Senin, 30 November 2015

Open Day Gym: Menyeimbangkan Gaya Hidup Sehat



Hola,
Apa kabar Seninmu kemarin? Semoga semuanya berjalan dengan baik dan penuh semangat ya. Konon, memulai awal pekan dengan semangat yang tinggi, bisa membantu kita sepanjang minggu. Artinya akhir pekan harus dimanfaatkan untuk mengisi ulang tenaga dan semangat. Caranya palagi kalau bukan menyemibangkan gaya hidup sehat. Tak hanya makanan saja yang perlu diperhatikan cara mengolah dan kandungan gizinya, tapi juga olah raga.

Kebetulan saya diundang oleh Maxindo Jaya dan Padma Hotel Bandung untuk menghabiskan Minggu sore di tepian kolam renang untuk belajar menyeimbangkan gaya hidup sehat. Berlatar pepohonan dan cuaca Bandung yang mendung, saya dan seorang sahabat menikmati betul senja kala itu.


Di healthy food cooking demo, Chef Eric Lowell dari Porto Resto mengajak pengunjung untuk mengenal beberapa super foods. Eh, apa, super foods? Maksudnya makanan untuk para super hero begitu?

Eeerr...karena profesi saya sebagai part time supe hero di Dydie The Kitchen Hero, maka jawaban saya IYA. Iya, super foods ini makanan para super hero seperti kita. Super hero yang peduli kesehatan lahir batin (baca: emak-emak) demi menjaga kewarasan. Lol.

Super foods adalah makanan yang mengandung banyak kebaikan dan dibutuhkan tubuh kita. Biasanya kandungan gizinya melebihi makanan lain. Misalnya, ikan black cod dari Jepang yang tinggi kandungan Omega 3, bahkan melebihi ikan salmon.

Japanese Black Cod

Sore itu, Chef Eric mengenalkan kami pada beberapa super foods seperti quinoa, flax seed, chia seed, ikan black cod, Yuzu, dan masih banyak lagi. Apa itu quinoa, flax seed dan chia seed akan saya tulis di postingan berbeda ya.

Red Quinoa dan White Quinoa

Menu pertama yang dimasak Chef Eric adalah Salad Du Requino. Salad ini merupakan campuran satu ton sayuran mentah ((satu ton)) dengan Yuzu dressing dan taburan forrest berries, chia seed, flax seed dan pumpkin seed. Untuk salad ini, Chef Eric juga menggunakan quinoa yang direbus hingga tender.
Granola

Raspberries

Blueberries

Peeled Oranges
Chia Seed

Di tengah acara memasak, chef dari Porto Resto ini membagikan tip mencuci sayuran mentah untuk salad. Setelah dicuci dengan air mengalir sampai bersih, ada baiknya sayuran dicuci per helai, satu per satu dnegan menggunakan campuran air dan cuka. Boleh apple cider vinegar atau cuka yang lain. Kali ini Chef Eric menggunakan Hydra Thera, yaitu air mineral dalam kemasan dengan pH 7.2 yang tidak diolah secara pabrikan tetapi tetap steril. Hydra Thera ini diproduksi oleh perusahaan yang sama dengan Equil.

Hydra Thera

Saya sih menyukai salad model begini daripada salad sayuran dengan dressing yang berat seperti mayonese. Yuzu dressing-nya sendiri memberi cita rasa segar, sementara biji labu (pumpkin seed) memberi tekstur renyah. Hanya saja ada beberapa dedaunan yang kurang suka belum terbiasa dikonsumsi.

Salad Du Requino

Yang menarik, Chef Eric memakai daun wijen untuk salad ini. Menurut beliau, daun ini memiliki rasa kacang-kacangan (wijen) yang kuat. Tapi setelah saya coba, kok rasa itu tidak saya temukan ya. Hahaha. Tapi rasanya memang unik.

Daun Wijen
Menu kedua adalah Japanes Black Cod de Lisbone yaitu olahan Japanes Black Cod yang disajikan dengan bayam yang di-blanched dengan saus krim yang gurih dan baby potato. Saya yang kurang suka dengan ikan ternyata menyukai Japanes Black Cod ini. Alasannya sederhana, TIDAK ADA BAU AMIS dan dagingnya tebal. Rasanya mirip dengan ikan bandeng hanya jauh lebih lembut dan tanpa duri. Apalagi dengan saus krim gurih dan bayamnya, hidangan ini makin lezat saja.

Japanese Black Cod du Lisbone

Menu ketiga ada desert yang menggunakan chia seed, yaitu Chia Seed Bavarois. Menggunakan krim, susu cair, kuning telur dan gelatine, Chef Eric mengubah bahan-bahan sehat ini menjadi puding yang lembut dengan tekstur sedikit kenyal. Saya menyukai rasanya yang tidak terlalu manis, tapi kurang suka dengan tekstur kenyalnya.

Semua super food ini bisa diperoleh di Maxindo Jaya atau bisa menghubungi saya via email. Umm, sepertinya saya lupa mengenalkan apa itu Maxindo Jaya ya? Maxindo Jaya adalah perusahaan yang beregerak dalam food, beverages and equipment distributor. Ini adalah kali kedua saya diundang oleh Maxindo Jaya.

Chia Seed Bavarois

Nah setelah sesi demo masak selesai, kali ini peserta diajak untuk menikmati yoga di tepian kolam renang. Bayangkan saja, yoga menjeang senja di ruangan terbuka dengan udara segar dan cuaca sejuk. Apalagi dengan view pepohonan karena lokasi hotel Padma Hotel yang terletak di ketinggian. Super! Sayangnya, saya tidak mengetahui ada kelas yoga dan tidak siap diajak untuk berkeringat :(

Padma Hotel mengadakan kelas Yoga dengan jadwal berikut:
  • Setiap hari Selasa pukul 15.00 wib
  • Setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 07.00 wib



Setelah peserta cukup berkeringat, kami menyantap Japanese Black Cod dan Chia Seed Bavarois. Lalu dilanjutkan dengan acara Zumba Class. Yup, selain kelas Yoga, Padma Hotel juga mempunyai kelas Zumba dan fasilitas fitness centre yang bisa dinikmati dengan menjadi anggota. Untuk pendaftaran dan info detail lainnya klik di sini.

Swimming Pool Padma Hotel (sumber: Padma Hotel)

Setelah berkeringat, kolam renang Padma Hotel juga terbuka untuk digunakan. Hotel ini mempunyai tiga kolam renang berbagai ukuran dengan pemandangan spektakuler. Bagaimana tidak spektakuler, kalau pemandangannya seperti foto di bawah ini. Rasanya sudah ingin nyebur saja ke sana.

View Swimming Pool Padma Hotel (sumber: Padma Hotel)



Menjelang malam, view dari ruangan yang digunakan untuk Open Day Gym ini semakin membuat saya berdecak kagum. Lampu temaram, udara dingin dan makanan enak. Apalagi yang kita minta?




Notes:
  • Semua foto di postingan ini adalah hasil karya saya, kecuali dua foto yang sudah saya tuliskan sumbernya (situs Padma Hotel)

10 komentar:

  1. Aaah saladnya tampak menggoda. Pengen cicipin! da itu chia seed bavaroisnya lucu, menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Chia seed bavaroisnya enak tapi agak kenyal gitu, aku kurang suka. Wkwkwk

      Hapus
  2. Ya alloh makaanannya enak banget keliatan ngilerr berat!

    BalasHapus
  3. Enak- enak ya makanannya.
    Semoga harganya juga pas di dompet
    Terima kadih reportasenya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuiih terima kasih sudah mampir, Pak Dhe 😊

      Hapus
  4. Kayaknya asik ikutan yoga disana yah, abis yoga makan yang banyak. Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus berenang. Abjs berenang mamam lagi, wkwkwk

      Hapus
  5. Woo.. Ini ya bentuk makanan super itu? Sederhana tampaknya tapi sepertinya manfaatnya besar sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, bentuknya sederhana, manfaatnya besar, harganya (lumayan) selangit. Hehehe

      Hapus

Terima kasih sudah membaca blog saya. Saya akan senang membaca komentarmu. :)