Pastel Isi Sayuran dan Soun

Oke, kali ini aku mau buat pengakuan. Begini, sejak kami pasang layanan TV kabel dan acara masak sangat mudah diakses, maka aku jadi kecanduan. Yeah, I know it's kinda lame kinda a thing hehehe. Salahkan saja kenapa mereka tidak pernah berhenti menayangkan acara masak itu (lah iya wong namanya saja Asian Food Channel, wkwkwk). Mulai dari acaranya Anna Olson, Good Chef Bad Chef, Master Chef Australia (this is awesome show you know), Kitchen Hero, DC Cupcakes, dan masih banyak lagi.

Nah, di suatu siang dengan rintik hujan, aku sedang menonton acara masak yang chefnya orang Malaysia. Aku lupa nama acara dan chefnya :( Tapi yang jelas, chef ini keliling London dan singgah di beberapa tempat lalu masak. Di kota kecil di pinggiran London, ada satu toko roti yang menjual pai daging. Maka mampirlah chef ini ke sana. Dia ingin membuat makanan untuk menandingi si pai daging tersebut.

Chef ini bikin karipap dong. Dengan isi daging dan sayuran. Bumbunya khas Malaysia (dia menambahkan bubuk kari) dan cabe, so it was really hot. Dia mulai menjajakan karipap bikinannya. Dia juga cerita, pada saat dia memulai karir masaknya (umur 7 tahun) dengan membantu Ibunya berjualan karipap, dia bisa membuat ratusan karipap dalam sehari. 

Sesudah karipapnya selesai, untuk menarik perhatian pelanggan dia berseru, "Karipap Mak aku!" Aduh, jadi terharu, hihihi. By the way, chef Malay ini akhirnya berhasil memenangkan taruhan karena orang-orang lebih memilih karipap dari pada pai daging. Yang nggak bisa aku lupakan tuh ekspresi orang-orang saat makan karipap. Di tengah hujan, dengan cuaca dingin dan makan karipap pedas. Duh, maaauuuu... Hehehe.

Jadi itulah kenapa kemarin bikin pastel. Hahaha. Pengantarnya panjang bener ya? Maaf :D
Tadinya ingin bikin pastel pusing, tapi nggak ada mentega putih dan waktuku terbatas. Akhirnya bikinlah pastel resep andalan, tapi aku ubah sedikit. Kalau biasanya aku pakai tepung terigu dan satu telur utuh ditambah satu kuning telur, maka kemarin aku kurangi terigunya dan kuganti dengan maizena. Tetap renyah sih, tapi kerenyahannya nggak tahan lama. Jadi aku tetap pilih resep lama dibanding ekperimen kemarin, hihi. Silakan dicoba, mana yang suka dan sesua selera :)

PASTEL ISI SAYURAN DAN SOUN*

Bahan Kulit:
  1. 200 gram tepung terigu serba guna
  2. 50 gram tepung maizena (boleh di skip)
  3. 45 gram margarin
  4. 1 sdt garam
  5. 1 butir telur (kalau pakai tepung terigu saja, aku suka menambahkan 1 kuning telur)
  6. 70 ml air

Bahan Isian:
  • 1 bungkus soun naga, seduh dengan air panas hingga lunak, tiriskan.
  • 1 buah wortel, potong dadu kecil, rebus sebentar
  • 1 buah kentang ukuran sedang, potong dadu kecil, rebus sebenta
  • 100 gram daging ayam giling
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
  • 1 helai daun bawang, cincang halus
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • 1/2 sdt kecap manis
  • 1/4 sdt gula

Pelengkap:
  • 2 buah telur rebus, kupas, iris tipis
*untuk 25 pastel

Cara Membuat:
  1. Dalam baskom, campur terigu, tepung maizena dan garam. Aduk rata.
  2. Buat lubang di tengah, masukan telur, aduk rata. Tuang air sedikit demi sedikit. Uleni hingga tercampur rata.
  3. Beri mentega, uleni hingga kalis. Tanda adonan siap dipakai adalah adonan akan terasa lembut di tangan dan sisa adonan yang menempel di baskom akan terbawa sehingga baskomnya bersih dengan sendiri. Bulatkan adonan, sisihkan 5 menit. Jangan lupa tutupi dengan plastik agar adonan tidak keras.
  4. Buat isian. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, masukan ayam rebus. Aduk hingga daging ayam matang dan berubah warna.
  5. Masukan kentang, wortel, soun, aduk rata.
  6. Bubuhi kecap manis, garam, merica dan gula. Aduk rata.
  7. Lakukan tes rasa, kalau sudah pas masukan daun bawang. Aduk rata. Angkat dan sisihkan.
  8. Ambil adonan kulit. Bagi menjadi empat bagian sama besar.
  9. Ambil satu bagian adonan, gilas dengan rolling pin. Proses ini hanya untuk memudahkan penggilingan adonan ya.
  10. Atur pasta maker (gilingan untuk mie atau pasta). Pasta makerku nggak ada angka untuk mengatur, hanya titik-titik, jadi aku nggak bisa pastikan harus digiling di tingkat berapa. Pastikan saja adonannya nanti tidak terlalu tebal dan tipis. Giling adonan dengan pasta maker.
  11. Cetak adonan dengan cookie cutter.
  12. Ambil satu adonan yang sudah dibentuk, tempelkan di cetakan pastel (aku pakai cetakan pastel agar cepat. tapi kalau mau mencubit pinggiran pastel dengan tangan, silakan). Ratakan pinggirnya dengan menekannya pelan.
  13. Beri adonan isian dan telur, tekan cetakan seperti gambar.
  14. Lakukan hingga semua adonan kulit terisi dengan adonan isi.
  15. Goreng dalam minyak banyak dan panas (api sedang) hingga cokelat keemasan, angkat dan tiriskan.
  16. Sajikan dengan sambal botolan atau cabe rawit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya. Saya akan senang membaca komentarmu. :)

Recent

recentposts

Random

randomposts