Homemade Pasta

I'm back!

Seminggu kemarin kena disambangi flu. Hidung meler, tenggorokan sakit. Dan nafsu makan nasiku menghilang. Pengennya makan yang simple tapi enak, hehehe. Lalu kesambet ide bikin ayam krispi dan pasta oglio olio gegara nonton Master Chef -percaya deh, kalau enggak mau kesambet ide yang aneh, dilarang keras nonton acara ini-.

Waktu itu pernah lihat Mbak Ella Sakata posting mi bikinan sendiri. Sepertinya enak, apalagi mi-nya Mbak Ella pakai jus bayam. Ingin nanya resep, tapi perut sudah lapar. Ya wis, berbekal resep lama akhirnya masuk dapur dan keluarin pasta maker (itu loh gulungan untuk menipiskan adonan dan mencetak jadi mi atau pasta. bukan pasta machine ya).

Aku ingat pernah nonton Nigella Bites di AFC dan baca resepnya akang Jamie. Resep pasta mudah banget, cuma terigu dan telur. Sedikit air kalau diperlukan. Berhubung aku ingin Fettucini yang hijau, maka aku bikin jus bayam. Setengah ikat bayam aku haluskan dengan 30 ml air. Hijaunya bagus...sampai dituang ke adonan. Masih aja kurang hijau, hiks T__T

Nigela dan Bang Jamie bilang setiap 100 gram terigu, kita perlu 1 butir telur. Oke, noted. Jadi siang itu aku hanya bikin 100 gram terigu protein sedang, Aku menumpahkan seluruh terigu di meja dapur yang juga berfungsi meja kerja atau meja adonanku :D Setelahnya aku buat lubang di tengah terigu, mirip sumur gitu. Sumur ini akan menampung telur dan adonan basah lainnya. Setelah sumurnya terbentuk, pecahkan saja telur ke tengahnya. Kalau sumurmu cukup dalam, mestinya si telur tidak akan merembes kemana-mana. :) Sekarang, tinggal uleni adonan dengan tangan.

Nah, pas bikin jus buah naga merah, kok langsung kepikiran untuk pakai jus ini, maka aku tambahkan 20 ml jus ke dalam adonanku. Kalau adonannya terlalu keras, tambahkan jus atau air sedikit demi sedikit sampai dapat adonan yang elastis. Sebaliknya, kalau adonnan terlalu lembek, tambahkan tepung seperlunya saja.Tapi jangan berlebihan ya, karena adonan akan keras. Tekstur adonannya sendiri memang cenderung lembek. Itu sebabnya kita perlu menaburi meja kerja dan alat penggiling dengan sedikit terigu


Setelah adonan kalis, bentuk adonan menjadi bulatan dan bagi dua. Ambil satu bagian adonan, gilas dengan rolling pin. Siapkan pasta maker, masukan adonan ke dalamnya. Giling adonan hingga tipis (ingat, kita bikin pasta bukan mie. jadi sebisa mungkin, adonannya harus tipis). Kalau setelah digiling adonannya jadi lembaran yang basah atau berlubang-lubang, lipat adonan tipismu, taburi sedikit tepung (meja kerja atau alasnya juga ya), lalu gilas lagi dengan rolling pin. Setelah itu kembali giling dengan pasta maker.

Oke, sekarang aku sudah dapat adonan tipis yang aku inginkan. Tinggal mencetak (dengan pasta maker). Karena pasta makerku sederhana (hanya terdiri dari dua bentuk, pipih dan lebih kecil), maka aku pakai yang pipih. Ada pasta maker yang lebih komplit, seperti merek Imperia Simplex. Ada yang untuk fettucini, spaghetti, lasagna dan pappardelle. Terserah deh mau pakai yang mana. Lebih mudah lagi kalau pakai pasta machine. Intinya, resep ini adalah adonan dasar membuat pasta. Mau dibentuk apa saja, silakan. :)

Setelah spaghettiku selesai, sekarang tinggal merebusnya dengan air panas dan sejumput garam sampai al dente. Perhatikan rebusan airnya. Kalau memakai pasta kemasan, hasil rebusan airnya akan keruh (tergantung dari merek dan kualitas pasta). Nah kalau pasta bikinan sendiri, air rebusannya cenderung jernih. I love it!

Oh iya, jus bayam itu bisa diganti dengan jus tomat, bit, wortel atau tinta cumi. Silakan mau berkreasi dengan warna alami apa saja. Hanya pakai telur tanpa jus sayuran juga oke kok. Resepnya mudah dan sederhana kan? Bahannya juga gampang di dapat. Kalau tidak punya pasta maker, pinjem sama tetangga atau saudara, wkwkwk. Atau kalau rajinnya di tingkat tinggi, boleh dipotong-potong pakai pisau tajam. Menurut Bang Jamie, waktu dia keliling Itali, hampir di setiap rumah ibu-ibu Itali sama sekali tidak memakai pasta maker atau pasta machine.Ya, itung-itung mengencangkan otot lengan kan? :D

Maka kurang dari sepuluh menit kemudian, aku sudah dapat seporsi fettucini oglio olio dan ayam kripsi. Yum!

HOMEMADE PASTA

Bahan:
  • 100 gram tepung terigu
  • 1 sdt garam
  • 1 butir telur 
  • 20 ml jus sayuran
* Kalau mau bikin pasta yang lebih banyak, tinggal gandakan resep di atas 

Cara Membuat:
  1. Dalam baskom atau di atas meja kerja, tuang terigu dan buat lubang di tengah.
  2. Pecahkan telur di dalam lubang yang sudah kita buat, aduk rata.
  3. Tuang jus sayuran sedikit demi sedikit sampai di dapat adonan yang elastis dan kalis.
  4. Uleni adonan hingga lembut dan kalis. Bagi adonan menjadi dua bagian.
  5. Ambil satu bagian adonan, gilas dengan rolling pin. Tipiskan dengan pasta maker.
  6. Setelah didapat adonan pipih dan tipis, bentuk adonan dengan pasta maker sesuai dengan bentuk yang dikehendaki.
  7. Ulangi langkah yang sama untuk satu bagian adonan yang lain.
  8. Rebus air dalam panci hingga mendidih, masukan pasta yang sudah dicetak, beri garam dan sedikit minyak sayur.
  9. Rebus sampai al dente. Tiriskan.
  10. Pasta siap digunakan :)

OGLIO OLIO 

Fettucini Oglio Olio dengan Fried Chicken


Bahan:
  • 1 siung bawang putih
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt oregano kering
  • 2 sdm air

Cara Membuat:
  1.  Siapkan pan anti lengket, panaskan minyak zaitun.
  2. Tumis bawang putih hingga harum, masukan pasta, aduk rata.
  3. Bumbui dengan garam dan merica. Aduk rata, lakukan tes rasa.
  4. Masukan air, masak hingga air habis.
  5. Taburi dengan oregano atau peterseli kering (atau yang segar), aduk rata.
  6. Pasta oglio olio siap disajikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya. Saya akan senang membaca komentarmu. :)

Recent

recentposts

Random

randomposts