Senin, 04 April 2016

Nutrisi Seimbang untuk Calon Bumil, Bumil dan Ibu Menyusui dari Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016

http://www.dyahprameswarie.com/2016/04/nutrisi-seimbang-untuk-calon-bumil.html


"Dydie, aku hamil lagi. Semoga kali ini perempuan yaaa."

Asiiik, mau dapat keponakan baru dari sahabat saya, Dian Andari Yuan, nih. Setelah dua anak laki-laki, Dian memang ingin anak perempuan. Tentunya dengan disertai harapan melahirkan normal.

Eh, tapi apa betul kehamilan itu hanya mengarah pada dua hal itu saja? Jenis kelamin dan pilihan proses melahirkan. Hmm, cari tahu yuk di PRENAGEN PREGNANCY EDUCATIONAL JOURNEY 2016.



Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016

Gelaran Pregnancy Educational Journey ini diadakan oleh Prenagen sebagai bagian dari proses edukasi kepada para calon orang tua tentang proses kehamilan. Prenagen, sebagai sahabat ibu sejak menyiapkan kehamilan hingga menyusui, ingin terus mendampingi calon orang tua untuk menyiapkan awal kehidupan si kecil.

Tahun ini, Prenagen Peduli kembali mengulang kesukesan acara yang sama di empat kota besar di Indonesia. Namun, kali ini dengan konsep yang berbeda dan jauh lebih menarik dan lengkap.

Dipilih sebagai kota pertama, acara ini diadakan di Trans Luxury Hotel Bandung pada hari Sabtu, 2 April 2016. Kota-kota lainnya yang akan disambangi oleh Prenagen adalah Surabaya dan Makasar.

Jadi, yang tempo hari ketinggalan acara ini karena tinggal jauh dari Bandung, silakan pantau terus akun media sosial Prenagen untuk mengetahui jadwal pastinya ya. 

Di Bandung sendiri, acara ini berkonsep exhibition class dan dialog interaktif. Ada kelas-kelas yang bisa kita ikuti selama acara berlangsung. Setiap kelas punya tema yang berbeda yang disesuaikan dengan proses kehamilan.

Ada Kelas Pra Kehamilan. Di kelas ini, para calon orang tua bisa belajar bagaimana menyiapkan kehamilan. Dikatakan dr. Boy, persiapan ini perlu dilakukan agar calon orang tua siap secara mental dan fisik juga untuk mendapatkan generasi yang sehat dan berkualitas. Bahkan, persiapan ini sebaiknya dilakukan sebelum menikah dengan memeriksakan kesehatan.



Jangan khawatir tentang kesehatan calon istri atau suami yang mengalami gangguan setelah proses medical check up. Jangan dibatalin nikahnya ya, hehehe. Justru dengan mengetahui kondisi kesehatan calon pasangan, kita bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai tindakan selanjutnya.

Di kelas Pra Kehamilan ini, calon ibu dan ayah juga bisa belajar tentang masa ovulasi, kualitas sprema dan persiapan apa saja yang bisa dilakukan sebelum menyiapkan kehamilan. Ternyata, proses persiapan ini akan berpengaruh selama masa kehamilan dan menyusui loh. Calon orang tua yang benar-benar siap akan berpengaruh pada kebahagiaan ibu hamil selama masa kehamilan. Begitu juga selama proses menyusui berlangsung. Karena sudah siap, orang tua (terutama ibu menyusui) akan menyusui dengan bahagia sehingga kualitas ASI terjaga dengan baik.

Kelas Kehamilan

"Ibu hamil harus bahagia. Lupakan dan tinggalkan semua hal yang membuat mood kita jelek. Sebaliknya, lakukan semua hal yang membuat kita bahagia selama itu tidak membahayakan keselamatan ibu dan bayi."

Pendapat ini disampaikan oleh  dr. Indri Budiarti, SpOG dari RSIA Hermina Pasteur yang menggawangi Kelas Kehamilan di acara Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016. Bersama Bidan Tina di kelas yang sama, dr. Indri banyak memberikan tips selama menjalani masa kehamilan. Misalnya, bagaimana Ibu mengatasi mual dan tidak doyan makan di tri semester pertama. dr. Indri menyarankan, Ibu boleh mengganti nasi dengan karbohidrat yang lain. Misalnya, roti, kentang, ubi dan singkong.




Sementara Bidan Tina, memberikan tip bagaimana mengatasi nyeri punggung yang selama ini banyak dirasakan ibu hamil. Ibu hamil bisa mencoba senam kehamilan atau belly dance. Bidan Tina sempat memeragakan gerakan-gerakan sederhana yang bisa dilakukan di mana saja untuk mengatasi hal ini.

Soal belly dance, rupanya ibu hamil disarankan untuk mengikuti belly dance khusus ibu hamil. Kenapa? Karena, gerakan belly dance akan membantu menguatkan otot-otot perut selama proses kelahiran, membuat ibu hamil rileks sehingga memperlancar proses persalinan.


Kelas Menyususi

Di kelas ini ibu menyusui serta para ayah bisa belajar bagaimana seorang mood ibu menyusui berpengaruh besar terhadap produksi air susu ibu. Kebahagiaan ibu selama hamil dan proses melahirkan rupanya juga berpengaruh terhadap masalah ini.



Dokter dan Bidan di kelas ini juga menunjukkan bagian mana saja yang bisa distimulasi selama proses menyusui. Bahkan proses ini bisa dilakukan ketika ibu hamil memasuki tri semester ketiga kehamilannya.


Kelas Nutrisi Sehat

Di Kelas Nutrisi Sehat, ada Chef Eddrian yang siap dengan 10 menu sehatnya. Menu sehat ini diperuntukkan bagi ibu yang mempersiapkan kehamilan, sedang hamil, sampai ibu menyusui loh. Kenapa kelas ini juga begitu penting untuk diikuti?



http://www.dyahprameswarie.com/2016/04/nutrisi-seimbang-untuk-calon-bumil.html

Begini. Menurut dr. Boy, 1000 hari pertama kehidupan (yang dimulai sejak terjadinya pembuahan) merupakan masa kritis. Banyak bayi terlahir cacat karena malnutrisi atau kurang gizi selama kehamilan. Ngeri kan? Nah, Prenagen menjawab kekhawatiran calon orang tua dengan kelas Nutrisi Sehat ini.

Ada smoothie yang dirancang khusus oleh Chef Eddrian untuk ibu hamil yang mengalami morning sickness. Smoothie ini meski terdiri dari buah dan sayur, tapi rasanya segar. Biasanya ibu hamil sukanya yang segar-segar kan ya? :D


Prenagen Store 


Kesulitan mendapatkan Prenagen? Jangan khawatir, di PPEJ 2016 ini, Prenagen menyediakan Store dengan banyak diskon dan hadiah. Yuk, diborong. Eh, tapi tunggu dulu. Kenali dulu yuk, produk Prenagen ada apa saja sih ;)


http://www.dyahprameswarie.com/2016/04/nutrisi-seimbang-untuk-calon-bumil.html

  • PRENAGEN Esensis. Ini adalah nutrisi untuk mempersipakan kehamilan. Dengan susu rendah lemak, mengandung asam folat yang dibutuhkan calon ibu, serta kandungan lain.
  • PRENAGEN Mommy Emesis. Sahabat saya, Dian, sekarang sednag mengalami morning sickness alias mual dan (terkadang) -maaf- muntah. Eh rupanya Prenagen punya produk ini. Mommy Emesis mengandung Vitamin B 6 dan Protein yang teruji klinis dapat mengurangi mual dan muntah di awal kehamilan.
  • PRENAGEN Mommy.  Wah kalau ini sih kandungannya nggak pelru diragukan lagi. Buanyak banget tapi tidak berlebih alias nutrisinya seimbang. Nutrisi seimbang inilah yang dibutuhkan ibu hamil. Ada asam folat, zat besi dan vitamin B12. Juga tersedia kemasan praktis siap minum loh. 
  • PRENAGEN Lactamom. Ibu menyusui juga pelru nutrisi agar kualitas ASI-nya terjaga. Prenagen lactomom hadir menjadi sahabat ibu menyususi ;)
  • PRENAGEN Juice. Loh, Prenagen sekarang ada jusnya? Iya dong. Dengan sari buah asli Pomegranate dan Anggur, Prenagen Juice dingin lebih enak dinikmati.

Dialog Interaktif

Ini adalah sesi yang ditunggu-tunggu. Apalagi karena tema dan pembicaranya yang menarik. Tema kali ini adalah Siapkan Awal Kehidupan Terbaik Si Kecil bersama dr. Boy Abidin, SpOG (K), Roslina Verauli (Psikolog Keluarga) dan Bubun Irene F. Mongkar (Praktisi Stimulasi Anak). Domoderatori oleh Mona Ratuliu, sebagai praktisi parenting, acara ini benar-benar mengaduk perasaan.





Sesi pertama tentu saja dr. Boy yang menguasai panggung. Acara yang dihadirkan dengan suasana santai ini benar-benar menyedot perhatian peserta. dr. Boy, menjelaskan tentang 1000 hari pertama kehidupan yang selanjutnya akan disingkat menjadi 1000 HKK.

Mneurut dr. Boy, 1000 HKK terdiri dari 270 hari (9 bulan) masa kehamilan dan 730 hari (2 tahun) kehidupan sejak bayi dilahirkan. Periode ini disbeut sebagai periode emas. Itu sebabnya nutris dan persiapan yang tepat akan mempengaruhi periode 1000 hari sejak terjadinya pembuahan di dalam kandungan.


Dari tadi ngobrolin nutrisi seimmbang. Sebetulnya apa saja sih yang dibutuhkan ibu hamil? Saya rangkum saja di bawah ya ;)

Enam Prinsip Utama dalam Pencegahan Malnutrisis Pada Ibu Hamil dan Menyusui
  • Suplementasi asam folat dan zat besi. Dua hal ini adalah nutrisi utama yang dibutuhkan ibu hamil. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan kecacatan terhadap susunan syaraf pusat.
  • Pemberian ASI. ASI manusia mengandung seluruh nutrisi yang dibutuhkan anak untuk berkembang secara optimal.
  • Makanan MPASI. Ada tahapan anak harus dikenalkan makanan lain pendamping ASI. Ibu bisa mengolahnya menjadi berbagai varian dan disesuaikan dengan usia anak.
  • Suplemen Vitamin A. Kkeurangan vitamin A dialami 1/3 anak usia 3 - 5 tahun. Itu sebabnya pemerintah membagikan Vitamin A gratis ya.
  • Pemberian Zinzc untuk diare. Pmeberian Zinc saat anak diare bisa membantu anak pulih lebih cepat.
  • Air, Sanitasi dan Kebersihan. Ini juga merupak tiga hal pokok.
Giliran Roslina Verauli yang akrab dipanggil Mbak Vera, nih. Semua peserta diajak untuk memahami pengaruh psikologis pada 1000 HKK dimulai. Ternyata ada berbagai pengaruh psikologis yang memerlukan reaksi baik dari sang ibu dan kerjasama yang baik dari sang ayah.


Peran suami pad masa-masa kehamilan, bisa meningkatkan mood  baik ibu hamil selama masa kehamilan. Ini akan membuat tingkat stress ibu rendah dna ibu hamil menjadi bahagia. Ibu yang tidak bahagia selama proses kehamilan berlangsung bisa menyebabkan kondisi psiokologis bayi (anak) terganggu loh. Salah satunya adalah anak yang sering tantrum. Kemungkinan besar, sang ibu tidak mendapat kondisi dan lingkungan yang menunjang kebahagiaannya selama proses kehamilan.

Suasana pecah dan heboh saat Bubun Irene F. Mongkar sebagai pakar stimulasi anak naik ke atas panggung. Bubun Irene mengajak semua peserta mengenal apa itu stimulasi dan betapa pentingnya mengenalkan stimulasi pada bayi sejak lahir.



Selain nutrisi, faktor yang tak kalah penting adalah melakukan stimulasi terhadap anak. Evaluasi kemampuan dasar si kecil merupakan hal penting untuk mengetahui apakah konidisi dan fungsi kerja sistem saraf si kecil sudah sempurna sesuai perkembangannya.

Bubun Irene mengatakan, "Apa saja yang membatasi anak bergerak, diharamkan!" 

Maksudnya, biarkan anak bebas bergerak sesuai perkembangannya. Box bayi, baby walker dan so on adalah baramg-barang yang mesti dihindari agar bayi merasa bebeas dan mendapatkan stimulasi. Pokoknya jangan abaikan hak bayi.

Rangsangan yang bisa diberikan ada dua, yaitu rangsangan sensori (penglihatan, pendengar dan perabaan) dan rangsangan motorik (kompetensi bahasa, kompetensi manual dan mobilitas).

Acara ini kemdian ditutup dengan makan siang bersama dan sesi terakhir di masing-masing kelas. Jadi, kalau nanti kota ibu terpilih diadakannya Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016, harus datang ya, Bu. Rugi deh kalau tidak datang. Saya saja yang bukan ibu hamil dan sedang tidak merencanakan kehamilan, pulang dengan segudang ilmu. Tiket online bisa dibeli di sini ya.

Sampai jumpa di Prenagen Pregnancy Educational Journey Selanjutnya :)

Info lain tentang Prenagen:

Web: www.prenagen.com

Fan Page: https://www.facebook.com/PrenagenWorldId

Twitter: @prenagenworld

Instagram: PrenagenWorld

Youtube: YouTube.com/PRENAGENWorld


#PPEJ2016BDG #PRENAGRAM #PRENAGENPeduli #IbuSehatIndonesiaSehat

13 komentar:

  1. woow..bener2 edukasi special buat calon orang tua yaa...
    seneeng bermanfaat banget acara prenagen pregnancy educational journey.

    Hayy atuh mau bareng hamilnya lagi eeahh

    BalasHapus
  2. bener banget, peranan suami dalam masa kehamilan membantu banget, tapi bukan hanya dalam masa kehamilan aja ya pas ngasuh anak juga :D hihih

    jadi pengen hamil lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun ingin hamil lagi. Tapi, eh, tapi....

      Hapus
  3. Halo mba Dyah,
    salam kenal :)
    Itu judulnya typo, hehehe.
    di postingannya jg ada yang typo. hahhaa. hayo buru2 banget nih ngetiknya. hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hola Bena, sudah saya koreksi ya.

      Btw, saya mau tanya, nih. Waktu saya wawancara, katanya acara ini akan diadakan di empat kota termasuk Surabaya, Jakarta dan Medan. Eeh, waktu masuk ke we Prenagen, kok cuma ada dua kota aja. Surabaya dan Makasar. Bisa kasih penjelasan? :)

      Hapus
  4. Ke sini pas banget ya aku bawa-bawa suami, biar kami belajar bareng. Uhm, soal nambah anak lagi, ntar dulu deh. Mau nafas. wekekek. Tapi hadir di PPEJ kemarin semakin menambah banyak ilmu kami, thanks Prenagen!

    BalasHapus
  5. wahh seruuu, makasih infonya pas banget aku lagi masa kehamilan, dan lagi penasaran sama susu prenagen ini ^_^

    www.leeviahan.com

    BalasHapus
  6. Hihi.... asyik ya acaranya.. :)

    BalasHapus
  7. kalau ngomongin yang beginian suka pengen istri saya cepat hamil

    BalasHapus
  8. Acaranya seru ya, berasa elus perut nih hahhaa.... walau belum program hamil sih xixiix... thnaks sharingnya mbk.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca blog saya. Saya akan senang membaca komentarmu. :)