Minggu, 18 Januari 2015

Chef : Food Critic and Bloger VS Professional Chef


Waktu tahu Fox Movie Premium akan menanyangkan film ini, aku dan Afif langsung mencatat jadwalnya. Sayang, kami justru tak bisa menyaksikan karena ada acara keluar. Lucunya, selama dua pekan berikutnya, Chef malah diputar berulang-ulang. :D

Kalau punya passion di dunia masak dan kuliner, pasti suka dengan film ini. Entah kenapa, ini kebetulan yang menyenangkan. Di saat aku kembali berniat nge-blog dan menyalakan passionku, film ini tayang. Karena film ini bercerita tentang seorang chef yang berseteru dengan kritikus makanan sekaligus blogger. Wow!

Ada yang ingat Happy, sopir pribadi Tony Stark a.k.a Iron Man? Jon Favreau adalah produser, sutradara, penulis sekaligus pemain utama dalam film ini. Mungkin itu sebabnya Jon juga merekrut Robert Downey Jr. dan beberapa bintang terkenal lainnya. Sebut saja Dustin Hoffman, Oliver Platt, Scarlet Johansson dan John Leguziamo, Sofia Vergara dan bintang cilik, Emjay Anthony.

Dalam Chef, Jon Favreau memerankan seorang chef kelahiran Miami, Carl Casper. Carl bekerja di restoran milik Riva (Dustin Hoffman), Gauloise di Brentwood, California. Sebagai seorang chef, wajar saja jika Carl ingin menciptakan dan mengkreasikan makanannya sendiri. Apalagi ketika tahu bahwa seorang kritikus makanan akan makan malam di Gauloise. Bersama dengan rekannya, Martin, Carl sudah menyiapkan segalanya. Ia ingin menampilkan menu baru pada Ramsey. Sayangnya, ide brilian Carl dipatahkan oleh Riva.


Yang terjadi kemudian adalah bencana. Ramsey si kritikus makanan hanya memberi Carl dua bintang dari lima bintang. Ramsey menyampaikan hal tersebut melalui kicauan di Twitter. Marah, Carl membalas kicauan tersebut. Alih-alih menyampaikan dalam pesan tertutup (direct message), Carl justru mengirimkan kicauan tersebut secara terbuka. Kicaun Carl itu tentu saja dibaca oleh ribuan pengikut Ramsey. Hal ini baru disadari oleh anak Carl, Percy. 

Esoknya, Carl kembali menantang Ramsey untuk re-match. Sayangnya, lagi-lagi Riva menolak ide Carl. Tapi kali ini Carl tidak menyerah pada aturan Riva. Ia malah memilih hengkang dari Gauloise. Di rumah, ia menyiapkan makanan kreasinya sendiri untuk membalas Ramsey. Tepat ketika itu, Ramsey sudah berada di Gauloise dan berkicau kepada pengikutnya bahwa Carl bahkan menghidangkan makanan yang sama. Marah dan terhina, Carl menyambangi Ramsey dan memakinya.

Esoknya, jumlah pengikut Carl di Twitter terus bertambah. Penyebabnya apalagi kalau bukan karena video Carl yang tengah menghina Ramsey hilir mudik di jagat maya. Sedih, merasa hancur dan jobless Carl terpaksa menerima tawaran sang mantan istri, Inez, untuk ikut ke Miami. Di Miami, Inez mengusulkan agar Carl menemui Marvin (Robert Downey Jr.) yang kebetulan adalah mantan suami pertama Inez. Meski enggan, Carl akhirnya menemui Marvin. Siapa sangka Marvin ternyata menawarkan bantuan dengan memberikan Carl truk makanan bobrok.

Bersama Percy, Carl kembali "menghidupkan" hidup dan impiannya. Ia mulai membersihkan truk tersebut, merancang menu sampai berbelanja alat-alat. Martin yang memang teman dekat Carl, jauh-jauh datang dari California untuk membantu Carl dan Percy.

Setelah semua persiapan selesai, ketiganya membuka food truck mereka dengan hidangan kentang goreng Yuca dan sandwich Kuba. Siapa sangka, usaha pertama Carl ini berhasil. Percy juga menemukan cara promosi baru lewat media sosial bagi usaha sang ayah. Yang menyenangkan bagi Percy, snag ayah memperbolehkannya bekerja di foof truck selama liburan musim panas.

Carl punya ide gila ketika membawa food truck mereka ke New Orleans dan Texas. Ia memakai bahan-bahan lokal di setiap daerah yang ia kunjungi. Food truck Carl jadi terkenal di seluruh antero Amrik. Ramsey datang kemudian dan menawarkan agar Carl mengelola restoran miliknya. Hmm, kira-kira Carl mau enggak ya menerima tawaran tersebut? Lalu apa yang terjadi antara Carl dan Inez? Apakah mereka kembali bersatu? Lihat saja sendiri yaaaa, hihihi. Kalau ketinggalan, beli aja DVD-nya. Setahuku kepingannya dijual bersama menunya.


10 komentar:

  1. Wah, seru juga filmnya Mak. Dah lama ga nonton film.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kudu nontoooon, hihihi. Makasih sudah mampir ya ^_^

      Hapus
  2. Ini sebenernya cuma berawal dari ke-gaptek-an Carl dalam ber-tuiter ya? Hihi. Tapi bener, sepanjang film mgences abis XDD

    BalasHapus
  3. ramsey kritikus makanan? ini yg bikin filmnya apanya gordon ramsey yah? hehehhe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang jelas Gordon ramsey itu chef favoritku :D

      Hapus
  4. wah jadi pengen nonton nih filmnya...sudah mulai membayangkan makanan-makanan yang lezat ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih diputer kalau siang di Fox, Mbak. :)

      Hapus
  5. Cerita filmnya bagus! bikin semangat yang mau bikin bisnis kuliner nii...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, abis nonton ini pengen punya food truck :)

      Hapus

Terima kasih sudah membaca blog saya. Saya akan senang membaca komentarmu. :)