Konferensi Ayah Bunda Platinum Demi Kecerdasan Multitalenta Ananda




"Berbincanglah dengan anak perempuanmu, bermainlah dengan anak lelakimu. Kamu perlu menjadi sahabat terbaik mereka." - Nouman Ali Khan (Ahli Tafsir dan Ulama Amerika)

Betul, tak ada hadiah paling indah yang bisa diberikan orangtua kepada anak-anaknya kecuali menjadi sahabat terbaik untuk mereka. Menjadi sahabat mereka berarti bermain, berbicara, bernyanyi, bermain peran, bermain sepeda, tertawa dan memeluk mereka. Sepanjang hari, sepanjang hidup mereka. 

Sebagai orangtua, saya merasakan sendiri bagaimana "naik turunnya" mendidik anak, mirip  naik roller coaster. Membutuhkan banyak waktu, cinta dan BANYAK SEKALI persediaan SABAR.  Selain itu, dukungan dari suami dan sesama orangtua menjadi penunjang yang tak kalah pentingnya. Saling menyemangati dan berbagi ilmu parenting di saat 'turun' bisa menjadi dukungan luar biasa.




Itu sebabnya, Sabtu pekan lalu (5 Agustus 2017) di Harris Convention Hotel, Bandung, saya dan 1000an orangtua lainnya bergabung dalam satu acara demi masa depan Ananda yaitu KONFERENSI AYAH BUNDA PLATINUM dengan tajuk "Siapkan Kecerdasan Multitalenta Si Kecil Sejak Dini".

Digagas oleh Morinaga dan dipandu oleh Teuku Zacky, acara ini menampilkan dua nara sumber andal favorit saya. Ada Dr. dr Ahmad Suryawan, SPA(k) yang biasa dipanggil dengan dr Awan dan Dr Rose Mini, M.Psi atau Bunda Romi. Juga ada nara sumber tamu yang juga kepala perkumpulan dokter tumbuh kembang se-Indonesia, Dr. dr. Eddy.

Bandung adalah kota kedelapan dari rangkaian acara ini yang sedianya akan berlangsung di 25 kota. Kota pertama yang dikunjungi Morinaga sebagai tempat Konferensi Ayah Bunda Platinum ini adalah Jakarta pada tanggal 6 Mei 2017 yang lalu.







Selain seminar asik di dalam ruangan, Morinaga juga menyiapkan beberapa booth untuk dicoba Ayah, Bunda dan Ananda. Jadi Ananda bisa puas bermain dan mendapatkan stimulasi dini di beberapa booth, sementara Ayah atau Bunda menyimak pemamaparan nara sumber.







Menyiapkan Generasi Platinum yang Multitalenta Sejak Awal

Siapa sih yang tidak ingin anaknya menjadi generasi platinum yang multitalenta? Rasanya setiap orangtua pasti mengidamkan hal tersebut. Memiliki kecerdasan multitalenta artinya seorang anak mendapatkan stimulasi yang cukup sehingga semua kecerdasan multitalentanya seimbang. Nah, di sinilah peran Dr. dr. Ahmad Suryawan, SPA(k) di seminar ini. Beliau mengungkap 4 Faktor Pembentuk Anak Generasi Multitalenta.




Menurut beliau, seharusnya stimulasi ini sudah diberikan sejak dini yaitu sejak merencanakan kehamilan. Kondisi ibu hamil yang bahagia, sehat dan tak mudah stress akan memengaruhi kondisi fisik dan mental bayi sejak dalam kandungan. Apalagi kalau sudah diberikan stimulasi dini kecerdasan multitalenta, insya Allah anak-anak kita akan menjadi genereasi platinum ya, Ayah dan Bunda :)

Bagaimana jika kita melewatkan proses ini? Sayang memang, tapi jangan khawatir, Ayah, Bunda. Stimulasi untuk memperkaya koneksi sirkuit otak anak masih bisa diberikan lewat permainan dan aktifitas seru lainnya yang bisa dilakukan bersama Ayah, Bunda dan anggota keluarga lainnya.



Apa saja sih 4 Faktor Pembentuk Anak Generasi Multitalenta? Ini dia,

  1. Perkembangan Otak
  2. Sistem Ketahanan Tubuh
  3. Tumbuh Kembang yang Optimal
  4. Kesehatan Saluran Cerna

Kempat hal tersebut dianologikan sebagai perisai atau tameng pelindung tumbuh kembang anak yang terdiri dari tiga sisi yang saling berkaitan dan berdiri di atas sebuah pondasi. Untuk lebih jelasnya, ada di foto-foto di bawah ini ya.









Lebih jauh, dokter Awan menjelaskan bahwa optimalisasi proses tumbuh kembang anak ditentukan oleh hasil interaksi aktif dan kontinyu antara faktor bawaan alami dan faktor lingkungan pengasuhan yang terjadi selama masa panjang. Masa panjang ini terjadi sejak anak di dalam kandungan hingga usia 18 tahun. Iya, 18 tahun! Belum terlambat kan mengawal kecerdasan multitalenta Ananda? ;)

Di sela-sela seminar, dokter Awan banyak menerima pertanyaan mengenai keempat pembentuk generasi platinum tersebut. Di antaranya adalah penggunaan gawai pada anak dan masalah pencernaan yang ternyata erat kaitannya dengan tumbuh kembang anak.

Di akhir tema ini, dokter Awan juga mengingatkan Ayah dan Bunda untuk bersabar dalam setiap proses tumbuh kembang. Bahwa setiap anak adalah unik dan memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda, Ayah dan Bunda harus menyadari ini.


Mari Bermain untuk Membentuk Kecerdasan Multitalenta di Era Milenal



Selepas istirahat makan siang dan salat, giliran Bunda Romi yang memompa semangat Ayah dan Bunda peserta KONFERENSI AYAH BUNDA PLATINUM dengan games seru. Kenapa dengan permainan? Bunda Romi ingin menunjukkan pada Ayah dan Bunda bahwa "hanya" dengan bermain bersama Ananda, kita bisa mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Sederhana ya?

Kali ini Bunda Romi juga mengungkap keceredasan multitalenta apa saja yang perlu distimulasi agar Ananda menjadi generasi platinum. Kecerdasan multitalenta ini adalah,



Kenapa sih harus multitalenta? Pada beberapa anak kan kecerdasan lain lebih menonjol dari pada kecerdasan yang lain?

Hmm, sebetulnya dua hal di atas juga menjadi pernyataan saya, hehehe. Pemaparan yang asik dan cenderung santai membuat saya bertahan di acara ini sampai akhirnya saya tahu. Jadi multitalenta di sini bukan berarti anak harus bisa semua hal, mulai dari jago matematika sampai bermain piano sekaligus jadi pesebak bola. Bukan!

Ketika kedelapan kecerdasan multitalenta itu distimulasikan sejak dini, maka anak akan mempunyai keseimbangan untuk menjalani hidupnya. Pentingnya kecerdasan interpersonal jika tidak diikuti dengan kecerdasan moral, akan membuat anak tidak tahu apa yang menjadi konsep hidupnya.
Menarik ya? ^^

Acara semakin seru ketika pihak panitia membagikan doorprize untuk Ayah dan Bunda yang terpilih. Dengan demikian, keseruan acara hari ini sudah berakhir. Tapi jangan khawatir, Ayah dan Bunda masih bisa terus mengawal tumbuh kembang Ananda melalui website Morinaga MI Plan. Di situs tersebut Ayah dan Bunda juga bisa mengidentifikasi kecerdasan Ananda untuk optimalisasi tumbuh kembang anak, pun dengan ide bermain dan rencana bermain.



Sementara untuk mengetahui, mencegah dan mengatasi risiko alergi pada anak, Ayah dan Bunda bisa mengunjungi Cek Alergi  Di situs ini, Ayah dan Bunda bisa mengenali alergi Ananda, meminta bantuan dokter rujukan, mengetahui info nutrisi hingga saling berbagi cerita.  


qq



Morinaga Untuk Generasi Platinum



Helly Oktaviana selaku Business Unit Head Nutrition for Kids, Kalbe Nutritionals menjelaskan bahwa acara KONFERENSI AYAH BUNDA PLATINUM ini adalah sebagai bagian dari tanggung jawab sosial Kalbe Nutritionals untuk memberikan pendampingan kepada Ayah dan Bunda di seluruh Indonesia demi kepentingan tumbuh kembang anak. 

Morinaga sendiri hadir di tengah-tengah keluarga Indonesia bukan untuk mencegah pemberian ASI karena sedari awal Morinaga telah menyadari bahwa ASI adalah sumber paling ideal nutrisi lengkap yang wajib dibeirkan pada bayi dan anak. Morinaga justru menjadi pendamping dalam pertumbuhan bayi dan anak di Indonesia lewat berbagai produknya, Morinaga Chil Kid dan Morinaga Chil School. Kedua produk ini hadir dengan nutrisi tepat MoriCare+ Prodiges untuk Generasi Platinum Multitalenta. 

Vitamin & Mineral, Whey Protein, kalsium, Vitamin D dan magnesium adalah faktor pokok dalam nutrisi untuk anak. Kelima unsur tersebut dapat Bunda temukan dalam produk Morinaga MoriCare+ Prodiges.

Untuk Ayah dan Bunda yang tinggal di luar kota Bandung, jangan berkecil hati. Morinaga dnegan KONEFRENSI AYAH BUNDA PLATINUM masih akan mengunjungi 17 kota lainnya. Silakan cek sosial media Morinaga di bawah ini untuk keterangan lebih lengkap dan jelas ya. 

Twitter: @MORINAGAID

Instagram: @morinagaplatinum



Sampai ketemu di artikel lain tentang parenting ya. Peluk hangat untuk anak-anak di rumah. Tetap semangat dan sabar dalam menjalani proses demi generasi patinum yang multitalenta ya ^^



10 komentar:

  1. Setuju dg pendapat dr Awan. Anak itu unik dan wajib sabar 😅 poin penting yang wajib bagi para ayah bunda

    BalasHapus
  2. dokter awan yaa, saya ngeuhnya itu dokter wawan dong, wkwkwkwk. Duh berasa oon banget deh.


    Suka bgt sama quotes awalnya teh. :*

    BalasHapus
  3. Seneng dapet banyak ilmu ya, Teh :)

    BalasHapus
  4. Acara keren gini pantang dilewatkan. Untuk upgrade ilmu parenting

    BalasHapus
  5. Jadi orang tua emang harus terus belajar ya Teh :)

    BalasHapus
  6. Mba Dy, rame bgt ya acaranya. Aku suka banget materi dari dokter Wawan. Kena banget.. Dan bermanfaat

    BalasHapus
  7. ternyata dalam susu ada kandungan2nya yg kalo dicermati manfaatnya banyak ya teh. -_-" aku mah main beli2 susu aja kalo buat Malika karena rasanya enak.. wekk payah nih

    BalasHapus
  8. Pantesan tumbuh kembang aku waktu kecil ga normal ya. Soalnya penyakit pencernaan sampai sekarang juga ga sembuh-sembuh hiks

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca blog saya. Saya akan senang membaca komentarmu. :)

Recent

recentposts

Random

randomposts