Sabtu, 28 Mei 2016

Tips Mengatur Menu Selama Ramadhan ala Ade Anita


Ramadhan sebentar lagi!

Persiapan apa saja yang dilakukan Dydie The Kitchen Hero untuk hidangan selama bulan puasa? Hmm, sejujurnya belum ada, hahaha. Kitchen Hero yang lain sudah bikin rencana menu lengkap dengan takjil, saya masih berkutat menyiapkan forzen food untuk suami dan anak-anak di rumah selama saya bertugas ke Indramayu. Sebagian Kitchen Hero bahkan sudah mengaduk selai nanas di panci-panci besi mereka, berkencan dengan aroma nastar yang sudah saya rindukan di dapur. Duh!



Untunglah obrolan dengan Mbak Ade Anita di WhatsApp sedikit membantu saya menyiapkan menu selama Rammadhan kali ini. Yeeeayy!

Saya mengenal Mbak Ade Anita lewat Facebook sebagai blogger keren. Iya, sejujurnya saya nggak tahu kalau Mbak Ade juga pernah menulis novel. Setelah perkenalan panjang itu, bahkan jarang ngobrol juga sih, akhirnya saya bertemu Mbak Ade di event peluncuran kemasan SKM. Kedua kalinya di event NutriTalk yang fotonya nangkring di atas itu. :D

Balik lagi ke tips mengatur menu selama Ramadhan yak :D Mbak Ade yang mengerjakan pekerjaan domestik tanpa ART ini memang suka masak. Beberapa kali saya melihat Mbak Ade mengunggah foto hasil masakannya. Jadi saya nggak sia-sia dong minta tips dari Beliau :))

"Intinya sih, aku nggak mau terlalu ngoyo di dapur lalu lupa taddarus."
Ade Anita
Jadii, Mbak Ade Anita punya trik khusus mensiasati bulan Ramadhan kali ini. Beliau belanja ke pasar hanya seminggu sekali di hari Minggu. Sebelum melipir ke pasar pun, Mbak Ade sudah merancnag menu harian dan daftar belanjaan.

Nah, urutan menu ini disesuaikan agar lebih hemat ongkos dan tenaga. Pisahkan sayuran yang cepat busuk dan lebih tahan lama. Di hari pertama, sebaiknya masak sayur yang punya sifat lebih cepat busuk tadi. Biar nggak kelamaan dia nunggu di kulkas, kan kasihan ya, kedinginan gitu. LOL. 

Mislanya nih, bayam yang lebih cepat lalu daripada kangkung ya didahulukan masak bayam dulu. Kangkung tunggu giliran di kulkas ya. Yang sabar ya, Kung. #eh

Sementara labu siam, oyong, wortel sebaiknya dipotong pada saat akan memasak, agar tetap segar. Jangan lupa, kentang nggak perlu ditaruh kulkas. Kentang tuh rapuh hatinya kalau masuk kulkas :P

Berikut adalah contoh menu yang Mbak Ade rancang khusu buat Kitchen Hero di luar sana. Siap-siap kibas jubah yak :D

Senin
Buka puasa: Tumis bayam, perkedel jagung 
Sahur: idem tapi ada tambahan ayam goreng

Selasa
Buka puasa: Tumis tauge, tempe goreng tepung
Sahur: Idem plus tahu bandung goreng

Rabu
Buka puasa: Tumis kangkung, ikan selar goreng
Sahur: Idem plus tempe goreng tepung & tahu bandung goreng

Kamis
Buka puasa: Tumis labu siam, ayam suwir bumbu cabe hijau *Yum!
Sahur: Idem plus tempe goreng dan timun segar

Jumat
Buka puasa: Sup sayuran dan perkedel kentang
Sahur: Idem plus sambal hijau ikan asin

Sabtu
Buka puasa: kari sayuran plus ayam goreng

Minggu
Tumis oyong plus ayam goreng



Boleh nyontek menunya nggak sih? Monggo. Mau nanya-nanya lebih detail tentang menu selama bulan Ramadhan? Silakan langsung kenalan sama Mbak Ade Anita di akun Facebook dan Blognya ya. ;)

Facebook: Ade Anita

Semoga Tips Mengatur Menu Selama Ramadhan ala Ade Anita ini bisa mencerahkan Kitchen Hero yang sedang bingung menyusun menu ya. ;)


Yuk, cari tahu lebih banyak tentang Bekal Praktis Mendaki Gunung Ala Evrina Budiastuti atau Menu MPASI ala Eni Martini.

Sampai jumpa di New Fellow berikutnya yaaa :D

7 komentar:

  1. Hwahhh menu buka dan sahurnyya lngkap bnget mbak. Simpel tapi brvariasi. Jadi smngat buat puasanyaa hheee

    BalasHapus
  2. Saking bingungnya nyiapin menu makanan pas bulan puasa, ada teman sampai bikin list 30 hari mulai dari makanan pembuka sampai penutup. Karena memang bingung sih ya Mak. Yang punya Mak Ade ini jauh lebih simpel :)

    BalasHapus
  3. Makasih dyah...hehehhe antara simple dan malas beda tipis ya...xixixix

    BalasHapus
  4. senin, selasa, rabu, kamis
    tumis terus, ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehehe iyaa..karena keluargaku menghindari menu yang to spicy, atau pake santan.

      Hapus

Terima kasih sudah membaca blog saya. Saya akan senang membaca komentarmu. :)