Kamis, 26 Mei 2016

Nasi Kebuli ala Indonesia di Kedai Grengseng





Kuliner khas Timur Tengah biasanya sarat rempah. Dari mulai kapulaga hingga cengkih. Terkadang, pedasnya menyengat, tidak sesuai dengan lidah orang Indonesia. 

Tapi kemarin, saya menikmati nasi kebuli yang cita rasanya sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Rempahnya tidak terlalu menonjok, bahkan samar.

Siang lalu, di tengah cuaca yang galau (antara mendung dan bikin gerah), saya dan beberapa teman perempuan memutuskan untuk makan siang di Kedai Grengseng. Iyaa, kami memang perempuan suka makan. Makan siang pun cari menu karbo, hahaha.

Pilihan jatuh pada Kedai Grengseng, simply karena kami belum pernah mencoba makanan di sana. Konon, Kedai Grengseng punya dua menu andalan berbahan dasar daging kambing, Nasi Kebuli dan Grengseng Kambing. Kami akhirnya memutuskan untuk menjaja Nasi Kebuli. Kebetulan sebagian teman belum pernah mencicipi nasi kebuli.

Dan benar saja, ketika piring-piring itu datang dan kami mencicipi, rempahnya memang samar. Bahkan minyak saminnya juga ditambahkan saat mencapur bumbu dasar (menurut Mbak Ria, sang pemilik yang kebetulan siang itu menyambut kami). Ini cocok banget buat lidah yang tidak terbiasa merasakan rempah yang kuat.




Disajikan bersama irisan timun dan saus tomat dnegan potongan bawang bombai segar, nasi kebuli ini bertabur kismis yang sayangnya kurnag crunchy. Tapi tetap enak, kok. Tentu saja, ada daging kambing di setiap suapan :)

Daaan, hati saya gembira ria tralalala *halah* karena di sana ada kudapan favorit saya. Kudapan khas kuliner Timur Tegah, yaitu Sambosa. Horeee. Saya sudah membayangkan sambosa yang berkulit kering (krispi), dengan cacahan bawang bombay dan daun bawang serta cincangan daging segar. 

Begitu datang, Sambosa seharga 20K itu datang disertai saus sambal dan saus tomat. Pas. Begitu digigit, kulitnya renyah dan bawang bombainya terasa sekali. Lagi-lagi, rempahnya samar dan ini menguntungkan sebagian teman yang baru mencoba hidangan Timur Tengah. Bagian dalamny aitu loh, juicy banget. Suka! 



Setelah makan yang berlemak, pengennya minum yang segar kan ya. Beruntung di dekat Kedai Grengseng, ada Baba's. Di Baba's kita bisa pesan aneka minuman segar. Ketika saya tanya apa menu andalan mereka, Marwan, si pemilik menyebutkan tiga minuman segar yang cocok untuk mendapingi makanan kami tadi.

Ada Timun Serut Lemon yang juara banget! Minuman ini terdiri dari serutan timun dan melon dikucuri air perasan lemon yang segar. Liquidnya terdiri dari susu dan sirup melon. Seger banget. Kalian harus coba.

Buat kamu yang suka buah leci, Baba's juga menyediakan jus leci yang hmm...seger juga! Lalu ada Lemon Sensation. Sesuai namanya, Lemon Sensation berbahan dasar air perasan lemon. Minuman ini cocok buat kamu yang suka asem. Lumayan lah buat mengusir lemak yang barusan masuk. Hihihi.

Cobain ya ;)






KUIS BERHADIAH VOUCHER DISKON

Iya, saya tahu kalian juga pengen buru-buru ke sana. Tapi sebelum ke sana, coba ikut kuis di bawah ini, deh. Saya punya enam Voucher Diskon makan di Kedai Grengseng untuk tiga orang pemenang. Baca dulu syaratnya ya:
  1. Kamu cukup jawab pertanyaan ini, "Kuliner Timur Tengah apa yang kamu pernah coba? Kasih alasan yang tepat kenapa saya harus memilih kamu jadi pemenang."
  2. Pastikan kamu follow akun Instagram saya di @dyahprameswarie
  3. Share artikel ini di media sosial kamu, boleh Facebook atau Twitter.
  4. Jawaban kamu bisa ditulis di kolom komentar di bawah post ini ya. Pakai format berikut: NAMA_NO.HAPE_JAWABAN
  5. Kuis berlangsung dari tanggal 27 Mei 2016 sampai tanggal 31 Mei 2016.
  6. Pemenang akan diumumkan di blog Dydie The Kitchen Hero pada tanggal 1 Juni 2016.
 Gampang banget kan. Jangan lupa ajak temen kamu ikutan ya, caranya dengan share postingan ini sesuai point 3 ;)

GOOD LUCK!

KEDAI GRENGSENG KAMBING (akun IG @kedaigrengsengkambing) dan BABA'S
New Tubis Eat'n'Chat
Jln. Tubagus Ismail No.45 A (Indomaret lantai 2)

24 komentar:

  1. Balasan
    1. Mampir ke Kedai Krengseng Kambing ya, Mas ;)

      Hapus
  2. Yophi_082280003303_kuliner timur tengah yang pernah saya makan belum ada ;P oleh karena itu saya ingin merasakan kenikmatan kuliner khas timur tengah untuk pertama kali di tempat yang recommended seperti kedai grengseng ini :D

    BalasHapus
  3. MARIA_08122330599_NASI KABSAH. Karena saya penggemar makanan Timur Tengah, sampai pernah punya warung kebab sekitar sepuluh tahun lalu :D Jadi saya ingin sekali menjajal hidangan-hidangan Timur Tengah di berbagai tempat.

    BalasHapus
  4. RaisaHakim_081321711803_Saya belum pernah kulineran dengan menu Timur Tengah teh, karena udah mundur duluan mindset nya makanan Mediterranean itu mahal karena bahan yg di import. Makanya pilih saya jadi pemenang ya teh biar bisa icip-icip kuliner ini. Hehe

    Wish me luck 😘

    BalasHapus
  5. Mau ikutan kuisnya kok, jauh banget :D

    Mbak, itu sambosa juga kesukaan saya, waktu baca deskripsi soal sambosa langsung ngiler :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tos.

      Cari kulineran Timur Tengah di Surabaya banyak yak. Enak-enak.

      Hapus
  6. Reza_08987869090_kuliner timur tengah yang pernah saya makan kebab dan geymeh, saya suka sekali karena saya lahir di timur tengah tapi mama nggak bisa masaknya. semoga tante mau kasih aku vouchernya biar saya bisa makan nasi kebuli.
    Tante saya nggak punya instagram. Nanti saya share di blog boleh?
    www.rezaulrich.blogspot.com
    www.tokobukuanakbekas.wordpress.com

    BalasHapus
  7. Oiya nanti saya minta kakak share di twitter. Kakak belum punya instagram tapi mau bikin. Terimakasih tante salam dari mama.

    BalasHapus
  8. Di Bandung ya Mbak?
    Kalau di Surabaya, nasi kebuli favorit saya di Depot Ampel Jl. Walikota Mustajab, kalau di Jakarta di Condet hehe
    Sukses GA-nya ya :)

    BalasHapus
  9. glek glek glek... kebayang lagi enaknya

    BalasHapus
  10. Aku penasaran sama timun serutnya. Seger banget, ya, Dy. Kalau mau cicipin grengsengnya barengan, ya :)

    BalasHapus
  11. Dan saya ngiler sambosanya

    BalasHapus
  12. minumannya enak.. ia kl mau kesana lagi barengan, semoga waktunya pas

    BalasHapus
  13. mantaaaaap banget..aku pernah kesana wah rekommended bnget deeeh masakan di kedai grengseng n tempatnya jg enakeun pokonyaa..hihihi

    BalasHapus
  14. mantaaap pokonya rekommended bgt deh makanan di kedai grengseng...aq pernah ksna smpe ketagian bgt deeeh,jauh2 dr bekasi ksna cuma maknan nasi goreng kebuli yg plus2,,hihihihi

    BalasHapus
  15. Minumannya jadi pengen, haha

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca blog saya. Saya akan senang membaca komentarmu. :)