Menyiapkan Properti Foto

Sebagai salah satu food blogger wannabe, saban hari saya punya kebiasaan berdiam diri di depan netbook, ponsel atau iPad saya. Apalagi kalau bukan menganggumi dan merekam hasil karya food blogger yang sudah profesional. Gila deh! Keren banget mereka.

Jadi ya, setelah proses mengamati dan merekam tadi, saya punya kesimpulan. Selain sebagai food blogger, kita juga harus punya bekal ilmu sebagai food stylish juga. Eh ilmu fotografi juga ding. Aaah, repot amat ya. Hihihihi.


Ini beberapa tips untuk menyiapkan serangkain foto makanan:


    1. Kuasai Gadgetmu

    Penting nggak sih punya kamera canggih? Penting nggak penting. Hehehe. Maksudnya, kalau memang belum punya, kamu bisa mengambil foto dengan kamera apapun yang kamu punya. Kamera digital oke, kamera handphone lebih oke. Hahaha. Ini karena saya paling nyaman mengambil foto dengan kamera handphone ;) 

    2. Reflector 
    Cahaya memang selalu merepotkan. Eh itu pengalaman saya pribadi sih, hehehe. Salah satu pelajaran dasar yang say adapatkan dari sesi workshop food photography lalu adalah menggunakan reflektor untuk mensiasati black light atau bayangan. Bisa pilih reflektor berwarna hitam, putih atau perak. Letakkan reflektor di sisi yang gelap.   

    3. Angle
    Angle memang berpengaruh pada hasil foto. Banyak foto makanan yang mengambil angle dari atas. Tapi kita bisa melihat bagaimana bentuk dan penyajian makanan. Sesekali, ambil dari angle samping pun oke
    .
    4. Editing

    Ini yang paling mengasikan dari semuanya. Saya bisa menghabiskan waktu berlama-lama ketika sedang menyunting sbeuah foto. Sudah seperti fotografer betulan, hahaha. Sekarang ini banyak aplikasi yang bisa diunduh gratis untuk mengedit sebuah foto.

    5. Practice Makes Perfect
    Ah ini sih ungkapan kuno tapi benar adanya. Latihan terus, supaya hasil fotomu makin baik, pesan sang guru.



    Omong-omong, hal pertama yang kamu lakukan adalah punya properti foto. Ya iyalah gimana mau motret makanan kalau nggak punya properti. Meski itu hanya sekadar alas foto. Kalau kamu food blogger yang sering menyambangi kafe atau restoran, saranku pilih properti foto yang mudah dibawa. Sekarang sedang marak alas foto lipat. Alas foto yang bisa dibawa kemanapun kita pergi, karena ukurannya yang tidak terlalu besar (setelah dilipat) dan ringan.

    Hasil foto menggunakan alas foto lipat

    Nah karena aku sedang hunting alas foto, maka pilihanku jatuh ke Instagram. Tahu sendiri kan kalau di Instagram banyak online shop yang menjual alas foto. Wuiiih, jenis dan harganya ternyata banyak banget. Dari yang murah sampai yang mahal (dengan ukuran dan kualitas yang sama). Motifnya unik, dari yang sederhana, kayu sampai shabby (bunga-bunga). Malah bingung jadinya @_@

    Salah satu properti foto yang saya temukan di Shopious
    Sampai suatu hari saya menemukan Shopious, di mana hampir seua online shop di Instagram berada di sana. Senang banget! Kenapa? Karena semua online shop itu sudah terpercaya alias bukan akun yang abal-abal dan sengaja mau menipu kita.

    Yang paling menyenangkan tentu saja harganya yang bikin saldo rekening nyaman. Hihihi. Di Shopious saya menemukan seller yang menjual alas foto lipat beserta properti foto lainnya dengan harga murah.


    Inginnya sih semua alas foto dan properti foto yang cantik-cantik itu pindah ke rumahku. Tapi apa daya, masih ada keperluan lain. Hiks...

    Tapi setidaknya kalau mau hunting properti foto lagi, saya tinggal mengunjungi Shopious. Nggak perlu ribet cek di Instagram yang seller-nya tidak semuanya jujur. Hemat waktu, hewat uang. Tinggal duduk manis, tunggu barang datang. Yeeaaaayyy! :)

    Jadi, sekarang sudah tahu kan kemana membeli properti foto? ;)




    3 komentar:

    1. ooh ada jualan bingkai foto juga yah ?
      book mark aah...

      BalasHapus
    2. Aku belum puas hunting alas foto euy. Biar kekinian, hunting aaah

      BalasHapus

    Terima kasih sudah membaca blog saya. Saya akan senang membaca komentarmu. :)

    Recent

    recentposts

    Random

    randomposts