Senin, 30 November 2015

Bolognese Potatoes Croquette


Hola, hola...

Saya balik lagi, mumpung lagi rajin nge-blog-nya. Hehehe. Alasan lain adalah, biar resepnya nggak lupa nyimpennya di mana. Maklum, saya pelupa kelas berat :D
Dan alasan kenapa kroket kentang adalah acara TV itu lagi. Iya, Master Chef Australia! Entah siapa waktu itu yang bikin kroket kentang. lalu ada kroket salmon. Iya, salmoon. Kebayang enaknya ya meski saya nggak suka ikan. Hehehe.

Maka meluncurlah ke blognya Ricke Indriani dan menemukan resep kroket kentang dengan isi sayuran. Duluuu sekali pernah heboh kroket isi mozarela. Kali ini saya ingin yang berbeda. Nggak pengen bikin kroket dengan isian daging bercita rasa manis yang biasa kami nikmati, atau kroket isi sayuran apalagi isi keju saja. Sooo, yesterday. Saya ingin yang berbeda.

Maka terciptalah kroket kentang isi saus bolognese


Hahaha, lebay sekali saya! :P

Oh iya, harusnya sih pakai keju mozarela biar meleleh gitu ketika dipotong. Tapi apa daya, yang ada keju cheddar. Dan ada peristiwa yang bikin hati remuk. Jadi ceritanya, adonan kentang yang siap isi ini saya letakkan di kulkas karena Altaz rewel. Begitu balik lagi, ohlala....adonan kentangnya malah ketumpahan air dari freezer. Ya sudahlah, jadi makin lembek.

Saya sendiri belum menemukan adonan kentang yang pas, yang nggak terlalu lembek. Pakai resep ini adonannya lembek meski enak. Padahal sudah diikuti semua trik yang Ricke jelaskan. Kentang dikukus, lalu digoreng sampai buihnya hilang agar kandungan airnya hilang. Meski sudah saya goreng, ternyata buihnya nggak hilang juga. Hahaha.

Mungkin juga karena pemakaian kuning telur dalam adonan yang bikin makin lembek. Kalau pemilihan jenis kentang sih memang iya, tapi harusnya nggak terlalu lembek. Apapun alasannya, saya masih belum puas dan akan mencoba lagi.

Tapi serius lah, resep ini enak sekali. Patut dicoba. Siapa tahu kalian tidak mengalami kegagalan seperti saya :D

Resep asli ada di sini dan di bawah ini aku hanya bikin setengahnya saja.


BOLOGNESE POTATO CROQUETTE




Bahan Kulit:
  • 500 gram kentang (pilih yang tua)
  • 3 sdm susu bubuk
  • 1 kuning telur
  • 2 sdm tepung terigu (optional) 
  • Pala bubuk secukupnya
  • Garam dan merica secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan Isi:
  • Saus bolognese
  • 150 gram daging cincang
  • 1 butir bawang bombay, iris halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • Italian herbs
  • Garam, merica dan gula secukupnya  

Bahan Pelapis:
  • Satu butir telur dan sisa putih telur, kocok lepas
  • Tepung terigu
  • Tepung roti kasar 

Cara Membuat:
  1.  Kukus kentang dengan kulitnya hingga empuk. Angkat dan kupas kulitnya.
  2. Goreng kentang sebentar saja sampai buihnya hilang (jangan sampai berkulit). Angkat dan tiriskan.
  3. Haluskan kentang. Masukan kuning telur, garam, merica, susu bubuk dan tepung terigu. Aduk rata. Sisihkan.
  4. Buat adonan isi: tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Masukan daging cincang, aduk hingga daging berubah warna. 
  5. Masukan saus bolognese, bubuhi merica dan garam. Aduk rata. Lakukan tes rasa. Sisihkan.
  6. Ambil sedikit adonan, isi tengahnya dengan adonan isi dan keju. Bulatkan atau bentuk lonjong. Lakukan hingga adonan habis.
  7. Ambil kroket, gulingkan ke tepung terigu. Celup ke dalam kocokan telur, gulingkan ke dalam tepung roti. Sisihkan. Lakukan hingga adonan habis.
  8. Panaskan minyak banyak dengan api sedang (saya menggunakan panci atau deep frying pan). Goreng kroket tanpa dibalik hingga golden brown, angkat. Tiriskan. Sajikan dengan saus sambal botolan atau cabe rawit.

Tips Menggoreng: 
  • Jangan terlalu banyak memasukan kroket, karena akan pecah.
  • Jangan terlalu banyak membalik kroket.

4 komentar:

  1. teteeh, ini bikin ngiler banget sebagai pecinta pedas :D

    BalasHapus
  2. Save dulu ah, kebayang da rasanya pasti enak pisan Teh, tfs ya

    BalasHapus
  3. Setuju banget nih, biar gak lupa ditulis di blog. Selain prbadi sendiri yang bisa lihat, orang lain juga tetap bisa tahu :)

    Penasaran pengen bikin sendiri, sesekali nyobain dan gak harus beli terus..he

    BalasHapus
  4. mba Dy bikin vlognnya mba resep2nya sellu menggoda untung weh mampir pagi2 masih kenyang ku sahur wkwkwk

    BalasHapus

Terima kasih sudah membaca blog saya. Saya akan senang membaca komentarmu. :)