreng kedelai yang suhunya lebih aman untuk menggoreng makanan ketika dipanaskan.


Deep Fried Sushi


Kenapa saya pilih deep fried sushi? Karena saya suka! Hahaha. 

Menu ini tuh praktis banget. Tinggal gulung, goreng dan selesai. Kalau sushi biasanya tanpa digoreng dulu, yang ini lebih punya tekstur yang istimewa. ya karena digoreng itu tadi. 

Apalagi dengan isian ayam jamur pedasnya yang bikin sensasi makan deep fried sushi ini makin berasa enaknya. Kalian bisa mengisinya dengan udang tempura, sayuran, telur dadar dan chicken katsu kok. Dan tetap sama lezatnya :)

Untuk tepung pelapisnya, kalian bisa pakai tepung tempura atau tepung roti seperti yang saya pakai ini. Dua-duanya punya dimensi rasa yang berbeda. Tergantung mood dan ketersediaan bahan, saya suka banget mencoba kedua jenis tepung ini untuk deep fried sushi ini. 

Jangan lupa untuk menggulungnya secara rapat ya, agar ketika digoreng isiannya tidak berhamburan keluar. Saran saya, nggak usah bikin sushi yang terlalu besar dan panjang, karena khawatir akan patah saat proses penggorengan. 

Deep Fried Sushi




Bahan:

2 lembar nori (rumput laut) khusus sushi
1 cup nasi putih
2 sdt rice vinegar halal

Isian:

1 buah wortel, kupas dan iris memanjang
1 buah timun jepang, iris memanjang
Chicken katsu, iris memanjang
dadar telur, iris memanjang

Bahan Pelapis:

2 sdm tepung terigu
Secukupnya tepung roti putih
1 butir telur, kocok lepas
Sejumput garam

Cara Membuat:

1. Ambil tikar penggulung sushi, alasi dengan plastik food grade. Sisihkan.
2. Dalam mangkuk yang bersih, masukkan nasi dan bumbui dengan rice vinegar. Aduk rata.
3. Ambil selembar nori, letakkan di atas tikar penggulung sushi. Ambil nasi dan ratakan di atas nori. 
4. Tata isian saling berdampingan. Gulung dan padatkan. Olesi sushi dengan sedikit Happy Soya Oil.
5. Gulingkan sushi di atas terigu, lapisi semua permukaannya dengan terigu (tipis saja).
5. Celupkan ke dalam kocokan telur dan gulingkan ke dalam tepung roti hingga semua permukaannya tertutupi dengan tepung roti. Diamkan. 
6. Panaskan Happy Soya Oil di dalam pan tahan panas yang agak cekung (dalam). Goreng sushi hingga berubah warna (golden brown). Angkat dan tiriskan sushi. 
7. Sajikan sushi dengan saus mayonese.

Tips Menurunkan Risiko Makanan yang Digoreng

Sebetulnya nih ya, kita tetap diperbolehkan kok mengonsumsi makanan yang digoreng asal kita tahu bagaimana menurunkan risikonya.

Berikut tips yang biasanya saya terapkan di rumah, tips ini saya ambil dari situs alodokter:

-  💗  Mengganti minyak trans yang sudah mengalami proses hidrogenasi dengan mengonsumsi minyak yang lebih sehat. Minyak goreng yang lebih baik dari minyak trans  ini biasanya terbuat dari bahan-bahan yang alami.

-  💗   Menggoreng dengan suhu yang disarankan yaitu 176 – 190 derajat Celcius.

-  💗    Menghindari penggunaan minyak goreng berulang.

-  💗   Tiriskan makanan yang baru digoreng dan letakkan di tisu masak agar minyak yang berlebih dapat diserap dengan baik.


Happy Soya Oil: Jangan Berhenti Makan Enak

Daaan, hasilnya adalah sushi yang renyah di luar dan lembut di bagian dalam karena proses menggorengnya yang memakai Happy Soya Oil. Sushi bikinan saya sama sekali nggak oily alias berminyak berlebihan. Suka!

Sayuran di dalamnya juga masih crunchy ketika dimakan. Tidak layu atau jadi berair. Mungkin karena suhu tahan panas Happy Soya Oil tadi ya. 

Ternyata bukan itu saja kelebihan Happy Soya Oil ini. Karena dia berasal dari kedelai, maka sudah tentu mempunyai kadar lemak tidak jenuh yang (ternyata) lebih tinggi dibanding seed oil lainnya. Wow!




Yang paling saya suka sih aroma Happy Soya Oil yang lembut. Bukan berbau kedelai yang kadang tidak enak itu. Hampir nggak ada bau kedelai yang menyengat. 

Jadi, apakah saya akan membeli Happy Soya Oil untuk kebutuhan minyak goreng di rumah saya?

YA!

Demi bisa menjaga kesehatan dan tetap bisa makan gorengan karena sekarang kekhawatiran saya sudah berkurang. Hihihi. 

Sampai jumpa di resep berikutnya ya

Salam,

Dyah Prameswarie




Komentar

  1. aku juga pake minyak goreng satu ini teeeh, sehat yaa, jadi nggak takut makan makanan yang digoreng deh, asalkan masih dalam batas wajar yaa, sekarang bikin bala bala sendiri aja biar minyaknya pake yang sehat hehehe

    BalasHapus
  2. Mantap banget nih resepnya sushinya. Kayaknya bakal sukses deh menggoyang lidah saya

    BalasHapus
  3. Emang paling bener tuh kalau makanan bikin sendiri ya, apalagi kalau yang berhubungan dengan goreng menggoreng. Biar aman dan sehat pakai minyak yang sehat juga ya, jadi pengen coba ganti minyak goreng di rumah dengan Happy Soya Oil.

    BalasHapus
  4. Pas banget nih aku juga pakai happy soya oil, memang enak buat memasak hehe, gak takut makan gorengan deh..

    BalasHapus
  5. Enak banget nih kayaknya resep sushinya. Lihat fotonya jadi ngiler. Minyak happy soya ini bikin makan makanan yang digoreng tanpa takut

    BalasHapus
  6. si Happy Soya ini tapi sudah ada label eco nya mba? Yg katanya dilakukan secara baik dan benar gitu hihihii,, terus harganya berapaan? Apakah jauh lbh mahal?

    Thanks

    BalasHapus
  7. Menggiurkan sekali ini ya sushinyaaa. Walau aku lebih suka sushi mentah tapi kalo ada yg mateng juga nggak nolak hihihi

    BalasHapus
  8. Beberapa kali aku pernah pake minyak ini. Bikin makan gorengan jadi lebih tenang. Lebih sehat sih ya.

    BalasHapus
  9. Aq nih masih sering pakai minyak goreng berulang sayang gitu mba kalau cuma sekali pakai. Hehhe tapi kalau pakai happy soya oil boleh juga kali mba pakai 2-3 kali pakai

    BalasHapus
  10. Samaan Mamaku pun sekarang pake Happy Soya Oil, btw thanks for the recipe yaa Ka noted nih hehe

    BalasHapus
  11. Langsung ngiler nih mampir blog ini hahahah. Eh btw aku juga sekarang ngurangin penggunaan minyak sawit dan beralih ke minyak yg lebih sehat.

    BalasHapus
  12. Aku baru tau ada Happy Soya Oil ini, pingin nyobain resepnya juga ah, thanks for sharing ya mbaa

    BalasHapus
  13. Gawaat lihat beginian pagi2 dalam kondisi belum sarapan hahaha makasi resepnya mbak, aku belum pernah makan sushi deep fried

    BalasHapus
  14. makan enak emang yg digoreng2 yaa 😃 saya juga suka, tp diwanti2 kudu hati3 soalnya kalau salah minyak goreng malah bikin penyakit. coba pakai happy soya oil ajah yaa

    BalasHapus
  15. Aasyik dapat resep sushi, mau cobain deh. Beli rice vinegar halal biasanya dimana mba?

    BalasHapus
  16. Asyik ya nih skrg ada minyak goreng yg bisa lebih sehat dr minyak kebanyakan 👍

    BalasHapus
  17. Saya team pemakan segala. Wakkaak.

    Baru tau Mbak sushi bisa digoreng. Sepertinya mantul rasanya. Jadi pengen makan. Hahaha

    BalasHapus
  18. duh aku salfok jd ingin makan sushi :) Dan aku baru tau sih sama minyak satu ini, mau coba cari ah di supermarket Palembang

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya. Saya akan senang membaca komentarmu. Mohon tidak meninggalkan link hidup ya. :)