Rempeyek Kacang Tanah Renyah a la Dydie Kitchen Hero


Sebagai anak bakul pecel, saya jadi terbiasa membuat rempeyek kacang
untuk menyetok warung pecel kami.



Selamat hari Senin, wahai hari ke-27 di bulan Januari. 

Setiap Senin tuh buat saya adalah hari paling riweuh sedunia. Entah kenapa. Mungkin karena di hari Seninlah saya harus memasak banyak makanan dan mengurus beberapa hal sekaligus. Menyiapkan sarapan, bekal, dan makan malam sekaligus. 

Ngomong-ngomong soal makanan, dan peyek, tentu saja. Dulu Mama saya punya warung pecel yang buka setiap hari Minggu pagi saja. Tapi ramainya tak terkira. Dari mulai pukul 07.00, orang-orang sudah mengantri dan hanya dalam beberapa jam dagangan kami sudah ludes terjual. Bahkan, beberapa pelanggan malah nggak kebagian. 

Nah, nasi pecel membutuhkan rempeyek yang renyah dan nikmat kan? Sayalah yang didapuk untuk membuat rempeyek yang jumlahnya sampai beberapa toples itu. Jadi, malam Minggu saya pasti saya lalui dengan membuat rempeyek kacang tanah atau teri. Hahaha. 

Sekarang pun, terkadang saya masih membuat rempeyek untuk stok di rumah. Anak dan suami saya juga penyuka rempeyek sih.  Dan biar kami bisa makan nasi pecel dengan lengkap. Nasi pecel tanpa peyek tuh kurang nikmat. Hihihi.

Dan ini adalah rempeyek kacang favorit saya. Beberapa orang menambahkan kencur atau cikur, silakan saja jika suka. Tapi saya kurang suka rasa kencur pada rempeyek, jadi saya skip. Atau, ada yang menambahkan air kapur sirih pada rempeyeknya untuk membuatnya lebih renyah. Nggak masalah, kok. Silakan saja asal nggak terllau banyak.

Ini dia resep rempeyek kesukaan kami. 


REMPEYEK KACANG TANAH RENYAH



Bahan:


250 gram tepung beras kualitas baik
(saya gunakan tepung beras yang baru digiling)
100 gram tepung sagu
1 butir telur
6 lembar daun jeruk, buang tulang dan iris halus
300 ml air
50 ml santan
150 gram kacang tanah kupas, potong jadi dua bagian
Garam dan kaldu bubuk secukupnya
Minyak untuk menggoreng


Bumbu Halus:

4 siung bawang putih
1/2 sdt ketumbar
2 butir kemiri



Cara Membuat:

1. Dalam mangkuk besar yang kering dan bersih, masukkan semua bahan.
2. Aduk rata. Saring jika perlu agar tidak bergerindil.
3. Panaskan banyak minyak dengan api kecil cenderung sedang.
4. Ambil sendok sayur, sendok adonan rempeyek, beri dengan kacang tanah cincang lalu siramkan ke permukaan wajan. 
5. Siram dengan minyak panas dengan hati-hati. Rempeyek akan terlepas 
dari permukaana wajan dengan sendirinya. 
6. Goreng hingga rempeyek matang.
7. Angkat dan tiriskan. 
8. Simpan dalam toples kering dan kedap udara. 


Selamat mencoba ya.

Sampai ketemu di resep berikutnya.


Salam,

Dyah Prameswarie

Komentar

  1. aku tiap liat makanan kreasi teteh langsung ngiler hahahaa kalau open PO rempeyek kacang aku mau donk di colek2 :)

    BalasHapus
  2. aku tuh pernah makan peyek tapi tanpa toppoing apa2, apa ya namanya cuma rasanya sama kaya peyek tapi enak, kriuk dan gurih gitu mba.

    BalasHapus
  3. Ngebayangin proses bikinnya pasti sulit sih buat yang ga bisa masak kaya saya hehe..pengennya tinggal nyam nyam aja hehe..

    BalasHapus
  4. Masukan ke permukaan wajan, itu maksudnya di wajan belum dikasih minyak?
    Lalu disiram minyak panas.
    Jadi perlu dua wajan untuk digunakan secara bergantian?

    BalasHapus
  5. Aahh peyeek.. aku juga suka bikin makannya sama nasi anget udah nikmat. Cuma sekarang lagi demen peyek rebon buatan mba jamu, hahhaaa ..dan kalo abis minum jamu langsung dikasih sekantong peyek pesanan.

    BalasHapus
  6. Favoritkuuu biasanya buat nyemil aja sih. Tau2 abis setoples 😂😂

    BalasHapus
  7. Wah langsung ss deh resepnya
    Beberapa kali saya bikin dari resep YouTube , dan penasaran resep lain

    BalasHapus
  8. Saya sukaa peyek, ternyata bikinnya lumayan juga ya. Tp penasaran pengen coba bikin soalnya belum pernah. Makasi teh resepnya :)

    BalasHapus
  9. Peyek kacang ini enak. Saya suka. Teteh ternyata jualan ya. Moga lancar usahanya Teh. Makasih resepnya

    BalasHapus
  10. rempeyek kacang emang mesti renyah, tipis, tapi gurih dan garing kriuk kriuk gitu ya.. jadi lebih enak dikunyah nya

    BalasHapus
  11. Kabitaa a suka banget Sama peyek enaak. Anakku yg kedua pun suka nyaaam

    BalasHapus
  12. duh ini mah favorit aku pisan teh, tapi seumur umur belum pernah nyobain bikin sendiri nih teh, jadi pengen cobain bikin sendiri deh kapan kapan, makasih resepnya ya teh hehehe

    BalasHapus
  13. Dulu eyangku sering masak ini, kadang aku request kosongan gak pake kacang hihi, makasih resepnya ya mbaak :)

    BalasHapus
  14. Pas sekolah pernah belajar bikin rempeyek , cara gorengnya tricky banget. Harus hati2 biar ga ketebelan di bawah.

    BalasHapus
  15. Mama mertua juga hobi bikin rempeyek sendiri, teh....
    Alasannya, karena Mama hobi nyemil.

    Tapi nelongso kalo Mama uda sambat bilang "Capeknya banget, Len...bikin rempeyek tuuh... Tapi yang makan enak banget. Langsung leepp~ Enteeekkk..."

    Duduudu....aku ga ikut-ikut...
    Hihhii~

    BalasHapus
  16. Mba izin yah recook resepnya buat paksu yg lg demen bgt buat rempeyek kacang tapiiii gagal melulu ada aja yang kurang, hihihi

    BalasHapus
  17. Bru tahu mama mbak Dydie dulu penjual pecel tiap hari Minggu. Tapi gara-gara itu jadi jago bikin peyek ya mb hehhe. aku juga penyuka peyek nih, tapi ga bisa masaknya haduww. makasih resepnya mb

    BalasHapus
  18. Mba, sy ulangi komennya ya, tadi gak pakai URL hadeww maafkan hahahaha.

    Aku juga pecinta peyek garis keras, tapi sayang ga bisa masaknya hahahah. Btw thanks resepnya mb, emang kudu dicoba nih barangkali aku juga bisa masaknya.

    BalasHapus
  19. pagi-pagi ya bangun tidur liat makanan itu auto lapernya makin meningkat dna ini bakal enka banget makan sama baso ya Tuhan ehheeh

    BalasHapus

  20. Aaaaaa rempeyek, enak bgt ini. Jdi rindu kampung halaman, biasanya mama suka masak dan sedian peyek ini ditoples, enak dimakan pake nasi atau cemilan buat nonton ya kA

    BalasHapus
  21. Teh Dy, makasih resepnya. Aku mau cobain bikin ahhh. Lumayan utk ngemil di rumah 😊

    BalasHapus
  22. Wah cemilan favorit aku nih. Hanupis resepnya. Ntar kalo mau bikin aku praktekin 😄😍

    BalasHapus
  23. Lihat dari foto2nya mupeng banget neeh apalagi malam2 lihatnya bikin lapar

    BalasHapus
  24. Nyam nyam rempeyek ini kesukaannku. Tapi aku males bikinnya (muahaha padahal inggredientsnya ga ribet). Gimana kalau aku cicipin aja rempeyek buatan Dydie aja? *ditimpuk serbet*

    BalasHapus
  25. Ya ampun kak, aku nelen ludah banget pengen ngemil rempeyek. Ibuku lumayan sering bikin, isinya macam-macam. Kesukaanku tetep yang original kacang tanah sih.

    BalasHapus
  26. Wah nuhun Teteh untuk resepnya... Saya waktu kecil juga pernah diajarin Mama bikin rempeyek. Harusnya saya simpan resep-resepnya seperti Teteh ya :D

    BalasHapus
  27. Saya kalau buat rempeyek hasilnya tebel-tebel Teh Dy, gak bisa tipis dan renyah seperti itu. Kayaknya harus berguru langsung ke Teteh nih hihihi

    BalasHapus
  28. Ini cemilan favorit saya dan suami nih. Makan juga makin semangat kalau ada peyek. Paling suka peyek kacang hijau, tapi peyek kacang tanah juga tetep abis sih :D

    BalasHapus
  29. Wah asyik jadi punya resep rempeyek yang renyah..kapan2 mau aku praktekkin ah..ini makanan kesukaan suami soalnya ..hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya. Saya akan senang membaca komentarmu. Mohon tidak meninggalkan link hidup ya. :)