Minggu, 13 Maret 2016

Tumis Daun Singkong Tabur Ebi

http://www.dyahprameswarie.com/2016/03/tumis-daun-singkong-tabur-ebi.html
Daun singkong muda.
Ebi.
Cabe rawit.
Cabe merah besar.
Bawang putih.
Bawang merah.
Merica.
Garam.
Sedikit Gula.

Itu saja bahannya. Yuk, pulang! :D
Noooo! Hahaha.

Jangan pulang dulu. Kan bahannya belum dimasak, belum matang dan belum ada nasi putih hangat. Yup, menu ini boros nasi putih banget. Lauknya sih sederhana saja, tempe atau tahu goreng. Dengan lalapan timun atau labi siam muda yang direbus.

Seharusnya sih dicampur dengan daun pepaya muda, jadi ada rasa sedikit pahit (saya suka tumis daun pepaya yang meninggalkan sedikit rasa pahit. untuk membuang pahit yang berlebih, cuci daun pepaya di air yang mengalir sambil diremas-remas) yang mengimbangi rasa gula dan garamnya. Berhubung saya malas ke pasar (kebiasaan jelek), akhirnya ya pasrah saya menumis daun singkong ini. Tapi tetap enak loh ;)
Tumis Daun Singkong Tabur Ebi

Bahan:
  • Seikat daun singkong muda. Cuci bersih, tiriskan.
  • 3 sdm ebi, sangrai
  • 3 siung bawang putih, iris halus
  • 5 buah bawang merah, iris halus
  • 2 buah cabai merah besar, iris halus
  • 6 buah cabai rawit, iris
  • 1/2 sdt baking soda (soda kue)*
  • Garam
  • Merica
  • Sejumput gula
  • Segenggam kenangan  Hohoho, jangan baper. Lol
  • Air untuk merebus
  • Minyak untuk menumis
*soda kue berfungsi untuk menjaga daun singkong tetap hijau


Cara Membuat: 
  1.  Panaskan air hingga mendidih. Beri soda kue, aduk. Masukkan daun singkong. Pastikan daun singlong terbenam/terendam air. Rebus hingga lunak (daun singkong muda tidak membutuhkan waktu yang lama). Tiriskan.
  2. Peras daun singkong yang sudah dingin sesuai selera. 
  3. Panaskan minyak di wajan tahan panas. Masukkan bawang merah, bawnag putih, aduk hingga harum.
  4. Masukkan irisan dua cabai, aduk lagi.
  5. Masukkan daun singkong dan sebagian ebi, aduk hingga rata. Bumbui dengan merica, garam dan sedikit gula. Aduk rata.
  6. Lakukan tes rasa, jika sudah pas matikan api. Pindahkan tumis daun singkong ke piring saji.
  7. Sajikan

10 komentar:

  1. Mbak tanya, itu kan soda kue bisa bikin daun singkong tetap hijau, apa berlaku juga buat kangkung? Soalnya ada rumah makan cah kanhkungnya itu layu banget tapi tetap hijau. Nah saya kalau buat kangkung belum layu tapi udah kuning :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget.

      Iya, kangkung kalau direbus memang cenderung hitam dan tampilannya kurang bagus ya. Aku kalau bikin kangkung rebus untuk rujak cingur juga pakai soda kue, kok :)

      Hapus
  2. Ilmu baru. Merebus dengan soda kue biar tampilan sayur tetep oke. Selama ini aku kalau rebus suka ditambahin garam katanya biar tetep ijo dan segar. Tapi tetep aja layu sebelum berkembang #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar nggak layu sebelum berkembang,banyakin pupuk #lho

      Hapus
  3. Pengen nyobaij bikin. Eh tapi aku alergi cabe, kalo diganti sama paprika piye? Hehehe kesannya belagu, ya? Kira-kira pengganti ebinya apa,ya? Karena aku juga alergi udang. Dih, kasian bener :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diganti pake segenggam cinta gimana? #plak

      Hapus
  4. Pakai soda kue selain biar empuk juga biar warnanya tetep cantik ya mbak

    BalasHapus
  5. simple kayaknya, pengen coba ah... makasih inspirasinya mbak.

    BalasHapus
  6. Ilmu baruuuu, soda kueee, ajaib ya mba, baru mau tanyak udah ada yang duluin. berarti bisa ya buat daun2an hijau lainnya? mantapsss abiss, suhuuuu. Angkat aku sebagai muridmu :)))))

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca blog saya. Saya akan senang membaca komentarmu. :)